Light Dark

Komunikasi Terputus Akibat Tsunami di Tonga, Nasib 5 WNI Belum Diketahui

Internasional | 16 Jan 2022, 16:16 WIB
(Foto Ilustrasi) Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI pada Ahad, 16 Januari 2022, mengkonfirmasi ada 5 WNI yang belum diketahui kabarnya akibat tsunami di Tonga. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI pada Ahad, 16 Januari 2022, mengkonfirmasi ada 5 WNI di Tonga saat kejadian gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai meletus. Gunung meletus persisnya pada Jumat sore, 15 Januari 2022 waktu setempat hingga mengakibatkan gelombang tsunami serta lumpuhnya jalur komunikasi.

Tonga adalah sebuah negara kepulauan di Oceania. Sedangkan gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai berjarak sekitar 65 kilometer dari Ibu Kota Tonga, Nuku’alofa. 

"Terdapat 5 WNI di Tonga saat kejadian. Kelima WNI tersebut diketahui tinggal di Nuku’alofa. Belum diketahui kondisi mereka saat ini karena komunikasi yg terputus," kata Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI dikutip dari Tempo.


Advertisement

photoIlustrasi. - (Freepik)

KBRI Wellington telah menyampaikan imbauan kewaspadaan kepada seluruh WNI yang berada di wilayah akreditasi KBRI Wellington. Bukan hanya itu, KBRI Wellington pun akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak di Selandia Baru dan Tonga untuk mengetahui kondisi para WNI di Tonga.

Pada Ahad ini, abu vulkanik yg menyelimuti Tonga sebelumnya sudah berhenti berjatuhan. Wilayah yg paling parah terdampak adalah Tongatapu-pulau utama di Tonga, di bagian utara Ibu Kota Nuku’alofa, di mana banyak kapal dan perahu terdampar ke daratan. Berdasarkan informasi Pemerintah Selandia Baru, hingga saat ini belum ada laporan terkait jatuhnya korban jiwa pasca letusan dan peristiwa tsunami.


Advertisement

SUMBER: TEMPO

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur