Light Dark

Hari Gizi Nasional 2022: Yuk Kenali Gejala Tubuh Perlu Nutrisi Tepat

Sehat | 25 Jan 2022, 10:45 WIB
Hari Gizi Nasional 2022: Yuk Kenali Gejala Tubuh Perlu Nutrisi Tepat | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, 25 Januari merupakan Hari Gizi Nasional 2022 dengan tema ‘Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas’.

Dalam rangka memperingati Hari Gizi, yuk kenali gejala apa saja yang akan terjadi dalam tubuh jika kita kekurangan Nutrisi dan makanan apa yang tepat.


Advertisement

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh manusia untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Jika kita tidak mengkonsumsi makanan, tubuh akan bereaksi merasakan lapar bahkan lemas.

Makanan juga merupakan sumber Nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia, setiap makanan yang masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan.

Berikut ini adalah gejala tubuh yang memerlukan Nutrisi tepat untuk kesehatan. 

1. Obesitas atau Berat Badan Berlebihan

photoIlustrasi Obesitas - (Unsplash)


Advertisement

Jika kamu memiliki Obesitas atau berat badan berlebih maka, konsumsilah makanan yang memiliki sumber protein rendah lemak seperti ikan, putih telur, tempe, tahu dan kurangi asupan makanan yang mengandung gula dan lemak.

2. Badan Kurus 

Badan kurus tanda bahwa tubuh kurang terpenuhi gizi. Untuk memenuhinya, makanlah makanan yang mengandung lemak dan gula.

Banyaklah makan nasi, daging, kentang, susu dan kacang-kacangan.

3. Rambut Rontok dan Ketombe

photoIlustasi Rambuut Rontok - (Unsplash)

Rambut sama seperti bagian tubuh kita yang lainnya, mereka juga membutuhkan Nutrisi untuk tumbuh.

Jika kamu menemukan rambut rontok dan banyak ketombe, bukan berarti shampo yang kamu gunakan tidak cocok, melainkan juga Nutrisi dari dalam yang kurang. 

Baca Juga :

Jika rambut muali rontok cobalah banyak mengkonsumsi Bayam dan wortel sebagai sumber beta-karoten yang baik untuk kesehatan rambut. 

Jika banyak ketombe cobalah perbanyak makan buah-buahan dan sayur serta kurangi asupan gula.

4. Batuk 

Ketika batuk menyerang, jangan mengambil langkah meminum obat batuk kimia, namun cobalah mengkonsumsi obat batuk alami seperti madu, air jahe, teh hangat dan hindari makanan yang digoreng.

5. Demam 

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi ketika tubuh kita sedang demam adalah buah-buahan, makanan sumber protein seperti ayam, ikan, tahu, tempe, telur dan jangan lupa banyak minum air.

6. Mata Panda 

photoIlustrasi Mata Panda - (Unsplash)

Biasanya ketika anda memiliki mata panda, anda menggunakan masker timun langsung ke area mata.

Namun, Mentimun juga bisa langsung dikonsumsi untuk menghilangkan mata panda. Selain mentimun, semangka juga efektif dikarenakan tinggi kandungan air dan beta-karoten.

7. Sariawan 

Ketika anda memiliki sariawan di sekitar mulut, cobalah untuk mengkonsumsi madu dan buah-buahan yang mengandung Vitamin C seperti jeruk, lemon, jambu, dan strawberry yang efektif untuk membantu menghilangkan sariawan.

Image

Admin SUpdate

Image

Noity