Light Dark

Ingin Mengecilkan Perut? Coba 4 gerakan Yoga Ini!

Sehat | 26 Jan 2022, 09:35 WIB
Ilustrasi Melakukan Yoga | Unplash.com

SUKABUMIUPDATE.com - Perut buncit dapat mempengaruhi penampilan seseorang, cara menghilangkannya bisa dengan berbagai cara dan salah satunya adalah melakukan yoga.

Selain untuk mengecilkan perut manfaat lain dari Yoga juga untuk memperbaiki postur tubuh, mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dan memperbaiki mood seseorang

Yoga sendiri dilakukan dengan cara menggabungkan gerakan, teknik pernapasan dan meditasi. Ketiga hal itu diketahui bisa merangsang sistem saraf parasimpatik dalam mengatur fungsi tubuh saat sedang beristirahat dan dalam proses pencernaan.


Advertisement

Nah dibawah ini kami bagikan empat gerakan Yoga yang dapat membantu kamu mengecilkan perut, agar lemak di tubuhmu hilang.

Baca Juga :


Advertisement

1. Bhujangasana (Poster Kobra)

photoIlustrasi Bhujangasana - (iStock)

Posisi Yoga yang satu ini berfungsi untuk meregangkan otot pada bagian perut yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Gerakan Bhujangasana ini diawali dengan posisi tubuh tengkurap, selanjutnya letakan telapak tangan di lantai.

Secara perlahan, tekan telapak tangan dilantan lalu angkat kepala dan dada kamu ke atas. 

Selajutnya luluskan siku dan tahan, kemudian tarik dan hembuskan napas kamu sebanyak 3 - 4 kali.

2. Apanasana

photoIlustrasi Apanasana - (iStock)

Posisi Yoga yang satu ini merupakan gerakan dari Yoga untuk mengecilkan perut kamu. 

Apanasana dapat merangsang usus bedar sehingga mereka bekerja lebih baik. 

Untuk melakukannya, kamu perlu merebahkan tubuhmu diatas matras, kemudian tekuk lutut ke arah dada secara perlahan dengan posisi tangan memeluk kedua lutut.

Tahan posisi tersebut selama 4 -5 siklus pernapasan. Pastikan kamu menarik napas secara perlahan melalui hidung kemudian melalui mulut.

Teknik pernapasan tersebut mampu membuat tubuh kamu lebih rileks.

3. Parsva Sukhasana

photoIlustrasi Parsva Sukhasana - (iStock)

Gerakan Parsva Sukhasana ini dapat mengatasi perut kembung dan kelebihan gas dalam tubuh lho. 

Gerakan ini diawali dengan posisi duduk sila, kemudian letakan tangan kiri ke lantai lalu angkat tangan lainnya ke atas sambil memiringkan tubuh ke arah kiri.

Tarik napas secara perlahan dan tahan gerakan 4 - 4 tarikan napas, kemudian ulangi beberapa kali dan lakukan pada sisi tubuh lainnya.

4. Supta Matsyendrasana

photoIlustrasi Supta Matsyendrasana - (iStock)

Supta matsyendrasana merupakan gerakan Yoga yang dipercaya dapat mengatasi konstipasi dan perut kembung. 

Gerakan Yoga ini dapat kamu lakukan dengan cara membaringkan tubuh, lalu tekuk lutut bagian kanan mu. Setelah itu, bawa kaki kanan ke sisi kiri tubuh dan jaga posisi kaki kiri agar tetap lurus tegak.

Tekan lutut kaki kiri menggunakan tangan kiri, lalu letakkan tangan kanan di lantai kemudian luruskan tangan tersebut setinggi bahu. 

Sementara itu, pastikan posisi tubuh bagian atas mu menghadap ke arah kanan. Tahan posisi ini selama 4 - 5 tarikan napas dan ulangi pada sisi lainnya.

Berbagai gerakan Yoga untuk mengecilkan yang sudah disebutkan diatas dapat kamu lakukan dirumah setiap hari.

Namun, kamu juga disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat serta memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan konsumsi serat yang cukup.

Selain itu kamu juga dapat mengkonsumsi dada ayam tanpa kulit, telur, oatmeal, ikan dan kacang kedelai, makanan tersebut dapat membantu kamu menurunkan kadar lemak dalam perut.

Dan jangan sampai melupakan air, karena itu merupakan hal yang sangat penting untuk membantu mu mengecilkan perut, setidaknya konsumsilah 2 liter air perhari. 

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah