Light Dark

Sudah Tahu? Inilah 7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Sehat | 25 Jan 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi Lemon | Unplash.com

SUKABUMIUPDATE.com - Manfaat Lemon populer sebagai salah satu obat alami yang praktis dan dapat diolah dirumah. Buah berwarna kuning itu juga memiliki manfaat untuk mencegah batu ginjal.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari buah yang memiliki rasa asam tersebut.

Nah disini kami telah merangkum tujuh Manfaat Lemon yang baik untuk kesehatan kamu. Simak dibawah ini ya!


Advertisement

Baca Juga :

1. Dapat Meningkatkan Cairan dalam Tubuh


Advertisement
photoIlustrasi Meningkatkan Cairan dalam Tubuh - (Pexels.com)

Bagi kamu yang tidak menyukai air putih karena rasanya yang tawar, Lemon bisa menjadi alternatif tambahan agar kamu sering minum sehingga cairan dalam tubuh kamu meningkat.

Peningkatan cairan tersebut dapat mengoptimalkan suasana hati dan memori otak, serta dapat meningkatkatkan kinerja tubuh dalam beraktivitas, sehingga tidak mudah loyo.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

photoIlustrasi Membantu Menurunkan Berat Badan - (Pexels.com)

Mengutip dari Healthline.com, Lemon mengandung antioksidan polifenol yang dapat menurunkan berat badan.

Hal itu terjadi karena antioksidan dapat mengimbangi kadar gula darah dan meningkatkan resisten insulin, sehingga perut tidak mudah lapar dan kenyang dalam waktu lama.

Disarankan untuk mengkonsumsi air Lemon sebelum makan.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

photoIlustrasi Meningkatkan Kesehatan Kulit - (Pexels.com)

Vitamin C yang terkandung dalam Lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering seiring pertambahan usia akibat penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

4. Membantu Pencernaan

photoIlustrasi Membantu Pencernaan - (Pexels.com)

Konsumsi air Lemon dengan suhu hangat maupun dingin saat bangun tidur, keduanya sama baik dalam membantu melancarkan sistem pencernaan.

Melansir dari stormandindia.com, kandungan asam pada Lemon yang diminum sebelum makan dapat memberikan efek baik pada orang yang mengalami refluks (asal lambung).

Sehingga dengan mengkonsumsi air Lemon hangat atau dingin dapat melancarkan pencernaan yang terganggu karena asam lambung.

5. Menyegarkan Nafas

photoIlustrasi Menyegarkan Nafas - (Pexels.com)

Dehidrasi menyebabkan mulut kekurangan air liur, kekurangan ini yang menimbulkan bakteri pemicu bau mulut semakin bertambah.

Sebuah studi menyebutkan, air Lemon ini mampu menstimulasi kecukupan air liur pada mulut. Sehingga dengan meminum segelas air Lemon setelah makan dapat membantu mengurangi bau mulut.

6. Membantu Mencegah Batu Ginjal

photoIlustrasi Lemon Dapat Mencegah Batu Ginjal - (Pexels.com)

Kandungan lain yang dimiliki Lemon adalah asam sitrat. Zat ini berguna untuk membantu mencegah terjadinya batu ginjal.

Asam sitrat bekerja dengan cara membuat urin kurang asam yang bahkan bisa membantu memecah batu-batu kecil yang sudah terbentuk.

Meminum air Lemon ini tidak sekedar untuk mendapatkan manfaat sitrat bagi kesehatan, tapi juga untuk memenuhi kadar air yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

7. Sumber Vitamin C yang Bagus

photoIlustrasi Lemon Sebagai Sumber Vitamin C yang Bagus - (Pexels.com)

Seperti yang kita tahu bahwa Lemon kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Melansir sebuah studi Agrikultur Amerika Serikat, perasan satu buah Lemon yang ditambahkan air sebagai jus, hanya mengandung sekitar 18,6 milligram vitamin C, dari batas konsumsi setiap harinya, untuk orang dewasa sekitar 65 sampai 90 miligram.

Meskipun satu gelas air Lemon belum bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh, tapi ini bisa menjadi pilihan mudah setiap harinya dibandingkan harus mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Dari sejumlah Manfaat Lemon di atas ada juga efek sampingnya jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.

Contohnya asam sitrat yang ada dalam lemon, dapat menyebabkan enamel gigi atau lapisan pelindung gigi mengalami pengikisan. 

Untuk menghindari hal itu, minumlah air Lemon melalui sedotan dan minum segera air mineral setelahnya. Jadi, bagi orang yang suka minum air Lemon di pagi hari, sebaiknya sikat gigi dulu sebelum sarapan. 

Karena kondisi enamel gigi yang asam setelah minum air Lemon akan rentan terkikis bila mendapat gesekan keras dari aktivitas menyikat gigi.

Jadi konsumsilah Lemon sebagaimana mestinya ya. Hal itu untuk menghindari segala efek samping dari mengkonsumsi buah berwarna kuning tersebut.

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah