Light Dark

Pria Diduga ODGJ Ini Salat Ditengah Jalan di Sukabumi, Arah Kiblat Jadi Sorotan

Sukabumi | 24 Jan 2022, 20:08 WIB
seorang pria yang diduga merupakan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tampak sedang melakukan gerakan salat di tengah Jalan Raya Ahmad Yani Kota Sukabumi. | Tangkapan layar Video/Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang diduga merupakan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tampak sedang melakukan gerakan salat di tengah Jalan Raya Ahmad Yani, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi pada Senin (24/1/2022) siang.

Berdasarkan video berdurasi 25 detik yang diterima sukabumiupdate.com, pria yang diduga ODGJ ini nampak begitu khusyuk memperagakan gerakan salat dari takbiratul ihram hingga rukuk tepat ditengah jalan raya seberang alun-alun Kota dan pendopo Kabupaten Sukabumi.


Advertisement

Sementara itu kondisi jalanan dalam video tersebut nampak ramai. Beberapa kendaraan melambatkan laju kendaraan agar tidak menabrak pria tersebut.

Baca Juga :

Salah satu Satpam Pendopo Kabupaten Sukabumi Wahyudin mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.59 WIB. Wahyudin sendiri yang merekam langsung momen pria yang diduga ODGJ tersebut, melaksanakan salat sebanyak dua rakaat di tengah jalan raya.


Advertisement

Menariknya, kata Wahyudin, pria diduga ODGJ ini melakukan gerakan salat tahap demi tahap dengan benar. Tak hanya gerakan, ia juga menghadap ke arah kiblat dengan benar.  

Yang membuat tergelitik sekaligus bisa membuat panik, lanjut Wahyudin, setelahnya pria yang mengenakan baju hijau dan celana hitam tersebut malah melakukan push up di tengah jalan raya yang sedang ramai-ramainya kendaraan berlalu-lalang.

"ODGJ tersebut melakukan gerakan shalat dua rakaat dan arah kiblatnya benar. Setelah melakukan salam dia tidak langsung ke pinggir malah tiduran dan seperti melakukan olahraga (push up) dan infonya juga katanya tadi subuh juga melakukan gerakan salat di tempat yang sama," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Alhasil, akibat aksi yang dilakukan pria tersebut, arus lalu lintas dari arah Kota Sukabumi menuju Cisaat sempat tersendat padat.

"Ada sekitar 30 menit ODGJ berada di tengah jalan, tidak lama ada sopir angkot yang menyuruh ODGJ itu untuk pergi atau tidak menghalangi kendaraan yang melintas. Akhirnya ODGJ itu pergi ke arah alun-alun Kota Sukabumi," ungkap Wahyudin.

Kini pria yang diduga ODGJ tersebut sudah diamankan oleh pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi. 

"Infonya tadi sudah dibawa oleh Dinsos pakai mobil ambulan. Diamankannya di alun-alun. Saya baru lihat juga ODGJ itu, sepertinya masih baru karena pakaiannya juga masih bersih," pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan, sukabumiupdate.com masih berupaya menghubungi pihak Dinsos Kota Sukabumi.

Koleksi Video Lainnya:

NGOPI di SU bareng Hasim Adnan, dari Kobong, Kampus, ke Gedung Sate

Image

Riza

Reporter

Image

Denis Febrian