Light Dark

Gelombang Panas Terjang Australia Barat, Suhu Capai 50 Derajat Celcius

Science | 15 Jan 2022, 09:45 WIB
(Ilustrasi) Gelombang panas yang sebabkan suhu panas ekstrem. | via phys.org

SUKABUMIUPDATE.com - Gelombang Panas saat ini melanda Australia bagian Barat. Tercatat pada Kamis (13/1/2022) WIB, Suhu di wilayah tersebut mencapai 50,7 derajat celcius.

Menurut Biro Meteorologi Australia bagian Barat via Twitter resminya, Suhu Kota Onslow, Australia Barat menyamai rekor Suhu terpanas di seluruh Australia pada 1960 silam.

photoPencitraan suhu di Onslow, Australia Barat. - (via washingtonpost.com)

Suhu tinggi di bagian Barat dan wilayah lainnya di Australia kini lazim terjadi. Hal tersebut tidak lepas dari dampak pemanasan global.

Baca Juga :

Martin Rice, Direktur Penelitian Dewan Iklim menyebutkan bahwa rekor Suhu tinggi di Australia Barat adalah dampak jangka panjang pemanasan global yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

Masih menurut Rice, Gelombang panas bisa menjadi silent killer bagi manusia, bahkan potensinya tersebut lebih tinggi dibandingkan peristiwa cuaca ekstrem. 

Diketahui dampak dari cuaca ekstrem di Australia dapat berakibat fatal dan menghancurkan. Misalnya cuaca ekstrem sebabkan kebakaran hutan di hampir seluruh bagian barat Australia dan banjir besar di wilayah Timur.

Tanpa adanya penurunan emisi gas rumah kaca, Suhu ekstrem akan menjadi wajar terjadi di wilayah Australia.

Prediksi Suhu musim Panas di Sydney dan Melbourne bisa mencapai 50-an derajat celcius pada 2030 nanti.

 

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri