3 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

Minggu 16 Januari 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan mental kerap diabaikan. Padahal sangat penting untuk menjaga kesehatan mental tetap stabil. Robin Berzin, pendiri Parsley Health dan penulis State Change, mengatakan penting untuk melacak kebiasaan kecil yang tidak disadari yang kita lakukan setiap hari, karena ini dapat berkembang seiring waktu dan memengaruhi kesejahteraan mental.

Menurut Berzin perhatikan tiga kebiasaan ini yang dapat menyabotase kesehatan mental Anda

1. Penggunaan teknologi (terutama pada malam hari)

Paparan cahaya biru di malam hari, menurut Berzin, memang berpotensi menyabotase tidur, yang memiliki efek hilir untuk kesejahteraan mental). "Apa yang belum banyak kita bicarakan adalah cara teknologi, dan informasi yang kita peroleh darinya, merangsang kita dan menjaga kita dari mencapai tidur yang lebih dalam," katanya. "Kami tidak menganggap ini cukup serius."

Saat Anda memiliki dunia di ujung jari, informasi dengan satu sentuhan tombol, dan itu luar biasa dan memberdayakan — tetapi itu juga berpotensi mengganggu kesehatan mental dan emosional. "Banyak orang menggulir hingga waktu tidur, dan sifat informasi yang kami lihat sebenarnya dapat membuat otak Anda [terhubung]," tambahnya.

2. Kurang gerak

"Kami dirancang sebagai manusia untuk menggerakkan emosi melalui gerakan," kata Berzin. "Tubuh dirancang untuk melakukan itu, dan ketika Anda tidak bergerak dan hanya duduk rata-rata 11 jam sehari, Anda menyimpan emosi Anda." Dan emosi yang "terjebak" itu dapat menyebabkan konsekuensi fisik dan mental dalam tubuh Anda.

photoIlustrasi. - (Unsplash)

Dia menjelaskan lebih lanjut, ketika Anda memiliki pikiran, seperti takut, atau kesal, atau marah, Anda mungkin bahkan tidak mencatat kata-katanya, tetapi otak telah merasakan ancaman atau sesuatu yang menantang secara emosional atau negatif. Anda harus meluangkan waktu untuk memproses emosi itu, merasakannya, dan mengalaminya melalui gerakan," catat Berzin, atau itu akan memengaruhi bagian lain dari hidup Anda.

Itulah mengapa Berzin memuji pentingnya gerakan teratur, apakah Anda memilih jalan kaki, lari, kelas yoga, sesi HIIT—dan banyak penelitian mendukung hubungan antara olahraga dan kesehatan mental. "Tidak masalah bagaimana Anda bergerak. Bergerak saja," katanya.

3. Alkohol

Berzin percaya bahwa alkohol dapat menjadi bagian dari gaya hidup yang seimbang, tetapi dalam hal kesehatan mental, penting untuk bertanya pada diri sendiri: Apakah Anda minum alkohol untuk merasa lebih baik, atau apakah Anda minum alkohol untuk merasa lebih baik? "Jika alkohol adalah metode Anda untuk menghadapi kehidupan, itu mungkin menunjukkan kepada Anda bahwa Anda menggunakannya dengan cara yang bermasalah," catat Berzin. 

Dari sana, ia juga merekomendasikan untuk merenungkan bagaimana alkohol memengaruhi kualitas tidur Anda. "Alkohol itu membuat tubuh Anda tidak mungkin mencapai detak jantung istirahat yang lebih rendah dan suhu tubuh yang lebih rendah yang perlu Anda capai di malam hari untuk tidur nyenyak," jelasnya. "Akibatnya, kualitas tidur Anda jauh lebih rendah."

Berzin merekomendasikan minum tidak lebih dari tiga malam per minggu; dan cobalah minum lebih awal di malam hari jika Anda bisa. "Pukul sepuluh malam bukan waktu yang tepat untuk minum segelas anggur itu. Sekarang sudah jam 6 sore, jadi Anda punya waktu untuk memetabolismenya," katanya.

"Ada kurangnya kesadaran tentang bagaimana [kesehatan mental] benar-benar dapat memburuk hanya dengan penggunaan alkohol tingkat rendah," tambahnya. Jika Anda tidak yakin apakah kebiasaan minum Anda memengaruhi keadaan emosi Anda, Berzin juga menyarankan untuk mengambil cuti selama dua minggu untuk eksperimen pribadi. Selama 14 hari, tanpa alkohol, dan perhatikan bagaimana perasaan Anda," katanya. "Ini memberi Anda cara objektif untuk melihat dampak dari perubahan itu."

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin