Light Dark

5 Daun Lalapan Ini Punya Banyak Khasiat!

Sehat | 20 Jan 2022, 14:56 WIB
Lalapan. | Wikipedia

SUKABUMIUPDATE.com - Lalapan sering dijumpai di sejumlah rumah makan sebagai pelengkap menu makanan. Lalapan biasa dimakan mentah dengan tambahan sambal yang menggugah selera. 

Dibalik rasa lezatnya, Lalapan rupanya memiliki kandungan gizi dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Kemangi dan selada menjadi dua jenis Lalapan yang banyak ditemui di rumah makan dan memiliki kandungan gizi yang baik.

Namun selain kedua jenis Lalapan tersebut, rupanya ada jenis Lalapan lain yang memiliki khasiat tidak kalah dari keduanya. 


Advertisement

photoDaun pohpohan. - (Wikipedia)

Berikut ini lima daftar daun Lalapan selain kemangi dan selada yang memiliki khasiat untuk kesehatan.


Advertisement

Baca Juga :

1. Bunut

Mungkin banyak dari kita yang tidak kenal daun Lalapan satu ini. Bunut memang lebih dikenal sebagai pohon kayu besar, namun daunnya ternyata bisa dimakan.

Untuk kamu yang ingin mencoba daun bunut, pilihlah daun yang masih muda dan lembut. Kamu bisa memakan daun ini dengan sambal untuk menambah selera.

Berbicara khasiatnya, daun bunut memiliki sejumlah manfaat seperti mengobati rematik dan mencegah kanker berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Mareme

Daun Mareme merupakan jenis Lalapan yang tidak terlalu banyak dikenal masyarakat. Pohon Mareme biasanya tumbuh liar di hutan, namun tidak jarang juga tumbuh di sekitar pemukiman. Daun Mareme memiliki bentuk sedikit memanjang.

Untuk dijadikan lalapan, pilihlah daun mareme yang masih muda berwarna hijau muda. Agar semakin menambah kenikmatan, tambahkan sambal tomat atau sambal oncom merah pada daun mareme ketika dimakan.

Meski jarang dikenal, daun mareme rupanya memiliki khasiat yang tidak sedikit. daun mareme diketahui dapat mengobati batuk, disentri dan diare.

3. Pohpohan

Daun pohpohan adalah Lalapan yang biasanya ada di rumah makan sebagai pengganti kemangi. Ketika dimakan, daun ini memberikan sensasi hangat di mulut mirip kemangi. Namun, pohpohan memiliki ukuran daun yang lebih besar.

Daun pohpohan diketahui mengandung zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Daun ini juga memiliki kandungan antimikroba yang dapat mencegah sakit perut akibat bakteri.

Ada juga kandungan flavonoid di dalam daun ini yang berkhasiat sebagai anti inflamasi dan anti alergi.

Kamu bisa mengkonsumsi daun ini secara langsung, namun akan lebih nikmat disertai sambal.

4. Kenikir

Kenikir merupakan Lalapan yang memiliki bentuk menjari. Selain dimakan mentah, daun yang dikenal dengan nama ramidang oleh masyarakat Sunda ini juga bisa dimasak menjadi berbagai hidangan.

Jika kamu pertama kali memakan daun ini, mungkin kamu tidak akan suka dengan rasanya. Namun jika kamu terbiasa memakannya, kamu akan toleran terhadap rasanya. Kamu bisa memakannya dengan tambahan sambal untuk menambah rasa nikmat.

Daun kenikir memiliki kandungan flavonoid yang berkhasiat mencegah gangguan pencernaan. Kenikir juga memiliki kandungan zat diuretik yang berfungsi untuk meningkatkan pembuangan garam dalam tubuh sehingga mencegah hipertensi. 

5. Antanan atau Pegagan

Antanan atau Pegagan adalah jenis Lalapan yang biasanya dapat ditemukan di pinggiran sawah dan perkebunan. Biasanya Lalapan ini juga jarang dijual dipasar dan kalah pamor dari jenis Lalapan lain.

Meski memiliki ukuran yang kecil, Lalapan satu ini memiliki khasiat yang luar biasa. Antanan memiliki khasiat memperlancar peredaran darah. Daun ini juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi.

Buat kamu yang ingin awet muda, daun ini wajib kamu coba. Daun ini diketahui mampu menghasilkan kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

 

 

 

 

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri