Light Dark

Cijengkol, Ikon Desa Digital di Sukabumi dengan Nama Jalan dan Gang Unik

Sukabumi | 26 Jan 2022, 11:16 WIB
Pelang gang di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dideklarasikan sebagai desa digital di Kecamatan Caringin sejak 2019, Cijengkol telah bertranformasi menjadi ikon baru teknologi di Kabupaten Sukabumi. Bahkan, pemerintah setempat memberikan nama-nama unik pada setiap jalan dan gang di wilayah ini.

Reporter sukabumiupdate.com mengunjungi Desa Cijengkol pada Rabu, 26 Januari 2022. Di sana terpampang beberapa papan nama jalan dan gang bernuansa teknologi seperti Instagram, Facebook, YouTube, hingga sukabumiupdate. Ada 23 gang dan jalan yang diberi nama unik dan dipasang setahun lalu.


Advertisement
photoPelang gang di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :


Advertisement

Kepala Desa Cijengkol Haer Suhermansyah mengatakan ide penamaan jalan dan gang ini terinspirasi dari era teknologi kekinian dan digitalisasi. Termasuk Revolusi Industri 4.0. Haer menyebut ide tersebut diprakarsai Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu atau KIM CIBERS di Desa Cijengkol.

"Penamaan ini sangat bermanfaat. Contoh kecil dapat mempermudah kurir memgirim pesanan. Kemudian mengedukasi masyarakat agar bisa memahami dunia teknologi," kata dia. Ihwal adanya pelang gang sukabumiupdate, Haer menyebut ini bentuk dukungan terhadap media lokal Sukabumi.

"Sukabumiupdate adalah media online yang sudah sewajarnya kami orbitkan keharuman namanya. Tentu sesuai kiprah media ini yang melejit tinggi di dunia maya sebagi media informasi yang berimbang," ucap dia.

REPORTER: CRP 2

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur