Light Dark

5 Tips Untuk Tumbuhkan Minat Membaca Buku

Gaya Hidup | 16 Jan 2022, 17:30 WIB
Tips Untuk Tumbuhkan Minat Membaca | iStock

SUKABUMIUPDATE.com -  Minat Membaca Buku masyarakat Indonesia hingga saat ini masih menduduki peringkat yang sangat rendah.

Data yang dirilis UNESCO menyatakan bahwa minat Membaca Buku orang Indonesia hanya 0,001% atau dari 1.000 orang Indonesia atau hanya satu orang dari seribu yang suka membaca.

Baca Juga :

Dalam peringkat membaca dunia, Indonesia menduduki Peringkat kedua dari bawah, ke-60 dari 61 Negara minat membaca.


Advertisement

Data ini dirilis dari hasil Riset yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked, riset yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016.

Data yang cukup mengecewakan memang, pasalnya Negara-Negara maju memiliki kualitas dan kuantitas membaca yang tinggi. Mungkin, salah satu sebab Indonesia masih menjadi Negara berkembang.

Banyak keuntungan yang kita dapat dari membaca buku, selain memajukan diri kita sendiri dengan bertambahnya ilmu dan pengetahuan, kita juga turut memberikan kemajuan untuk bangsa dan negara dengan meningkatkan peringkat minat membaca yang masih jauh tertinggal.


Advertisement

Jika Anda berniat untuk menumbuhkan minat Membaca Buku dari sekarang, berikut tips-tips yang bisa dicoba.

1. Luangkan waktu untuk membaca

photoLuangkan Waktu Untuk Membaca - (iStock)

Meluangkan waktu untuk mulai Membaca Buku adalah hal pertama yang harus dilakukan. Luangkanlah waktu sebelum tidur atau di waktu-waktu senggang yang Anda miliki.

Tahap awal, tidak harus meluangkan banyak waktu, Anda bisa meluangkan waktu 5-15 menit per hari atau satu sampai dua halaman buku (buku tanpa gambar) per hari.

Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan kembali waktu dan halaman buku. Kemudian Anda bisa mulai menjadwalkan, pukul berapa Anda akan Membaca Buku setiap harinya.

2. Membawa buku kemana-mana

photoIlustras Membaca Buku - (iStock)

Jadikan buku teman yang menemami Anda kemana saja. Bawa buku di dalam tas Anda kemanapun Anda akan melakukan bepergian.

Untuk tahap awal tidak harus dibaca, ketika ada waktu, Anda bisa membacanya, manfaatkan waktu Anda ketika menunggu untuk membaca.

3. Membeli buku  

Dalam upaya menumbuhkan minat membaca buku, hal yang penting lainnya adalah Anda dengan memiliki banyak koleksi buku.

Sisihkan sebagian pendapatan Anda untuk membeli buku. Belilah buku minimal seminggu sekali ke toko buku.

Untuk pemula, belilah buku yang bisa membuat Anda tertarik untuk membaca. Baca buku dengan tata Bahasa yang ringan dan mudah dimengerti sebelum Membaca Buku yang bahasanya cukup rumit.

4. Mengurangi media sosial

photoIlustrasi media sosial.- (Pixabay/AzamKamolov)

Menurut data wearesocial per Januari 2017 mengungkap, bahwa orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih sembilan jam dalam waktu sehari. Jika saja data tersebut merupakan data minat membaca indonesia bukankah sangat baik.

Jika dalam sehari mampu menghabiskan waktu Sembilan jam lebih menatap gadget, kita harus bisa menatap buku minimal 15 menit perhari.

Cobalah untuk mengurangi penggunaan media sosial dan beralih kepada membaca buku. Jika bisa matikan handphone selama kita sedang membaca agar bisa fokus.

5. Bergabung dengan komunitas membaca

Carilah komunitas membaca, hal ini untuk menjaga kekonsistenan kita serta untuk mendiskusikan hasil dari apa yang telah kita baca.

Mendiskusikan hasil dari Membaca Buku wajib juga dilakukan, untuk memastikan tidak ada kesalahan tafsir.

Selain hal diatas, keinginan dan niat yang kuat perlu juga ditumbuhkan dalam diri dan pikiran, kekonsistenan, dan jadikanlah membaca menjadi gaya hidup Anda.

Image

Admin SUpdate

Image

Noity