11 Jenis Peluang Pekerjaan yang Perlu Diincar di Tahun 2022-2026

Jumat 07 Januari 2022, 17:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki usia produktif, Peluang pekerjaan akan banyak dicari untuk membangun suasana baru, hal baru maupun untuk lingkungan baru. 

Jika Updaters salah satu orang yang sedang mencari peluang pekerjaan 5 tahun ke depan, artikel ini sudah tepat untuk kamu baca.

Baca Juga :

Karena artikel ini, kami akan membahas 11 jenis peluang pekerjaan untuk lima tahun ke depan. 

Ada tiga alasan, pertama tahun 2022 masih memasuki awal tahun dan masih banyak bulan-bulan kedepannya yang bisa kamu explore.

Kedua, sedia payung sebelum hujan. Lebih baik jika kita sudah mempersiapkan diri untuk jenis pekerjaan yang akan dibutuhkan lima tahun ke depan. Agar kita juga memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bersaing dengan orang lain.

Alasan terakhir atau ketiga, sejak krisis keuangan global dan pandemi Covid-19, banyak negara dan perusahaan yang telah melakukan penyesuaian akibat dampak yang terjadi.

Tidak hanya itu, mereka juga gencar melakukan perubahan untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan yang dapat mengganggu kekuatan ekonomi negara dan perusahaan.

Lantas apa saja peluang pekerjaan yang perlu kamu incar lima tahun ke depan?

Berikut 11 jenis peluang pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan dalam kurun 5 tahun ke depan.

1 . Jasa logistik 

photoIlustrasi Jasa Logistik - (Unsplash)

Peluang pekerjaan pertama adalah Jasa Logistik. Hal ini mengingat karakter belanja masyarakat berubah dari belanja langsung ke toko menjadi belanja online.

Bahkan, belanja online pun terjadi peningkatan tajam di tahun 2020. Di Amerika Serikat meningkat sebesar 44%, secara global sebesar 27,6% dan di Indonesia sendiri sebesar 18%.

Akibatnya, kebutuhan atas jasa pengiriman pun meningkat tajam. Hingga saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan kurir namun masih belum cukup.

Hal ini dibuktikan dengan waktu tunggu atau waktu pengiriman yang masih lama, bahkan membutuhkan minggu-minggu untuk daerah tertentu

2.  Jasa Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan 

photoIlustrasi Artificial Intelligence - (Unsplash)

Teknologi kecerdasan buatan semakin hari semakin baik dan cakupan penggunaannya sudah semakin luas.

Dahulu kecerdasan buatan banyak diketahui orang adalah kecerdasan buatan pada kamera handphone atau smartphone yang dapat memilih settingan kamera yang baik untuk setiap jepretan foto.

Namun, saat ini teknologi kecerdasan buatan sudah banyak ditemui pada customer service perusahaan besar via telepon customer service.

Hotel yang dimiliki Jack Ma di Cina yaitu Hotel tanpa pegawai bisni. Perusahaan tanpa pegawai juga dapat ditemui pada tokoh-tokoh yang ada di negara maju misalnya toko Amazon go.

Selain itu kecerdasan ini dapat juga ditemui pada berbagai media seperti pembaca berita digital, pengisi suara film, pengisi suara di sosial media dan lainnya.

Jika kamu memiliki beberapa kemampuan di bidang kecerdasan buatan, peluang pekerjaan ini sangat menantang untuk dicoba.

3. Jasa Penjualan 

Meski banyak toko yang terancam tutup karena kecerdasan buatan. Namun jasa penjualan akan tetap meningkat karena penjualan online yang makin meningkat.

Jasa penjualan ini akan banyak diandalkan, karena mereka yang bekerja di Jasa Ini bertugas untuk membuat kesepakatan penjualan dengan calon pembeli.

Pekerjaan ini belum bisa digantikan oleh mesin karena negosiasi yang menjadi inti dari jasa ini belum bisa dilakukan oleh mesin.

Misalnya negosiasi pada penjualan mobil rumah barang mewah atau barang-barang lainnya yang dibeli dalam jumlah besar. 

4. Jasa Kesehatan 

Tidak bisa dipungkiri lagi, makin lama kita makin peduli dengan kesehatan. Sehingga, kebutuhan terkait kesehatan semakin meningkat.

Peluang pekerjaan ini bisa dimulai dari obat-obatan, tenaga medis, pengasuh orangtua atau bayi, ahli obat-obatan hingga gedung-gedung perawatan seperti rumah sakit dan lainnya.

5. Jasa Kreatif 

photoIlustrasi Peluang Pekerjaan Tahun 2022-2026 1 - (Unsplash)

Peluang pekerjaan pada bidang ini masih dibutuhkan tapi hanya pekerjaan yang mengandalkan kreativitas tinggi dan pikiran manusia.

Misalnya menjadi seorang sutradara, composer, editor video dan foto, fotografer, videografer, pengarang cerita dan lagu dan penari. 

Akan tetapi, banyak pekerjaan dibidang ini juga akan menggantikan orang misalnya penyanyi dan pemusik sudah mulai digantikan oleh musik digital.

6. Bidang Kuliner 

Meski saat ini sudah ada restoran yang menggantikan pegawainya dengan mesin, namun koki yang hebat dan ahli nutrisi belum bisa digantikan mesin.

Peluang pekerjaan ini juga bisa dikatakan cukup menjanjikan beberapa tahun ke depan. 

7. Developer Programmer Desainer Virtual Reality dan Desainer Baju 

photoIlustrasi Developer Programmer Desainer Virtual Reality - (Unsplash)

Bidang yang satu ini masih sulit digantikan oleh mesin, karena mesin diciptakan oleh programmer yang paham dengan pembuatan kode-kode.

Jadi, bagaimana bisa mesin menciptakan mesin yang lebih kreatif dari mesin penciptanya

Peluang pekerjaan ini akan sangat diminati karena akan banyak bisnis online yang bermunculan. Bahkan, banyak bisnis offline Akan berpindah ke online dan membutuhkan ahli coding.

Selain itu, kebutuhan akan virtual reality juga makin meningkat misalnya untuk dekorasi rumah bangun rumah dan lainnya. Sehingga, desainer virtual reality akan meningkat.

Desainer baju manusia juga masih sulit untuk digantikan oleh kecerdasan buatan. 

8. Bidang Pendidikan

Meski banyak pekerjaan di bidang ini akan seperti guru dan dosen akibat banyaknya pendidikan online atau tutorial online.

Namun pekerjaan seperti peneliti pada bidang tertentu yang dapat menggabungkan berbagai ide kreatif dari berbagai bidang belum bisa digantikan oleh mesin

Peran seorang Guru untuk anak-anak yang mengajarkan kreativitas masih akan bertahan. Khususnya, mesin tidak akan menggantikan dan mengajarkan etika kepada manusia.

9. Operator Drone 

photoDrone - (Unsplash)

Saat ini Drone sudah mulai banyak dipakai oleh masyarakat luas. Penggunaan Drone biasanya kebanyakan digunakan dibidang fotografi dan videografi.

Dalam waktu dekat, Drone juga kemungkinan akan juga dipakai untuk bidang yang lain seperti jasa logistik dan lainnya

10. Manajemen Sampah 

photoSampah memiliki peran dalam peningkatan suhu global. - (Getty Images)

Peluang pekerjaan ini memiliki peluang bisnis yang besar di masa depan. Pasalnya, sampah semakin banyak.

Namun nampaknya pekerjaan ini masih sangat sedikit, sehingga perusahaan-perusahaan besar akan bermunculan di bidang ini.

11. Wisata Digital

Selain itu, satu jenis pekerjaan lagi yang sangat menjanjikan dalam waktu dekat yaitu industri pariwisata digital.

Bisnis yang berkaitan dengan industri pariwisata konvensional yang mengharuskan wisatawan datang langsung ke lokasi wisata.

Namun saat ini terkena dampak parah karena pembatasan interaksi sesama pengunjung, ini berarti industri pariwisata secara perlahan akan bertransformasi ke wisata digital dimana setiap wisatawan tidak perlu saling bertemu langsung. 

Koleksi Video Lainnya:

Dipenuhi Sarang Laba-laba, Rumah Buruh di Simpenan Sukabumi yang Idap Benjolan

Dijual di Forum Gelap, Kementerian Telusuri Kebocoran Jutaan Data Pasien RS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi