Light Dark

KLB Keracunan Massal di Caringin Sukabumi, Lima Santri Masih Dirawat

Sukabumi | 24 Jan 2022, 16:35 WIB
Para santri di Khalifah Boarding School di Kampung Selakopi, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi yang menjadi korban keracunan massal mendapat perawatan. | Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait peristiwa Keracunan massal yang terjadi di Khalifah Boarding School di Kampung Selakopi, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. 

“Iya masuk Kejadian Luar Biasa,” ujar Plt Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara, Senin (24/1/2022). 


Advertisement

Baca Juga :

Sebelumnya, puluhan orang santri dan santriwati serta pengurus ponpes mendadak mengalami mual hingga mereka muntah dan mencret pada Sabtu, 22 Januari 2022, malam. Sebelum kejadian tersebut, mereka menyantap makan malam.

Para santri serta pengurus ponpes pun harus mendapatkan penanganan medis. 


Advertisement

Untuk mengungkap penyebab Keracunan dilakukan pemeriksaan sampel makanan dan minuman di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat.

Rika menuturkan, hasil pemeriksaan sampel makanan belum keluar. "Untuk hasilnya diprediksi akan keluar dalam waktu sepekan ke depan, jadi belum ada hasilnya, “ jelasnya.

Dia menegaskan tidak ada tambahan korban Keracunan massal. “Hari ini untuk Jumlah korban tidak bertambah lagi,” imbuh Rika.

Sementara itu,  P2BK Caringin Ahmad menyatakan 63 orang santri dan ustadz serta ustadzah yang menjadi korban Keracunan massal. Data tersebut merupakan data terupdate korban keracunan. 

Adapun rinciannya, santri laki-laki korban berjumlah 42 orang, santri perempuan sebanyak 18 orang, ustadz satu orang dan ustadzah dua orang. 

Menurut dia,  sebagian besar korban Keracunan itu sudah pulih. Hanya lima orang santri laki-laki yang masih dirawat.

“Dari ke 63 orang yang mendapat perawatan 58 orang sudah dinyatakan pulih dan kembali ke asrama masing-masing, masih terdapat lima orang mendapat perawatan pemberian Infus,” jelasnya.

Koleksi Video Lainnya:

NGOPI di SU bareng Hasim Adnan, dari Kobong, Kampus, ke Gedung Sate

Image

Riza

Image

Andri Somantri

Redaktur