Light Dark

5 Obat Alami ini Ampuh Atasi Gejala Diare

Sehat | 14 Jan 2022, 14:45 WIB
Sakit perut karena diare. | Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Diare adalah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini menyebabkan seseorang harus bolak-balik ke toilet untuk buang air besar.

Frekuensi buang air besar yang tinggi bisa menyebabkan seseorang lemas, pusing dan dehidrasi.

Garam oralit dikenal sebagai obat ampuh untuk mengatasi Diare. Namun rupanya terdapat beberapa makanan yang bisa menjadi obat ampuh untuk menghentikan gejala diare.


Advertisement

photoDaun jambu biji. - (IST)

Berikut ini daftar oban alami yang bisa mengatasi gejala Diare:


Advertisement

Baca Juga :

1. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji dikenal paling ampu untuk mengatasi gejala Diare. Daun jambu biji kamu bisa dapatkan dengan mudah di sekitar rumah.

Kamu bisa memakan pucuk daun jambu biji secara langsung setelah dicuci hingga bersih. kamu juga bisa meminum air rebusan dari jambu biji, jika kamu tidak kuat memakan daunnya secara langsung.

Khasiat dari air rebusan daun jambu biji  terbukti ampuh menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli (E.coli) dan staphylococcus aureus yang berlebihan. Bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab diare.

Daun jambu biji juga berkhasiat untuk memadatkan tinja atau feses sehingga frekuensi buang air besar bisa perlahan berkurang.

2. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang dikenal mampu mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. 

Tanaman rimpang ini berkhasiat mengatasi keracunan makanan serta dapat meredakan sakit perut.

Sifat anti radang dan anti bakteri pada jahe cocok untuk mengatasi Diare dan menghangatkan saluran pencernaan.

Sebagai obat diare, kamu bisa memotong jahe sejempol lalu menggepreknya dan merebusnya. Agar terasa lebih nikmat kamu bisa menambahkan sesendok madu ke dalam air rebusan jahe.

3. Pisang

Pisang juga dinilai ampuh untuk mengurangi gejala diare. Pisang yang matang sempurna lebih dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung pektin tinggi.

Pektin merupakan serat yang mudah larut oleh air. Kandungan dalam pisang tersebut dapat memadatkan feses dan mengurangi gejala diare.

Pektin yang ada pada pisang dapat menyerap sejumlah cairan berlebih di dalam usus besar, sehingga tinja atau feses yang keluar menjadi lebih padat.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung kalium tinggi mirip seperti pisang. Kentang diketahui mengandung pati yang dapat memadatkan tinja, sehingga dapat mengurangi gejala diare.

Agar khasiatnya lebih terasa, sebaiknya kentang diolah dengan cara dikukus, direbus atau dijadikan bubur kentang.

5. Makanan Mengandung Probiotik

Seseorang yang terkena Diare juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan mengandung Probiotik. Bakteri baik yang ada pada probiotik bertugas melawan bakteri merugikan penyebab diare. Dengan begitu, gejala Diare yang dialami bisa berkurang.

 

 

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri