Light Dark

Stop! Membuang Kulit Jeruk

Science | 21 Jan 2022, 14:31 WIB
Ilustrasi Kulit Jeruk | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit Jeruk seringkali dianggap sebagai limbah dan tak heran sebagian besar kita hanya memanfaatkan buah jeruknya saja, ketika sudah memakan buah jeruknya kita langsung membuang kulitnya.

Padahal jika digali lagi, Kulit Jeruk terdapat 70.58% kandungan senyawa limonene yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh kita, diantaranya ialah sumber antioksidan, menjaga Kesehatan Jantung, serta dapat menurunkan risiko kanker.

Tubuh manusia membutuhkan substansi yang penting bagi kesehatan yaitu antioksidan dalam jumlah yang cukup agar dapat meredam dampak negatif dari paparan radikal bebas.


Advertisement

Baca Juga :

Antioksidan alami dihasilkan oleh tubuh manusia, baik berupa enzim-enzim antioksidan maupun senyawa-senyawa. Akan tetapi Antioksidan yang dihasilkan tidak cukup untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang berlebih, untuk itu diperlukan masukan antioksidan dari luar tubuh.


Advertisement

Misalnya, dengan memanfaatkan kandungan dari ektrak Kulit Jeruk yang bisa membantu kesehatan tubuh kita dari luar dengan berbagai olahan minyak kulit jeruk.

Olahan kulit jeruk

photoIlustrasi Kulit Jeruk Lemon - (Pinterest)

Salah satu pemanfaatan dari Kulit Jeruk adalah dengan mengekstrak kandungan minyak yang ada didalamnya.

Minyak jeruk ini kemudian dapat digunakan sebagai campuran dari Gel pengharum ruangan, sabun, lilin, serta produk lainnya.

Kandungan Minyak jeruk yang dapat digunakan campuran berbagai Produk. Minyak jeruk merupakan minyak atsiri yang diekstrak dari kulit buah jeruk, yaitu jeruk lemon.

tekstur minyak satu ini berbentuk cair, berwarna kuning pucat, ringan, segar serta berbau jeruk tajam seperti buah segar yang baru saja dikupas.

Komponen kimia utamanya adalah limonena (55-80%). Monoterpen lain yang hadir adalah β-pinene (10-17%), αpinena (2,0-2,5%) dan γ-terpinena (3- 10%).

Juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil adalah linalol alkohol (0,1 - 0,9%), geraniol (0,9-1,7%) dan neral (0,5- 1%). 

Salah satu ciri dari minyak atsiri adalah mudah menguap dan  memiliki aroma khas. Karena itu minyak ini banyak dijadikan wewangian dan kosmetika.

Seperti yang sedang dikembangkan saat ini yaitu pengharum ruangan. Penggunaan minyak ini sebagai pengharum ruangan dapat membuat udara di ruangan menjadi segar, bersih serta tidak pengap.

kita juga dapat membuat olahan minyak Kulit Jeruk di rumah. Berikut ini cara nya.

Cara membuat

photoIlustrasi Minyak Astiri dari Kulit Jeruk - (Pinterest)

Pertama, siapkan Kulit Jeruk seberat 150 gram, cuci bersih dan dikeringkan. Kulit Jeruk yang digunakan ialah Kulit Jeruk bagian luar yang berwarna orange, sedangkan bagian dalamnya yang berwarna putih dibuang terlebih dahulu.

Kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Penghalusan dilakukan agar ukuran Kulit Jeruk menjadi lebih kecil dan luas permukaannya meningkat, sehingga reaksi dapat lebih cepat berlangsung.

Hasil penghalusannya direndam dengan menggunakan 250ml pelarut etanol 96% yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu. Proses perendaman dilakukan selama 5x24 jam lalu dipisahkan dengan cara filtrasi.

Filtratnya kemudian dipanaskan dengan menggunakan panic, hingga volumenya berkurang. Gel pengharum ruangan dibuat dengan cara memanaskan 40 ml aquades dengan menggunakan pengukus.

Setelah mengeluarkan gelembung-gelembung kecil kemudian ditambahkan bahan bahan pembentuk gel, diantaranya karagenan, gom xanthan dan gelatin.

Dilakukan tiga kali percobaan dengan perbandingan zat yang sama, namun jumlah gelatin berbeda di setiap percobaannya.

Dengan perbandingan 3:6:1, 3:6:3 dan 3:6:6. Ditambahkan juga natrium benzoate sebagai pengawetnya.

Setelah keempat bahan larut campuran kemudian diangkat dari pemanas dan ditambahkan lima sendok teh Propilen glikol, tiga setengah sendok teh, Minyak jeruk, serta tiga tetes pewarna makanan.

Pengharum ruangan dari minyak Kulit Jeruk sudah siap digunakan. Mudah bukan cara membuatnya. Selamat mencoba dirumah.

Image

Admin SUpdate

Image

Noity