Polemik Bangunan PAUD di Cibeureum, Begini Kata Disdikbud Kota Sukabumi

Minggu 16 Januari 2022, 15:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terjadi polemik terhadap status bangunan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD Anggrek 9 di Puri Cibeureum Permai 2, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Dalam pantauan Ahad, 16 Januari 2022, bangunan tersebut pun digembok dan kurang terawat.

Koordinator aksi dari Aliansi BEM Sukabumi atau ABSI Rifki Rizaldi mengatakan pihak mahasiswa memberikan pendampingan kepada guru PAUD yang turut merasa terampas haknya atas polemik itu. Perampasan hak tersebut, kata Rifki, berupa larangan melakukan kegiatan belajar dan mengajar di PAUD Anggrek 9.

"Permasalahan ini telah terjadi selama 6 tahun. Para guru dilarang malakukan kegiatan belajar mengajar di PAUD Anggrek 9 dan puncaknya akhir Desember 2021 ketika sekolah PAUD digembok yang diduga dilakukan oknum Ketua RW," kata dia kepada awak media.

Rifki mengungkapkan, alasan yang diterima para guru mengapa dilarang melakukan kegiatan belajar mengajar karena bangunan tersebut akan difungsikan kembali oleh kepengurusan rukun warga atau RW. Padahal menurut pengakuan guru, Rifki menyebut bangunan PAUD Anggrek 9 itu sudah bersertifikat dan memiliki izin.

"Menurut pengakuan para guru, bangunan tersebut sudah bersertifikat dan dalam IMB (Izin Mendirikan Bangunan) tertulis untuk bangunan PAUD," ujarnya. "Untuk menyelamatkan aset yang ada, para guru harus memanjat pagar mengambil buku dan aset lainnya karena pagar PAUD digembok," tambah Rifki.

photoBangunan PAUD Anggrek 9 di Puri Cibeureum Permai 2, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Riza)

Baca Juga :

Sementara kerusakan yang dituding dilakukan oknum RW tersebut adalah sarana bermain anak seperti ayunan, perosotan, dan sarana lainnya. "Tidak hanya itu, barang-barang milik PAUD banyak yang hilang, bahkan bangunannya juga ada yang merusak," kata Rifki. 

Ketua RW setempat, Sugeung Arijadi menjelaskan bangunan PAUD Anggrek 9 merupakan gedung RW yang semula berasal dari bantuan pemerintah ditambah swadaya warga. Menurut dia, bangunan tersebut hanya dipinjamkan ke PAUD. "Jadi dipinjamkan gedung. Yang berhak itu kepengurusan RW," kata Sugeung.

Sugeung pun mengaku persoalan ini merupakan masalah lama sejak kepengurusan RW sebelumnya. "Saya hanya melaksanakan amanah warga, makanya saya disuruh meluruskan dari ketua RW yang lama," ucap dia. Dia pun membantah tudingan perusakan tempat bermain anak di PAUD Anggrek 9. "Silakan disimpulkan sendiri. Itu semua sudah rusak, memang sudah tua (rusak sendiri)."

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Hasan Asari mengatakan terjadi kesalahpahaman dalam polemik tersebut. Pihak Disdikbud Kota Sukabumi pun akan memediasi persoalan ini pada Selasa, 18 Januari 2022. "Sebenarnya ini hanya komunikasi yang kurang lancar," kata Hasan.

Hasan menyebut, kepengurusan RW memiliki maksud baik berupa peningkatan kiprah PAUD Anggrek 9 karena banyak warga yang belajar di sana. Begitu juga dari pihak PAUD yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan. "Semoga ada mekanisme pengelolaan yang lebih baik. Tinggal bagaimana membuat sinkronisasi dan saling memahami."

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 April 2024, 17:02 WIB

Tak Diberi Izin Poligami, Oknum ASN di Sukabumi Celakai Istri Hingga Patah Tangan?

Perempuan inisial DM (58 tahun) diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga dengan perlakuan sadis dari suaminya BCA (38 tahun) hingga alami patah tangan
Foto rontgen yang diperlihatkan korban kepada awak media. Dugaan KDRT oknum ASN Sukabumi terhadap istrinya (Sumber: istimewa)
Musik18 April 2024, 17:00 WIB

[Preview] Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok

[Preview] Inilah Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Meski baru akan rilis pada Jumat (19/4/2024) besok, Lagu Jebolan Indonesian Idol ini sudah viral di media sosial lho!
Preview: Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Sukabumi18 April 2024, 16:21 WIB

Heboh Kasus Investasi Bodong Berkedok Gadai Rumah di Sukabumi, Marketing Diamankan

Berikut keterangan dari pihak kepolisian terkait kasus investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Bagus Panuntun saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan investasi bodong berkedok gadai rumah. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola18 April 2024, 16:15 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Australia di Piala Asia 2024: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB.
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB. (Sumber : pssi.org).
Food & Travel18 April 2024, 16:00 WIB

Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget!

Air rebusan kayu manis ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko mengalami peningkatan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget! | Foto: Pixabay/Pexels
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)
Sukabumi18 April 2024, 15:52 WIB

Halalbihalal Disperkim Kabupaten Sukabumi: Tingkatkan Kekompakan dan Motivasi Pegawai

Halalbihalal ini dirangkaikan dengan pengajian dan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan.
Disperkim Kabupaten Sukabumi menggelar acara halalbihalal bersama seluruh pegawai pada Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi18 April 2024, 15:16 WIB

Pererat Silaturahmi, Perumdam TJM Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Perumdam TJM Sukabumi menggelar acara Halal Bihalal di lapangan tenis dekat Kantor perusahaan tersebut di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/4/2024).
Halal bihalal Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life18 April 2024, 15:04 WIB

Asam Urat Tinggi Setelah Lebaran? Lakukan 6 Hal Ini untuk Menurunkannya Secara Alami

Pastinya banyak makanan mengandung protein seperti daging yang dikonsumsi.
(Foto Ilustrasi) Enam hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan asam urat secara alami jika terasa tinggi setelah lebaran. | Foto: Freepik
Inspirasi18 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)