Light Dark

Mau Traveling Sendiri? Jangan Lewatkan 6 Persiapan Penting Ini Ya

Travel | 07 Jan 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi Traveling Sendiri | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Melakukan Traveling ke tempat wisata pasti menyenangkan, kamu bisa bertemu dengan orang baru, pengalaman baru, mengenal budaya baru dan masih banyak lagi hal seru yang mungkin bisa kamu jumpai.

Seru-seruan dengan sahabat ketika berkunjung ke destinasi wisata, ataupun berfoto dengan keluarga besar di depan tempat-tempat bersejarah mungkin sudah pernah kamu lakukan.


Advertisement

Baca Juga :

Persiapan Penting Traveling Sendiri

Ketika kamu ingin suasana berbeda, mengunjungi tempat-tempat seru sendiri, makan apapun yang kamu mau tanpa harus menyesuaikan selera makan dengan partner traveling-mu, kamu bisa jadi solo traveler.

Agar travelingmu berjalan lancar, jangan lewatkan enam persiapan penting ini ya.


Advertisement

1. Packing Secukupnya

photoIlustrasi Packing Secukupnya - (Unplash.com)

Ketika kamu Traveling sendiri, hindari membawa barang bawaan terlalu banyak, bawalah barang-barang yang sekiranya diperlukan.

Kamu tidak dapat meminta bantuan orang lain untuk membawa barang bawaan ketika nantinya sudah merasa lelah.

Rencanakan berapa hari kamu akan melakukan traveling, lalu kamu bisa mempersiapkan jumlah baju sesuai kebutuhan, dan bawalah makanan atau camilan favorit dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

2. Pilihlah Transportasi yang Nyaman Digunakan

photoIlustasi Transportasi - (Unplash.com)

Ada begitu banyak moda transportasi yang bisa kamu pilih. Jika kamu akan Traveling ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa menggunakan transportasi udara agar perjalanan tidak menempuh waktu yang lama.

Namun jika kamu memilih tempat Traveling yang tidak terlalu jauh, kamu bisa menggunakan transportasi darat seperti mobil, kereta dan sepeda motor.

Namun, kamu akan membawa kendaraan pribadi, pastikan kamu sudah mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh ya, agar bisa sampai tempat tujuan dengan aman.

3. Pilih Penginapan di Daerah Ramai dan Strategis

photoIlustrasi Penginapan di Daerah Ramai dan Strategis - (Pexels.com)

Menginap di tempat yang ramai dan strategis dapat memudahkan untuk membeli makanan atau keperluan pribadi, sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh menggunakan kendaraan atau sampai menempuh jarak jauh.

Selain itu, kamu juga bisa merasa lebih aman. Ketika dalam keadaan darurat, kamu bisa meminta pertolongan ke orang-orang disekitarmu.

Pastikan juga tempat menginapmu tidak hanya strategis ya, tapi sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan seperti ukuran kamar, fasilitas dan kebersihannya.

4. Bawa Obat-obatan Pribadi

photoIlustasi Obat-obatan Pribadi - (Pexels.com)

Menjadi solo traveler memang harus bisa menjaga diri sendiri terutama memastikan agar badan tetap dalam keadaan fit atau sehat.

Sebagai antisipasi, sebaiknya kamu membawa obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi ketika kamu merasa tidak enak badan.

Misalnya seperti minyak angin, obat sakit kepala, obat maag, plester dan lainnya.

Selain itu, jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan, setidaknya kamu sudah menyediakan obat untuk penanganan pertama, sehingga tidak perlu begitu khawatir.

Pastikan obat yang kamu bawa masih dalam keadaan bagus dan aman dikonsumsi ya.

Simpan di tempat yang aman dan tertutup agar tidak mudah terkontaminasi bakteri.

Lalu simpan juga ditempat yang mudah dijangkau, jika sewaktu-waktu kamu memerlukannya, kamu bisa dengan mudah mengambilnya.

5. Menyiapkan Dana Dalam Bentuk Tunai

photoIlustasi Uang Tunai - (Unplash.com)

Ketika kamu Traveling ke banyak tempat, terkadang tidak semua tempat bisa menggunakan transaksi secara cashless, sehingga kamu perlu mempersiapkan uang tunai untuk antisipasi.

Misalnya, ketika kamu berkunjung ke tempat makan di pinggir jalan, biasanya para pedagang hanya akan menerima pembayaran menggunakan uang tunai. 

Selain itu, jika hendak membeli aksesoris atau oleh-oleh yang dijual di pasaran, kamu juga harus membayarnya dengan uang tunai, karena jarang sekali pedagang di pasaran yang memiliki akses untuk bisa melakukan transaksi secara non-tunai.

Sebelum kamu pergi traveling, ada baiknya estimasikan uang tunai yang diperlukan agar tidak perlu ribet-ribet lagi mencari ATM.

Biasanya tempat-tempat Traveling yang sulit dijangkau, mesin ATM pun akan sangat jarang ditemukan.

Simpanlah uangmu di tempat yang aman agar tidak mudah dijangkau oleh orang lain.

6. Siapkan dan Simpan Dokumen Pribadi Dengan Rapi

photoIlustrasi Barang Pribadi - (Unplash.com)

Dokumen pribadi sangat penting untuk dibawa kemanapun kamu pergi.

Misalnya ketika pergi ke luar negeri, pastikan dokumen pribadi tersimpan dengan rapi di tas kamu, karena petugas bandara ataupun di tempat wisata akan memintamu untuk menunjukan dokumen pribadi atau identitas diri.

Selain itu, ketika kamu akan check in di hotel untuk menginap, resepsionis juga akan memintamu untuk menunjukan kartu identitas.

Sebagai antisipasi, bawalah dokumen asli dan fotocopynya. Simpanlah secara terpisah, agar bisa menjadi cadangan apabila salah satu dokumen ada yang hilang.

Writer: Devi

Koleksi Video Lainnya:

Hijau hingga Merah, Ini Penampakan Titik Nol Kilometer Sukabumi

Tutup Jalan, Pohon di Parakansalak Sukabumi Tumbang

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah