Light Dark

8 Obat Alami Bagi Penderita Anemia, Sudah Tahu?

Sehat | 15 Jan 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi Anemia | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Anemia dapat terjadi apabila seseorang kekurangan hemoglobin pada darah dalam tubuhnya.

Hemoglobin ini sendiri berperan penting bagi tubuh dalam membantu sel darah merah untuk mengangkut oksigen yang dihasilkan dari paru-paru.

Oksigen tersebut kemudian disalurkan ke seluruh organ tubuh manusia lainnya.


Advertisement

Untuk mendapatkan hemoglobin dalam jumlah yang ideal, dibutuhkan pemenuhan nutrisi yang cukup seperti pemenuhan zat besi setiap hari nya.

Secara medias, terdapat dua jenis gejala Anemia yang menyerang manusia, antaranya:

Gejala Anemia Ringan

Orang yang mengalami gejala ringan, mereka akan mudah merasakan lelah, emosi yang tidak terkontrol, sering sakit kepala, dan susah untuk berkonsentrasi.


Advertisement

Hal ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang mampu menambah kadar darah dalam tubuh.

Gejala Anemia Berat

Ciri orang yang terkena gejala berat ini adalah sering mengalami sesak napas, kulit berwarna pucat, kerap kali merasakan pusing, dan muncul bagian putih pada kelopak mata.

Penderita gejala Anemia berat ini harus segera memeriksakan diri ke dokter agar ditangani dengan tepat.

Jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, perlulah mewaspadainya. Apabila gejala mulai berat, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Namun, jika masih dirasa ringan, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan alami yang dapat meningkatkan kadar sel darah merah.

Lalu apa saja obatnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Baca Juga :

1. Biji Wijen

photoIlustasi Biji Wijen - (Pexels.com)

Biji wijen merupakan bahan makanan yang cukup mudah kita temukan. Di dalam biji wijen ini terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat membantu dalam menambah kadar sel darah merah.

Tidak perlu cara khusus untuk mengolah biji wijen menjadi obat, kamu cukup mencampurkan biji wijen dengan kue-kue atau makanan-makanan tertentu.

2. Buah Kurma

photoIlustasi Buah Kurma - (Freepik)

Kurma adalah buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Rasanya yang manis membuat kurma banyak disukai oleh semua kalangan sebagai cemilan biasa.

Buah kurma ini memiliki zat besi yang cukup tinggi, oleh karena itu ketika kurang darang menyerang, kamu dapat mengkonsumsi buah kurma atau sudah terdapat banyak sari kurma dalam kemasan yang instan.

3. Buah Alpukat

photoIlustasi Alpukat - (Unplash.com)

Buah alpukat ini terkenal dengan rasanya yang khas. Alpukat sendiri mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia, seperti Zat Besi, Vitamin K, vitamin C, Vitamin B6, Kalium dan Folat.

Saat ini banyak sekali olahan alpukat yang sudah dicampurkan dengan berbagai makanan. olahan ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak menyukai buah alpukat.

4. Daging Sapi

photoIlustasi Daging Sapi - (Pexels.com)

Daging sapi merupakan salah satu hidangan yang mudah kita jumpai.

Daging sapi ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin B12 yang memiliki peran penting dalam tubuh, termasuk dapat membantu kita untuk menambah kadar sel darah merah.

5. Buah Jeruk

photoIlustrasi Buah Jeruk - (Pexels.com)

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Vitamin C ini ternyata memiliki peran penting juga dalam tubuh manusia untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Maka dari itu buah jeruk ini bisa menjadi alternatif obat saat kekurangan darah.

6. Makanan Kaya Akan Tembaga (copper)

photoIlustasi kacang-kacangan - (Pexels.com)

Makanan yang mengandung mineral tembaga adalah salah satu asupan yang penting bagi penambah darah.

Mineral tembaga ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

Ketika kadarnya rendah, tubuh menyerap zat besi dalam jumlah yang sedikit. Sehingga mengakibatkan produksi hemoglobin dalam sel darah merah berkurang.

Makanan penambah darah yang tinggi akan mineral tembaga untuk penderita Anemia bisa didapatkan dari gandum, kacang-kacangan, daging unggas, makanan laut, kepiting, buah ceria dan coklat.

7. Makanan Tinggi Asam Folat

photoIlustrasi Makanan Laut - (Unplash.com)

Asam folat atau sering disebut sebagai vitamin B9 merupakan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Maka dari itu penderita Anemia wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti: Kacang polong, kacang merah, kacang hijau, jeroan  seperti hati dan sayuran hijau.

Perlu diingat, jangan terlalu lama dalam memasak makanan yang mengandung asam folat, sebaiknya dimasak dengan cara dikukus, ditumis, atau microwave sayuran untuk mencegah kandungan asam folatnya tidak hilang terlalu banyak.

8. Makanan Tinggi Vitamin A

photoIlustrasi Wortel Mengandung Vitamin A Tinggi- (Pexels.com)

Jika tubuh kekurangan Vitamin A maka akan menghambat tubuh dalam menghasilkan sel darah merah.

Kekurangan vitamin A dapat memicu anemia. Hubungan antara vitamin A dengan Anemia belum jelas.

Namun yang pasti, defisiensi vitamin A dapat menghambat tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat.

Adapun makanan penambah kadar darah untuk tubuh adalah susu sapi dan produk olahannya, telur ayam, hati ayam atau sapi, sayuran berwarna cerah seperti tomat, wortel, brokoli dan ubi jalar.

Demikianlah makan-makan yang dapat menambah kadar sel darah merah atau dapat menyembuhkan penyakit anemia.

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah