Light Dark

Sandiaga Uno Rekomendasikan Masyarakat Kunjungi Desa Wisata Cisande Sukabumi

Nasional | 06 Jan 2022, 10:07 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat mencoba panahan tradisional di desa wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sering mengatakan desa wisata bisa menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia. Ribuan desa wisata yang telah ada, termasuk Cisande di Sukabumi, bisa menjadi pilihan untuk berwisata dengan aman dan menyenangkan.

Sandiaga pun menyebutkan beberapa desa wisata yang patut dikunjungi berdasarkan hasil kunjungannya selama 2021 berkaitan dengan Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI. "Saya sudah ke 70 desa wisata, saya lihat ini awalnya program, tapi setelah melakukannya, saya merasa ini perjalanan spiritual," kata dia dalam Instagram Live bersama kantor berita ANTARA, Selasa, 4 Januari 2022, dikutip lewat Tempo.


Advertisement

photoBupati Sukabumi dan rombongan saat dampingi dewan juri ADWI 2021 dan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Cisande - (Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

Berikut adalah desa wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi pada 2022:

1. desa wisata Arborek


Advertisement

Desa wisata ini berada di Raja Ampat, Papua Barat. Keindahan alam bahari menjadi daya tarik utama desa ini. Di sana, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang atau snorkeling untuk melihat kehidupan laut yang indah. Para penduduk di sana pun sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan, mulai penginapan, jasa sewa alat, hingga oleh-oleh.

2. desa wisata Pujon Kidul

Desa wisata di Malang, Jawa Timur, ini memadukan wisata alam dan budaya dengan sangat apik. Wisatawan bisa mendatangi bukit Nirwana saat menunggu matahari terbit atau pergi ke Kampung Budaya untuk melakukan kegiatan bermain gamelan, belajar tari tradisional, dan membuat batik tulis.

Wisatawan juga bisa mampir ke The Roudh 78 untuk bermain paintball atau mencoba motor trail. Desa ini juga memiliki potensi agrowisata yang menarik, seperti kebun buah, tempat pengolahan susu sapi, kebun tanaman obat, kafe sawah, dan lain-lain

3. desa wisata Selasari, Pangandaran

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Wisatawan bisa menikmati suguhan wisata alam, seperti goa Sutra Reregan, goa Lanang yang jadi tempat susur sungai atau outbond, hingga bukit Pepedan yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Wisatawan juga bisa menikmati berbagai kesenian khas di sana, seperti tari Ronggeng Gunung dan atraksi Lebon. Desa itu juga memiliki bank sampah yang bisa ditiru desa lain.

4. desa wisata Cisande, Sukabumi

Desa wisata di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, ini memiliki potensi wisata alam yang menarik bagi para petualang. Ada fasilitas yang cukup menantang seperti river tubing, trekking di bukit, dan flying fox.

Selain itu, desa wisata ini menawarkan wisata edukasi pertanian dan peternakan. Wisatawan bisa belajar cara membudidayakan ikan lele dan ikan hias atau belajar bercocok tanam.

5. desa wisata Penglipuran, Bali

Desa wisata ini tak boleh dilewatkan dikunjungi saat ke Bali. Sebab, berkunjung ke desa yang pernah dinobatkan menjadi salah satu desa terbersih di dunia ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Wisatawan akan merasakan suasana yang sejuk sekaligus tenang selama berada di sana. Ada hutan bambu seluas 45 hektare yang berfungsi sebagai resapan air dan terus dilestarikan agar alam tetap seimbang. Wisatawan juga bisa melihat ritual keagamaan yang masih terus berlangsung hingga saat ini. desa wisata Penglipuran pun memiliki kuliner khas seperti loloh cemcem dan tipat cantok.

SUMBER: TEMPO

Koleksi Video Lainnya:

Sukabumi Punya Cimol, Tren Baju Bekas Lewat Thrifting

Walikota Bekasi Rahmat Effendi Terjaring OTT KPK

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur