Lewati Rintangan Pertama Proliga 2022, Bandung BJB Tandamata Tetap Berbenah

Senin 10 Januari 2022, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata sukses melewati rintangan pertama di Proliga 2022, Jakarta Mandiri Popsivo Polwan lewat pertarungan sengit selama 5 set dalam duel yang digelar di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu 9 Januari 2022.

Bandung BJB Tandamata yang sempat tertinggal pada set pertama, berhasil menuntaskan pertandingan dengan skor 3-2 (20-25, 25-15, 25-18, 21-25, 15-7). Kemenangan ini jadi modal berharga untuk Bandung BJB Tandamata menghadapi pertandingan berikutnya melawan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada Sabtu, 15 Januari 2022 mendatang.

Meski sukses meraih kemenangan, tetapi banyak hal yang perlu dibenahi oleh para srikandi Bandung BJB Tandamata agar secara kualitas permainan bisa lebih ditingkatkan lagi. Hal itu ditegaskan oleh Kapten Tim Bandung BJB Tandamata, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi.

"Pertandingan pertama bisa meraih kemenangan, tetapi banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Banyak pemain yang posisinya diubah jadi saya merasa masih belum bisa menampilkan yang terbaik," kata Wilda.

Sementara pelatih Bandung BJB Tandamata, Agus Irawan menyoroti kemampuan tim dalam melakukan pengembalian serve lawan yang dinilai kurang maksimal. Itu menjadi salah satu kelemahan yang diakui Agus harus segera dibenahi oleh dirinya dan jajaran staf pelatih.

Selain itu, kata Agus, para pemain muda belum beradaptasi dengan cukup baik. Karenanya, dia berharap para pemain muda di skuat Bandung BJB Tandamata selalu belajar dari pengalaman para pemain senior. Sebaliknya, pemain senior dan berpengalaman pun diminta Agus tak sungkan memberikan arahan kepada pemain muda.

"Tertinggal pada set pertama, saya merasa tim ini kurang mengantisipasi pengembalian serve dengan baik. Banyak pemain muda yang seharusnya bisa memetik pelajaran dari para pemain senior," kata Agus Irawan.

Di tim Bandung BJB Tandamata sendiri, terdapat sejumlah pemain yang cukup berpengalaman tampil di level nasional maupun internasional. Selain Wilda, ada juga Yolla Yuliana. Kemudian pemain asing asal Turki, Yeliz Basa juga sangat berpengalaman bermain di timnas negaranya dan sempat berkarier di sejumlah negara seperti Jepang.

photoTim bola voli putri Bandung BJB Tandamata saat bertanding dengan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan di Proliga 2022. - (Istimewa)</span

Manager Bandung BJB Tandamata, Ayi Subarna melihat kualitas permainan Wilda Siti Nurfadillah Sugandi dan kawan-kawan bisa terus meningkat dibandingkan dari yang sudah diperlihatkan saat menghadapi Jakarta Mandiri Popsivo Polwan pada laga perdana Proliga 2022.

Menurut Ayi Subarna, meski Bandung BJB Tandamata mampu meraih kemenangan, tetapi banyak hal yang harus dievaluasi dan dibenahi dari tim. Apalagi jika melihat situasinya, kata Ayi, Bandung BJB Tandamata harusnya bisa menyudahi permainan dalam tiga set saja atau tidak perlu berjuang hingga lima set.

Ayi mengungkapkan ada banyak faktor yang membuat permainan Bandung BJB Tandamata belum maksimal di laga perdana. Salah satunya adalah faktor psikologis yang dinilai cukup mempengaruhi permainan secara keseluruhan, apalagi tegas Ayi, ini adalah pertandingan perdana.

"Set pertama kita kalah, tadi mungkin awal-awal kita masih nervous ya, main perdana. Di situ juga mungkin karena banyak support, dari manajamen juga kan hadir semua, mungkin karena pemain juga masih sedikit nervous,” kata Ayi.

"Karena memang ini pertandingan perdana, jadi lawan juga kan belum hafal. Masih mengira-ngira lawan ini, seperti apa permainannya (kekuatan dan kelemahan lawan). Jadi belum maksimal hari ini, tapi alhamdulillah masih menang," ungkap Ayi menambahkan.

Kemenangan ini jadi modal berharga untuk Bandung BJB Tandamata menghadapi pertandingan berikutnya melawan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada Sabtu, 15 Januari 2022 mendatang. Tetapi Ayi memastikan, akan melakukan evaluasi dan berbenah untuk mencapai level permainan yang lebih baik.

"Pelajaran buat kita, kemenangan kita ini harusnya bisa 3-0. Cuma ini kita jadi pelajaran, mudah-mudahan main selanjutnya kita lebih baik lagi, timnya lebih mapan lagi, lebih solid lagi," tegasnya.

"Intinya harus lebih banyak komunikasi di dalam. Tadi masih ada sedikit apa ya, ya masih ada egonya, masih sendiri-sendiri gitu. Jadi belum maksimal. Banyak evaluasi, terkait pemasangan pemain, informasi (instruksi) kurang masuk ke pemain dari pelatih. Nah itu kita langsung evaluasi nanti," ujarnya.

Di Proliga 2022, Bandung BJB Tandamata yang diperkuat oleh sejumlah pemain nasional dan berpengalaman, baik lokal maupun asing menargetkan bisa meraih gelar juara sekaligus mengakhiri penantian panjang lebih dari 1 dekade sejak terakhir kali menjadi juara Proliga saat masih mengusung nama Bandung Art Deco Bank Jabar.

Koleksi Video Lainnya:

Wali Kota Sukabumi Kesal Kolam Ikan Masjid Agung Dipakai Renang

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)