Light Dark

IGK Manila Kunjungi Rumah Tempe Azaki Bogor Binaan Ayep Zaki

Jawa Barat | 08 Jan 2022, 11:55 WIB
Ayep Zaki temani IGK Manila yang mengunjungi Rumah Tempe Azaki di Bogor. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) NasDem yang juga Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Mayor Jenderal TNI (Purn.) DR (HC) IGK Manila, S.Ip mengunjungi Rumah Tempe Azaki (RTA) Bogor, Sabtu (8/1/2022).

Rumah Tempe Bogor binaan Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, H. Ayep Zaki ini telah tersertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), Badan Badan Pengawjaas Obat dan Makanan (BPOM) dan halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Advertisement

Kunjungan 'Opa Manila', sapaan akrab IGK Manila ini tentu bukan tanpa alasan. Sebelumnya, Rumah Tempe Azaki telah tiga kali melakukan ekspor ke Jepang dengan total mencapai 32,4 ton.

Baca Juga :

Bersama rombongan, IGK Manila hari ini melakukan kunjungan ke RTA Bogor untuk melihat proses produksi Tempe beserta fasilitas lainnya.

Dalam kunjungannya, IGK Manila yang difasilitasi alat pelindung diri (APD) berupa seragam, hairnet, masker, sarung tangan dan sandal slop didampingi Ayep Zaki berkeliling melihat kegiatan produksi tempe. Mulai dari mulai gudang penyimpanan kedelai, area produksi basah, area produksi kering, area fermentasi dan area luar ruangan.


Advertisement

"Sebagai tuan rumah, saya ingin Kakak IGK Manila bisa menyaksikan secara langsung seluruh proses produksi yang terjadi di Rumah Tempe Azaki ini. Bahwa Rumah Tempe Azaki diolah dengan proses yang modern dengan menerapkan sistem keamanan pangan dan cara produksi higienis," papar Ayep Zaki.

photoIGK Manila saat melihat kegiatan produksi tempe di RTA. - (Istimewa)

Setelah menyaksikan proses produksi RTA, IGK Manila sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan produksi Tempe ini. Menurutnya, RTA mampu memberdayakan masyarakat sekitar dan bisa membanggakan produk dari Indonesia.

"Ini langkah bagus (ekspor tempe) untuk membuktikan bahwa sektor UKM kita khususnya yang bergerak dalam bidang kuliner bisa bangkit di masa pandemi ini," terang IGK Manila. 

IGK Manila dalam kesempatan tersebut juga berharap dengan kegiatan ini, bisa memberikan motivasi kepada UKM lainnya untuk terus berinovasi dan menjual produknya keluar negeri.

Perlu diketahui bahwa Rumah Tempe Azaki Bogor akan kembali melaksanakan ekspor ke Jepang sebanyak 13,8 ton pada akhir Januari 2022 ini.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian