Light Dark

Sah! Alun-Alun dan Lapang Merdeka Kota Sukabumi Resmi Kembali Dibuka

Sukabumi | 08 Jan 2022, 18:41 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meresmikan alun-alun terintegrasi Kota Sukabumi, Sabtu (8/1/2022). | Atep/SU

SUKABUMIUPDATE.com - Alun-Alun Terintegrasi Kota Sukabumi yang terdiri dari dua titik yakni Lapang Merdeka dan Alun-Alun depan Masjid Agung resmi dibuka kembali untuk umum setelah 100 persen rampungnya penataan diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (8/1/2022).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmannirahim dengan ini program-program pemerintah Provinsi Jabar, Lapang Merdeka, Alun-Alun Kota Sukabumi, program rutilahu dan lain-lain secara resmi diserahkan, hatur nuhun mugi katampi," ucap Ridwan Kamil meresmikan.


Advertisement

Peresmian ini ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pelepasan balon ke udara oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi beserta jajaran perangkat daerah pada Pemerintah Kota Sukabumi di area jogging track Lapang Merdeka.

Baca Juga :

Setelahnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melaksanakan penandatanganan prasasti tentang kecintaan Pemprov Jabar yang memberikan bantuan anggaran untuk proyek-proyek pembangunan dan penataan di Kota Sukabumi.


Advertisement

photoGubernur Jabar Ridwan Kamil ditemani Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat penandatanganan prasasti. - (Riza)

“Selamat kepada warga Kota Sukabumi mudah-mudahan menjadi kota terbaik dari sisi kemanusiaan, pembangunan, dan pariwisata yang harus tetap menjadi kerinduan,” ujar Ridwan Kamil selepas peresmian.

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, kota yang baik adalah kota yang dirasakan aman dan nyaman oleh warganya. Karena itu, penataan ruang publik menjadi komitmen Pemda Provinsi Jabar agar warganya bahagia.

"Kota yang baik kalau warganya rindu jalan-jalan dan semua harus merasa aman dan nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mendukung dari sisi anggaran, sehingga beberapa proyek strategis di Kota Sukabumi bisa tuntas terlaksana.

"Tentunya kami pemerintah daerah mewakili warga masyarakat menyampaikan apresiasi luarbiasa, tahun 2021 pak gubernur memberikan dukungan yang luar biasa dari sisi penganggaran khususnya. Mudah-mudahan ini berlanjut di tahun 2022 yang baru awal kita jalani ini," ujar Fahmi.

Fahmi menuturkan, konsep dan desain revitalisasi Alun-Alun dan lapangan Merdeka merupakan usulan dari Ridwan Kamil.

"Kami mengusulkan lalu direvisi oleh Pak Gubernur hingga jadi sebagus ini," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan rilis dari Humas Jabar, proyek pembangunan Alun-Alun Kota Sukabumi yang terintegrasi dengan Lapangan Merdeka ini menelan anggaran sebesar Rp22 miliar.

Dana anggaran tersebut bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) tahun 2021 dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) Provinsi Jabar.

Kini Alun-Alun yang terintegrasi dengan Lapangan Merdeka dapat langsung dinikmati masyarakat dengan wajah yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain menjadi ruang publik dan ekspresi budaya, masyarakat juga dapat berolahraga karena terdapat lintasan lari, lapangan basket, futsal, senam, lintasan sepatu roda hingga skateboard. Termasuk GOR Merdeka yang juga turut direnovasi.

Revitalisasi Alun-Alun dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi dimulai sejak 28 Juli 2021 dan selesai sesuai target selama 155 hari. Usai diresmikan warga sudah terlihat memadati Alun-Alun dan Lapangan Merdeka.

Koleksi Video Lainnya:

5 Berita Terpopuler Pekan Ini

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian