Light Dark

4 Nama Pernah Disebut Jokowi, Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara

Nasional | 18 Jan 2022, 13:13 WIB
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi sedang melantik. | setkab.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pernah membocorkan sejumlah nama bakal calon kandidat Kepala Otorita yang nantinya akan memimpin Ibu Kota Negara baru Nusantara.

“Kandidatnya ada banyak. Satu Pak Bambang Brodjonegoro, dua Pak Ahok, tiga Pak Tumiyono, empat Pak Azwar Anas," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020 silam.

Dikutip dari tempo.co, adapun Bambang Brodjonegoro pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi. Ia tercatat sebagai orang yang ikut merencanakan pemindahan Ibu Kota Baru ketika masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.


Advertisement

Baca Juga :


Advertisement
photoIbu Kota Negara Nusantara. - (Dok. Kementerian PUPR)

Nama kedua, Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama. Tentu sudah tidak asing lagi, kedekatan dirinya dan Jokowi terbangun saat bersama-sama memimpin ibu kota DKI Jakarta. Ahok kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Selanjutnya nama ketiga adalah Tumiyono. Ia saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Emiten konstruksi pelat merah ini memiliki sejumlah proyek dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. 

Baca Juga :

Dan nama terakhir yang disebut Jokowi berpotensi menduduki jabatan Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara adalah politikus PDIP, Abdullah Azwar Anas. Eks Bupati Banyuwangi ini sedang menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sumber: tempo.co

Koleksi Video Lainnya:

Lukai Perasaan Orang Sunda, Politisi Minta Arteria Dahlan Jaga Sikap

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur