Light Dark

Strategy Management: Terapkan dalam Berbisnis!

Inspirasi | 20 Jan 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi Rapat untuk Merumuskan Strategy Management | Unplash.com

SUKABUMIUPDATE.com - Saat berbisnis penting untuk memikirkan Strategy Management agar bisnis dapat berlangsung hingga meraih kesuksesan.

Strategy Management berperan sangat penting dalam suatu bisnis karena berkaitan dalam menyusun, menerapkan, mengevaluasi serta mengambil keputusan-keputusan agar bisnis yang dirintis mencapai tujuan.


Advertisement
photoIlustrasi Rapat Perusahaan - (Unplash.com)

Mengutip dari yoursay.suara.com, Strategy Management bisnis penting dalam bisnis karena dapat memberikan arahan dalam jangka panjang maupun pendek sesuai dengan apa yang akan dituju. 

Selain itu, manajemen strategi juga berperan penting untuk manajemen bisnis karena dapat membantu perusahaan dalam beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam berjalannya suatu bisnis.


Advertisement

Baik perubahan internal maupun eksternal bisnis, sehingga dengan adanya manajemen strategi ini dapat mempertahankan bisnis yang telah ada ataupun dapat memajukan bisnis tersebut.

Baca Juga :

Adapun tahapan dalam Strategy Management yaitu:

1. Menentukan Visi, Misi dan Tujuan

Tahapan pertama yaitu menentukan visi, misi dan tujuan, karena setiap perusahaan atau sebuah bisnis tentu saja harus menentukan ketiga hal tersebut.

Sebab jika tidak ada visi, misi dan tujuan maka kinerja dalam suatu bisnis akan kurang jelas dan mudah berubah-ubah tanpa adanya tujuan yang akan dicapai.

2. Memahami Lingkungan Bisnis Internal dan Eksternal

Dalam memahami atau menganalisis suatu lingkungan bisnis bertujuan untuk lebih mengerti dan memahami lingkungan dalam bisnis.

Sehingga pelaku bisnis dapat mengerti jika terjadi suatu perubahan-perubahan dan mampu merespon terhadap perubahan tersebut.

3. Merumuskan Strategi

Dalam perumusan strategi ini yaitu kegiatan pengembangan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Perumusan ini dikembangkan untuk mencapai tujuan yang ada,  selain itu agar dapat mengidentifikasi adanya peluang dan ancaman dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh bisnis.

4. Implementasi Strategi

Implementasi strategi merupakan suatu penerapan dari perumusan strategi. 

Penerapan ini memerlukan suatu keputusan dari berbagai pihak yang berwenang dalam pengambilan keputusan.

Hal itu dilakukan untuk menetapkannya suatu kebijakan serta dalam pengalokasian sumber daya sehingga strategi yang telah dirumuskan dapat dijalankan.

5. Pengendalian  dan Evaluasi strategi

Dalam tahap ini, pengendalian dan evaluasi strategi yaitu meliputi kegiatan dalam memonitor dan mengevaluasi hasil dari perumusan dan implementasi strategi yang selanjutnya diambil keputusan untuk memperbaiki jika diperlukan perbaikan.

Dengan demikian manajemen strategi dapat membantu bisnis kamu dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya serta dapat membuat bisnis menjadi lebih efektif dan lebih maju karena sudah memiliki strategi-strategi dalam berbisnis. 

Oleh karena itu, Strategy Management merupakan hal yang sangat diperlukan dalam kelancaran suatu bisnis.

source: yoursay.suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah