Light Dark

Ini 5 Proyek Prioritas Infrastruktur Kabupaten Sukabumi 2022, Ada Jalan Baru

Sukabumi | 25 Jan 2022, 21:15 WIB
Ilustrasi pembangunan insfrastruktur. Ada 5 Proyek Prioritas Kabupaten Sukabumi di Bidang Infrastruktur pada tahun 2022. | shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com -  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sukabumi mendorong 27 proyek prioritas Kabupaten Sukabumi pada tahun anggaran 2022 untuk dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD).

"Dilaksanakan oleh Perangkat Daerah yang membidangi sesuai tugas pokok dan fungsi. Contoh, infrastruktur jalan oleh Dinas PU," ujar Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit, Selasa (25/1/2022).


Advertisement

Baca Juga :

Berdasarkan infografis yang diperoleh sukabumiupdate.com, dari ke-27 proyek tersebut, 5 diantaranya adalah bidang infrastruktur. Sedangkan sisanya ada di bidang pemerintahan, perekonomian, sosial, dan pembangunan manusia.

Adapun ke-5 proyek prioritas Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 di bidang infrastruktur yakni:


Advertisement
  1. Perencanaan awal pembangunan ruas jalan lingkar Palabuhanratu-Cisolok,
  2. Peningkatan jalan penunjang perekonomian (akses sentra produksi wisata dan akses ekonomi lainnya),
  3. Pengembangan infrastruktur di kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B),
  4. Penyusunan dokumen amdal Jalan Kebonrandu-Pamuruyan, dan
  5. Zero Blank Spot Internet Area.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Evaluasi Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Agus Surya Manggala mengatakan, penentuan Proyek-proyek prioritas ini berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

"Ada yang baru dan lanjutan, ini dalam rangka pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati," tuturnya.

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam Rapat Dinas Senin (17/1/22) juga menegaskan bahwa penyusunan program di tiap perangkat daerah harus mengedepankan program prioritas.

"Perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja harus mengedepankan program prioritas yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026," ujar Bupati.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian