Light Dark

5 Aplikasi Chat Pilihan Selain Telegram dan WhatsApp, No.4 Buatan Lokal

Aplikasi | 14 Jan 2022, 10:15 WIB
(Ilustrasi) Aplikasi Chat WhatsApp dan Telegram. | via screenrant.com

SUKABUMIUPDATE.com - Aplikasi Chat saat ini menjadi salah satu kebutuhan komunikasi pengganti SMS. Mayoritas dari pengguna Aplikasi Chat hanya mengenal WhatsApp dan Telegram.

Namun, popularitas WhatsApp sempat diprediksi melemah karena isu penyalahgunaan privasi, sehingga banyak penggunanya beralih menggunakan Telegram.

photoHi App, Aplikasi Chat buatan Indonesia. - (Google Play Store)

Nah sebetulnya ada lima Aplikasi Chat selain WhatsApp dan Telegram yang direkomendasikan untuk dipakai, apa saja? berikut daftarnya:

Baca Juga :

1. Signal

Aplikasi ini cukup praktis dan punya cara penggunaan mirip WhatsApp. Aplikasi ini merupakan produk buatan perusahaan Elon Musk yang memiliki tagline "Say Hello to Privacy". Daya tarik utama dari aplikasi ini adalah enkripsi end-to-end.

Bahkan, aplikasi Signal diklaim tidak akan pernah meminta data pribadi pengguna, yang belakangan ini dilakukan WhatsApp atas nama kebijakan privasi.

2. LINE

Sama seperti WhatsApp, aplikasi Line juga memiliki fitur yang dimiliki antara lain mengirim pesan teks, gambar, video, dan suara.

Line juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan antara dua orang atau lebih.

Bahkan, kamu bisa melakukan video call hingga 500 orang hanya dengan menggunakan aplikasi ini.

3. Threema

Satu lagi aplikasi perpesanan yang layak untuk kamu coba. Namanya Threema. Berbeda dari aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan diatas, Threema tidak dibekali dengan fitur panggilan suara dan video.

Developer lebih mementingkan privasi sehingga enkripsi end-to-end menjadi yang paling diperhatikan.

Dengan demikian, informasi pribadimu dipastikan aman jika kamu berkirim pesan menggunakan aplikasi Threema ini.

Karena dianggap memiliki tingkat keamanan yang tinggi, pemerintah Swiss menganjurkan militernya menggunakan aplikasi ini dibanding WhatsApp.

4. Hi App

Indonesia juga punya aplikasi perpesanan buatan anak bangsa, namanya Hi App yang dikembangkan oleh PT Hello Kreasi Indonesia yang dirilis pada 2020 lalu.

Hi App juga punya fitur yang mirip dengan WhatsApp. Bahkan, kamu akan menemukan beragam fitur lain seperti penerjemah pesan, chat organizer, berbagi dokumen, serta mode gelap dan terang.

5. WeChat

Aplikasi buatan China ini dirilis hampir bersamaan dengan WhatsApp. WeChat ini juga memiliki beragam fitur yang hampir mirip dengan WhatsApp. Aplikasi ini menjadi aplikasi perpesanan populer di China.

Meski mayoritas pengguna WeChat berasal dari China, namun tidak sedikit penggunanya berasal dari Indonesia.

 

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri