4 Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda, Kamu Sudah Tahu?

Minggu 23 Januari 2022, 09:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kita sering mendengar istilah habbatussauda dalam iklan-iklan produk kecantikan di berbagai media sebagai komposisi atau bahan utama merk mereka. Namun, tahukah kamu? bahwa habbatussauda ini merupakan nama lain dari biji jintan hitam lho. 

Jintan hitam ini memiliki nama latin Nigella Sativa, dan dalam bahasa inggris dikenal dengan black seed atau black cumin.

Bagi yang masih asing, tanaman herbal berjenis rempah ini memiliki bentuk butiran butiran biji kecil berwarna hitam.

Tanaman herbal satu ini, merupakan tanaman obat potensial yang sudah banyak digunakan di berbagai negara, seperti India, negara-negara Arab dan Eropa, untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 

Zaman dahulu, kegunaan jintan hitam dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala, pencernaan, radang dan asma.

Namun seiring berjalannya waktu, tanaman herbal ini dimanfaatkan untuk obat kecantikan, penyakit-penyakit berat seperti diabetes dan hipertensi, serta obat untuk menurunkan berat badan.

Mengetahui bahwa tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat, mari kita simak dulu apa saja kandungan dari Habbatussauda atau biji jintan hitam ini. 

Baca Juga :

Kandungan Jintan Hitam

photoIlustrasi Habbatussauda atau Jintan Hitam yang Memiliki Banyak Kandungan Positif - (Freepik)</span

Mengutip dari hallodoc, didalam jintan hitam atau habbatussauda terkandung berbagai zat, seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat.

Tidak hanya itu, habbatussauda juga mengandung banyak nutrisi seperti zinc, kalsium, fosfor, asam folat hingga senyawa aktif seperti thymoquinone, flavonoid dan carvacrol yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan.

Kandungan zat, nutrisi dan senyawa aktif inilah yang nantinya bermanfaat pada saat biji Jintan hitam dikonsumsi atau diolah menjadi sebuah produk. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat manfaat jintan hitam untuk kesehatan dan kecantikan.

4 Manfaat Jitan Hitam untuk Kesehatan

photoIlustrasi Tubuh Sehat - (Freepik)</span

1. Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Melalui sebuah penelitian dan studi berskala kecil, habbatussauda terbukti mampu menurunkan tekanan darah apabila dikonsumsi secara rutin dua kali sehari selama delapan minggu.

Meski begitu efektivitasnya masih belum dikatakan cukup atau teruji oleh klinis. 

2. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

Dalam habbatussauda terdapat kandungan etanol yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kerja imun dan sel-sel, guna mempertahankan serta mengoptimalkan fungsi sistem pertahanan dan kekebalan tubuh.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Kolesterol memang perlu diwaspadai, sebab apabila jumlahnya berlebih di dalam tubuh, akan memicu berbagai macam penyakit lainnya seperti stroke, dan penyakit jantung.

Kandungan asam yang terkandung dalam habbatussauda mampu menjaga serta mengontrol kadar kolesterol di tubuh manusia agar tetap normal dan sehat. Asam lemak yang terkandung ialah asam linoleat dan asam oleat. 

4. Mengatasi Gangguan Metabolisme dan Bantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan yang terdapat dalam habbatussauda juga dapat mengontrol kadar glukosa dalam tubuh.

Kontrol kadar glukosa yang tepat mampu mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan. Hal ini pun akan lebih baik bila dibarengi dengan aktivitas lain seperti olahraga. 

4 Manfaat Jintan Hitan untuk Kecantikan

photoIlustrasi Merawat Wajah dengan Jintan Hitan - (Pexels.com)</span

1. Membantu Atasi Masalah Jerawat dan Bekasnya

Habbatussauda bermanfaat mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah, hal ini karena kandungan asam linoleate, vitamin E, asam amino, dan nutrisi yang terkandung di dalam habbatussauda mampu membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, kandungan senyawa aktifnya pun mampu menjadi antioksidan dan anti inflamasi sehingga bekas jerawat tidak meninggalkan bekas kehitaman.

2. Membersihkan Pori-pori Wajah 

Kulit wajah merupakan bagian yang sangat rentan dengan sinar matahari.

Adapun dampak yang diakibatkan ketika kulit terpapar sinar matahari terlalu lama adalah berkurangnya produksi kolagen pada kulit, sehingga jaringan bawah kulit mengembang dan menghasilkan pori-pori yang besar.

Akibatnya debu atau kotoran akan lebih mudah masuk dan menempel di wajah.

Dengan ini, habbatussauda mampu dijadikan sebagai scrub atau masker yang berfungsi sebagai eksfoliator untuk membersihkan kotoran-kotoran, serta membantu dalam mengecilkan pori-pori

3. Mencerahkan kulit 

Didalam Habbatussauda terkandung Vitamin E yang berfungsi sebagai pencerah pada kulit. Baik dikonsumsi atau diaplikasikan langsung ke wajah (diolesi), maka vitamin ini akan menutrisi dan meresap langsung ke lapisan kulit wajah.

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Biasanya penuaan dini ditandai dengan adanya noda atau flek hitam serta kerutan pada wajah. Kondisi seperti ini bisa terjadi di setiap jenis kulit, tidak hanya orang dewasa, tetapi remaja juga.

Biasanya penuaan diri disebabkan oleh tingginya intensitas terkena paparan sinar matahari, polusi dan debu secara berkala.

Untuk itu, habbatussauda dapat menjadi solusi karena didalamnya terkandung nutrisi dan vitamin yang mampu membantu kulit dalam proses regenerasi atau memperbaiki sel-sel kulit yang rusak secara alami. 

Dari penjelasan diatas, ada banyak sekali bukan kegunaan serta manfaat dari habbatussauda atau jintan hitam ini?

Meskipun begitu, kamu yang memang ingin memakai produk atau mengkonsumsi habbatussauda secara rutin harus mengetahui dulu efek samping atau risiko yang dapat ditimbulkan yah!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa