Light Dark

Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Tinggal Menyisakan Segmen 4

Sukabumi | 19 Jan 2022, 16:54 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (paling kiri) saat menyimak pemaparan proyek pembangunan jalan lingkar selatan Sukabumi, Rabu (21/8/2019) silam. | Dok. DBMPR Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan flyover (overpass Cibeureum) segmen 3 Jalan Lingkar Selatan Sukabumi dari Jalan Baros ke arah Sukaraja telah selesai.

Kepala Seksi Pembangunan UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Abdul Muiz mengatakan, saat ini yang tersisa adalah pembangunan segmen 4.

Dijelaskannya, Jalan Lingkar Selatan segmen 4 sepanjang 5,5 kilometer akan dibangun dari Sukaraja ke arah Rumah Makan Nikmat yang berlokasi di Jalan Raya Sukabumi-Bandung.


Advertisement

Saat ini pengerjaan segmen 4 baru memasuki tahap usulan untuk pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi.

"Kami dari UPTD II dalam proses pengusulan anggaran untuk pengadaan lahan dan pembangunan konstruksi segmen 4," ujar Abdul seperti dilansir dari laman resmi Pemkot Sukabumi, Rabu (19/1/2022).


Advertisement

Baca Juga :

Menurut Abdul, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam pengerjaan Jalan Lingkar Selatan segmen satu sampai tiga, hanya saja terjadinya pandemi covid–19, membuat pengerjaan sempat terhenti karena adanya efisiensi anggaran. 

Diharapkannya Jalan Lingkar Selatan dapat menaikkan perekonomian, serta mampu menguraikan kemacetan.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pemerintah telah menganggarkan Rp 40 Miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Selatan Sukabumi segmen 3. Segmen 3 ini menghubungkan dengan segmen-segmen sebelumnya.

Di ruas Jalan Lingkar Selatan Sukabumi segmen 3 ini juga dibangun flyover (Overpass Cibeureum). Dengan adanya flyover tersebut maka arus lalu lintas tak mengganggu jalur kereta api dan menjamin keselamatan pengguna jalan.

Pembangunan Jalan Lingkar Selatan segmen 3 ini sendiri ditandai dengan groundbreaking flyover Cibeureum, Kota Sukabumi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Rabu (21/8/2019) silam.

Dengan dibangunnya segmen 3 ini maka jalan di pusat Kota Sukabumi hanya dilalui oleh kendaraan kecil saja, sedangkan mobil-mobil besar masuk ke Jalan Lingkar Selatan Sukabumi.

Adapun proyek ini merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur di Jalan Lingkar Selatan Sukabumi sepanjang 19 kilometer dan terbagi empat segmen.

Segmen 1 menghubungkan Cibolang-Pelabuhan Ratu dengan panjang 6,9 kilometer. Segmen 2 Pelabuhan Ratu-Baros sepanjang 2,2 kilometer. 

Lalu, segmen 3 yang baru selesai dibangun menghubungkan Baros-Sukaraja dengan panjang 4,4 kilometer. Ketiga segmen itu telah terealisasi.

Setelah itu, pembangunan dilanjutkan ke segmen 4 yang menghubungkan Sukaraja-RM Nikmat sepanjang 5,5 kilo meter. Sebagian segmen 4 memasuki wilayah Kabupaten Sukabumi dan berakhir di Kecamatan Sukaraja.

Menyangkut anggaran jalur pembangunan jalan segmen 4, Ridwan Kamil saat itu belum bisa menyebutkan besarannya.

Koleksi Video Lainnya:

Diimbau Minta Maaf, Arteria Dahlan Justru Bahas Sunda Empire

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian