Light Dark

Cat Lovers Wajib Tahu! Ini 3 Ras Kucing dari yang Lucu Hingga Unik

Gaya Hidup | 19 Jan 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi Jenis Kucing yang Pasti Disukai Cat Lovers | Unplash.com

SUKABUMIUPDATE.com - Jika kamu adalah seorang Cat Lovers, kamu pasti sudah tahu kalau jenis dan ras Kucing di dunia sangat beragam dan begitu banyak.

Dikutip dari Animals.World.co.id tercatat sekitar 135 jenis Kucing di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Dari sekian banyaknya ras dan jenis kucing, beberapa diantaranya dapat berdampingan dengan manusia hingga dapat dipelihara oleh manusia.

Dan untuk kamu yang baru bergabung menjadi Cat Lovers, yuk kenali beberapa ras dan jenis Kucing yang ada di dunia.


Advertisement

Baca Juga :

1. Ras Anggora

Umumnya kelompok Ras Anggora ini memiliki bentuk-bentuk Kucing yang tidak jauh berbeda, hanya beberapa ciri fisik mereka saja yang dapat membedakan jenis-jenisnya. Berjenis dengan ciri khas bulu lebat, tebal atau panjang lembut dan halus.

Hewan dengan ras yang satu ini biasanya banyak menjadi pilihan orang Indonesia untuk dipelihara, karena memiliki sifat yang cenderung manja dan mudah untuk berteman akrab dengan manusia.


Advertisement

Cat Lovers, berikut beberapa jenis Kucing Ras Anggora yang sering kamu lihat.

Jenis Persian Cats

photoPersian Cats - (via: whiskasindonesia.com)

Persian Cats Ras, sesuai dengan namanya berasal dari negara Persia. Namun, di zaman sekarang jenis ini uga banyak di temui di Negara Turki dan Iran. Bahkan Kucing Persia diperkenalkan ke Eropa sebagai Kucing Anggora Turki.

Mereka telah melewati kawin silang dengan ras Kucing lainnya yang akhirnya didaftarkan di Inggris sebagai Kucing persia.

Kucing dengan jenis persian cats ini dikenal sebagai Kucing yang cerdas, cantik dan menggemaskan yang tentu saja membuat semua orang khususnya Cat Lovers jika melihatnya jatuh cinta pada mereka.

Kucing jenis ini adalah Kucing ras asing pertama yang diimpor ke negara Thailand, dan Kucing ras Persia ini juga salah satu jenis Kucing paling populer di Indonesia maupun Internasional.

Ciri-ciri dari Persian Cats ini antara lain, memiliki kepala bulat yang khas, dengan telinga kecil yang membulat di ujungnya serta hidung yang terbilang mancung berbeda dengan Kucing jenis ras Anggora.

Mereka termasuk Kucing dengan sifat yang ramah dan mudah bergaul, selain itu bulu Persian Cats ini tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek pada bagian badan tetapi cukup tebal di bagian leher serta ekor, tubuh dan kaki yang pendek.

Jenis Chinchilla Cat

photoChinchilla Cat - (iStock)

Chinchilla adalah jenis Kucing yang tidak berbeda jauh dengan persian cats.

Perbedaan yang dapat ditemukan pada kedua Kucing ini hanyalah ukuran yang lebih besar dari pada persian dengan tubuh yang berbentuk persegi juga sedikit bulat dan muka yang pipih serta telinga yang kecil. Mereka memiliki mata berwarna hijau berkilau.

Salah satu perbedaan lainnya yaitu ekor yang bulunya lebih tebal dari Kucing jenis persian. Kucing ini berasal dari Amerika dan inggris dan memiliki sifat yang lebih ramah serta manja dari jenis persian lainnya.

Kelebihan dari Chinchila adalah dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan barunya.

Chilchilia sendiri ialah salah satu jenis Kucing yang dapat dijadikan hewan peliharaan karena sifatnya yang membuat Cat Lovers mudah menyukainya.

Jenis Norwegian Forest Cat

photoNorwegian Forest - (via: catlovers.id)

Norwegian Forest Cat adalah Kucing tertua dari kelompok ras ini. Termasuk dalam jenis keturunan jaman purba lebih dari 500 tahun yang lalu yang berasal dari Norwegia. Hewan yang cantik dan lucu ini juga dikenal sebagai wegie atau skogkatt.

Ciri-ciri pada hewan ini yaitu corak belang-belang berwarna gelap, dengan bulu yang panjang dikeseluruhan kepala hingga ekor. Walaupun demikian Kucing ini dapat memelihara bulunya sendiri.

Sifat umum pada Kucing jenis ini ialah terbilang Kucing yang tangguh namun memiliki sisi yang lembut, lincah, senang bermain, dan penyayang.

2. Ras Domestik Cats

Jenis Maine Coons

photoMaine Coon - (mentalfloss.com)

Maine Coon adalah Kucing terbesar dari semua ras domestik cats. Rata-rata jenis Kucing ini dapat mencapai berat hingga 15 kilogram, berbeda dengan jenis-jenis Kucing normal pada umumnya.

Maine Coon sering dijuluki dengan julukan Kucing raksasa yang manis.

Jenis Kucing ini memiliki kelebihan tersendiri yang juga berbeda dengan Kucing peliharaan pada umumnya yaitu sangat kuat, perkasa, serta dapat bertahan dalam iklim yang berat.

Sedangkan ciri-ciri pada Maine Coon sendiri ialah memiliki bulu yang tebal dan halus, selain itu memiliki perbedaan antara bulu betina dan jantan. Bulu pada spesies jantan umumnya lebih tebal dari betina.

Ciri-ciri lainnya adalah berbadan besar, memiliki mata besar, cakar dan tapak besar serta bentuk kuping yang lebih panjang dari ras Anggora

Maine Coon sendiri termasuk jenis Kucing tertua di Amerika Utara. Mereka berasal dari negara bagian Maine juga termasuk jenis Kucing kawin silang antara ras domestik berbulu pendek dan ras luar negeri berbulu panjang.

Meskipun terlihat gagah dan garang Kucing ini memiliki sifat temperamen yang lembut dan menyenangkan. Di Indonesia sendiri yang memelihara jenis Kucing dengan ras domestik ini belum sebanyak ras anggora.

Jenis Somali Cat

photoSomali Cat - (via: cats.lovetoknow.com)

Kucing yang anggun atletis dan berotot dengan ukuran yang sedang dan berbulu indah yang lembut dan lebat lebih lebat di bagian ekor menyerupai rubah adalah jenis Kucing somali.

Dengan ciri lain yang memiliki empat warna dasar yang unik yaitu Cinnamon dikenal dengan warna merah bata, kuning kecoklatan, biru dan krem coklat. Pada setiap bulu rambutnya memiliki banyak garis yang berwarna hitam dan coklat.

Kelebihan pada Kucing jenis ini adalah anak Kucing yang terlahir dengan bulu berwarna gelap yang akan berubah ketika mencapai usia 18 bulan dengan perubahan sepenuhnya pada bulu.

Sifat yang melekat pada hewan ini yaitu selalu memiliki rasa penasaran terhadap apapun yang ada di depannya.

Jenis Sphynx Cat

photoSphynx Cat - (iStock)

Kucing jenis ini adalah Kucing dengan jenis terunik di dunia. Bagaimana tidak Kucing asal Kanada ini adalah satu-satunya Kucing dengan ciri-ciri bulu yang sangat pendek yang menyerupai kulit.

Sehingga Kucing ini terlihat tidak memiliki bulu sama sekali.

Ciri-ciri lain pada Sphynx sendiri adalah mereka Kucing yang bertubuh ramping dengan telinga berbentuk segitiga yang sedikit lebih besar dari bentuk wajahnya, serta kulit keningnya sedikit berkerut serta memiliki sifat yang cenderung pendiam.

Karena jenis bulunya yang sangat pendek, membuat Kucing Sphynx ini mudah terkena dingin dan alergi yang cukup kuat sehingga butuh perawatan yang lebih ya Cat Lovers.

3. Ras Kucing Ragdoll

photoRagdoll - (Shutterstock)

Ragdoll termasuk ke dalam salah satu Kucing tercantik di dunia, karena memiliki mata biru yang cerah, bulu sempurna berwarna putih tulang dengan sedikit warna gelap pada bagian wajah, telinga dan ekor, bentuk muka pipi dan hidung yang mancung yang membuatnya menjadi Kucing ideal.

Selain itu, ragdoll juga dikenal dengan ras Kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records.

Hewan cantik ini yang memiliki penampilan fisik menawan menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara di berbagai belahan dunia sebagai peliharaan keluarga.

Sifat umum pada ragdoll sendiri adalah manja, ramah dan tidak liar.

 

Ada berbagai macam ras Kucing lainnya yang tidak dituliskan dalam artikel ini.

Namun kamu Cat Lovers dapat mempelajari lebih lanjut beragam ras Kucing yang ada di dunia ini sehingga dapat mempermudah kamu untuk menentukan Kucing ras apa yang kamu sukai dan mungkin akan kamu pelihara di rumah.

Writer : Widiya Novilanti

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah