Sandiaga Uno Rekomendasikan Masyarakat Kunjungi Desa Wisata Cisande Sukabumi

Kamis 06 Januari 2022, 09:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sering mengatakan desa wisata bisa menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia. Ribuan desa wisata yang telah ada, termasuk Cisande di Sukabumi, bisa menjadi pilihan untuk berwisata dengan aman dan menyenangkan.

Sandiaga pun menyebutkan beberapa desa wisata yang patut dikunjungi berdasarkan hasil kunjungannya selama 2021 berkaitan dengan Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI. "Saya sudah ke 70 desa wisata, saya lihat ini awalnya program, tapi setelah melakukannya, saya merasa ini perjalanan spiritual," kata dia dalam Instagram Live bersama kantor berita ANTARA, Selasa, 4 Januari 2022, dikutip lewat Tempo.

photoBupati Sukabumi dan rombongan saat dampingi dewan juri ADWI 2021 dan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Cisande - (Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

Berikut adalah desa wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi pada 2022:

1. Desa wisata Arborek

Desa wisata ini berada di Raja Ampat, Papua Barat. Keindahan alam bahari menjadi daya tarik utama desa ini. Di sana, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang atau snorkeling untuk melihat kehidupan laut yang indah. Para penduduk di sana pun sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan, mulai penginapan, jasa sewa alat, hingga oleh-oleh.

2. Desa wisata Pujon Kidul

Desa wisata di Malang, Jawa Timur, ini memadukan wisata alam dan budaya dengan sangat apik. Wisatawan bisa mendatangi bukit Nirwana saat menunggu matahari terbit atau pergi ke Kampung Budaya untuk melakukan kegiatan bermain gamelan, belajar tari tradisional, dan membuat batik tulis.

Wisatawan juga bisa mampir ke The Roudh 78 untuk bermain paintball atau mencoba motor trail. Desa ini juga memiliki potensi agrowisata yang menarik, seperti kebun buah, tempat pengolahan susu sapi, kebun tanaman obat, kafe sawah, dan lain-lain

3. Desa wisata Selasari, Pangandaran

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Wisatawan bisa menikmati suguhan wisata alam, seperti goa Sutra Reregan, goa Lanang yang jadi tempat susur sungai atau outbond, hingga bukit Pepedan yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Wisatawan juga bisa menikmati berbagai kesenian khas di sana, seperti tari Ronggeng Gunung dan atraksi Lebon. Desa itu juga memiliki bank sampah yang bisa ditiru desa lain.

4. Desa wisata Cisande, Sukabumi

Desa wisata di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, ini memiliki potensi wisata alam yang menarik bagi para petualang. Ada fasilitas yang cukup menantang seperti river tubing, trekking di bukit, dan flying fox.

Selain itu, desa wisata ini menawarkan wisata edukasi pertanian dan peternakan. Wisatawan bisa belajar cara membudidayakan ikan lele dan ikan hias atau belajar bercocok tanam.

5. Desa wisata Penglipuran, Bali

Desa wisata ini tak boleh dilewatkan dikunjungi saat ke Bali. Sebab, berkunjung ke desa yang pernah dinobatkan menjadi salah satu desa terbersih di dunia ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Wisatawan akan merasakan suasana yang sejuk sekaligus tenang selama berada di sana. Ada hutan bambu seluas 45 hektare yang berfungsi sebagai resapan air dan terus dilestarikan agar alam tetap seimbang. Wisatawan juga bisa melihat ritual keagamaan yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Desa wisata Penglipuran pun memiliki kuliner khas seperti loloh cemcem dan tipat cantok.

SUMBER: TEMPO

Koleksi Video Lainnya:

Sukabumi Punya Cimol, Tren Baju Bekas Lewat Thrifting

Walikota Bekasi Rahmat Effendi Terjaring OTT KPK

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 11:30 WIB

6 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Gula Darah

Meskipun air rebusan kayu manis memiliki potensi manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa efeknya mungkin bervariasi dari individu ke individu.
Ilustrasi. Rempah Alami. Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Sukabumi18 April 2024, 11:17 WIB

Perumdam TJM Cicurug Sukabumi Perbaiki Pipa Distribusi, Ini Wilayah Terdampak

Wilayah yang akan terhenti aliran airnya adalah Koramil dan Purwasari.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cicurug. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 11:00 WIB

7 Hal yang Tidak Bisa Dibeli dan Ditukar dengan Uang dalam Hidup, Apa Saja?

Dalam hidup di dunia ini, ada beberapa hal yang sejatinya tidak bisa dibeli maupun ditukar dengan uang. Sebab, hal tersebut sangat esensial dalam hidup.
Ilustrasi. Hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Sumber Foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi18 April 2024, 10:55 WIB

Darurat di Pinggir Jalan, Wanita Tegalbuleud Sukabumi Melahirkan di Ambulans

Nina melahirkan di mobil ambulans karena sudah tidak kuat ketika dalam perjalanan.
Ambulans tempat Nina (30 tahun) melahirkan di wilayah kebun kelapa, Kampung Puncak Sobong, Desa Calingcing, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:30 WIB

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Bahaya memanjakan anak sangat buruk bagi perkembangan mental dan karakternya. Itu sebabnya kebiasaan tersebut perlu dihindari.
Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi18 April 2024, 10:26 WIB

Jadi Musuh Petani, Ketika Babi Hutan Diserang Anjing Pemburu di Puncak Buluh Sukabumi

Pasukan anjing berburu diturunkan hingga ke dalam hutan Leuweung Kiarajegang.
Tangkapan layar saat pasukan anjing pemburu menyerang babi hutan di Puncak Buluh, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)