Light Dark

4 Manfaat Tidur Tanpa Selimut, Cobain deh!

Sehat | 17 Jan 2022, 20:15 WIB
(Ilustrasi) Tidur tanpa selimut ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh | Pexels Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur menggunakan selimut sering dilakukan sebagian besar orang, hal tersebut untuk menghindari rasa dingin saat tengah tertidur.

Tapi ternyata Tidur tanpa menggunakan selimut memiliki dampak baik loh buat tubuh.

Melansir dari Suara.com, berikut beberapa manfaat yang akan didapat saat kamu tidur tanpa selimut.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Tidur tanpa selimut - (Pexels Karolina Grabowska)

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tidur menggunakan selimut memang menghangatkan dan nyaman. Tapi, Tidur tanpa selimut bisa membantu menurunkan beberapa kilogram lemak tubuh.

Tidur dalam kondisi yang lebih dingin bisa meningkatkan metabolisme kamu dan meningkatkan jumlah lemak baik dalam tubuh.


Advertisement

Baca Juga :

2. Bisa Lebih Cepat Tertidur

Saat cuaca sangat dingin, kita biasanya berusaha menghangatkan tubuh menggunakan selimut.

Padahal, suhu yang lebih dingin justru akan membuat Tidur lebih nyenyak. Itu karena, suhu tubuh kita mulai turun sekitar 60-90 menit sebelum tidur.

Suhu yang terlalu panas bisa membuat tubuh membuang lebih banyak energi untuk mengatur suhu dan membuat Anda lebih terjaga di malam hari.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kamu pernah terbangun di tengah malam dan merasa ingin melepaskan selimut, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Suhu yang lebih dingin di malam hari membantu kita Tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, suhu yang terlalu hangat justru akan mengganggu Tidur kita.

Suhu yang tepat untuk Tidur nyenyak itu antara 15-19 derajat Celcius. Suhu yang lebih tinggi atau terlalu hangat bisa mengganggu tahap gerakan mata cepat kamu, yang menyebabkan kamu bangun Tidur dengan lelah.

4. Menyehatkan Kulit

Selimut yang hangat dan tebal dapat memerangkap panas di sekitar tubuh kamu. Selain mengganggu tidur, selimut bisa menyebabkan timbulnya jerawat tertentu yang disebut jerawat keringat.

Selimut tebal dan berat yang terbuat dari kain sintetis tidak memungkinkan tubuh kamu untuk mengatur suhunya dan dapat menyebabkan keringat.

Keringat yang dikombinasikan dengan panas dan gesekan dapat menyumbat pori-pori kamu. Pada akhirnya, ini bisa menyebabkan jerawat.

Sumber: Suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran