7 Alasan Mengapa Merek Dagang Sangat Penting dalam Bisnis

Senin 03 Januari 2022, 16:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai bisnis di industri apapun pastilah mengharapkan adanya keuntungan. Namun, sebelum itu, para pemilik harus memiliki Merek Dagang untuk usahanya. 

Merek dagang bisa berupa kata, nama, simbol, logo, slogan atau elemen lainnya yang dijadikan sebagai identitas. 

Keputusan konsumen dalam pembelian juga bisa dipengaruhi oleh label tersebut. Maka dari itu, merek dagang memiliki peran yang sangat penting dalam suatu bisnis. 

Merek Dagang

photoIlustrasi Brand atau Merek Dagang | Sumber: Freepik</span

Merek dagang atau trademark merupakan salah satu bagian dari Hak Kekayaan Industri (Industrial Property Rights) dan termasuk ke dalam Kekayaan Intelektual. 

Pemilik merek dagang dapat berbentuk perorangan, organisasi bisnis atau badan hukum apapun. 

Setiap pemilik bisnis menyadari pentingnya merek dagang dan akan berusaha melindungi apa yang menjadi kekayaan intelektual mereka. 

Merek dagang tersebut dapat berupa gambar, nama, kata, angka, huruf, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang digunakan dalam kegiatan bisnis baik perdagangan produk maupun jasa. 

Alangkah lebih baik, merek dagang harus didaftarkan ke pemerintah melalui DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan mendaftarkan merek dagang, kamu memiliki hak untuk mencegah dan melarang siapapun untuk memakai merek yang sama dengan yang telah didaftarkan tersebut, terutama bagi produk atau jasa dengan jenis sama. 

Tanpa disadari, setiap hari pasti kamu menemukan merek dagang, baik itu di jalan, televisi, media sosial dan lainnya.

Secara tidak langsung, merek dagang tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri, contohnya tanda centang menandakan simbol suatu perusahaan produk olahraga asal Amerika Serikat, buah apel tergigit terkait dengan produk buatan perusahaan teknologi raksasa dunia, keranjang belanja berwarna orange untuk salah satu marketplace terbesar dan masih banyak lainnya.

Pada tingkat tertentu, merek dagang dan reputasi yang diwakili merek tersebut dapat mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian. 

Maka dari itu, merek dagang merupakan aset yang sangat penting bagi para pelaku bisnis, karena dapat membantu mengembangkan bisnis mereka. 

Berikut, tujuh alasan mengapa merek dagang sangatlah penting bagi suatu bisnis atau perusahaan.

1. Alat Komunikasi Efektif

Merek dagang dapat menyampaikan pesan intelektual dan emosional tentang suatu bisnis, baik untuk pemilik, maupun bisnis yang dijalankannya, termasuk produk, layanan serta reputasi bisnis tersebut.

Dengan adanya merek dagang, beberapa hal yang ingin disampaikan pelaku bisnis kepada publik terutama para konsumen, dapat tersaji dengan baik. Oleh karena itu, merek dagang menjadi alat komunikasi yang efektif.

2. Aset Berharga

Seiring berjalannya waktu, merek dagang akan menjadi lebih berharga. Semakin bisnis tersebut tumbuh, semakin berharga pula mereknya. 

Merek dagang adalah aset properti layaknya real estate yang dapat dibeli, dijual, dilisensikan (menyewakan atau disewakan). 

Contohnya, teh Sariwangi yang awalnya dimiliki oleh PT. Sariwangi Agricultural Estate Agency, dijual kepada Unilever Indonesia. 

Merek Sariwangi tersebut dijual kepada Unilever Indonesia pada tahun 1989, setelah pemilik sebelumnya mengalami pailit. 

Merek dagang juga dapat membantu upaya untuk ekspansi dari satu industri ke industri lainnya.

3. Memudahkan konsumen

Di tengah persaingan yang ketat dalam dunia bisnis, merek dagang menjadi pembeda identitas bisnis antara satu dengan lainnya. 

Merek dagang dapat menjadi alat komunikasi komersial yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Selain untuk membuat produk, merek dagang berfungsi juga sebagai ciri bisnis agar dapat lebih menonjol daripada kompetitornya.

Ketika konsumen melihat suatu merek dagang, mereka dapat mengidentifikasi seperti apa bisnis tersebut dan bagaimana reputasinya. 

Apabila bagus, ada kemungkinan mereka tidak akan melirik lagi merek lain. Oleh sebab itu, merek dagang dapat memudahkan konsumen dalam pencarian terhadap produk tertentu, serta menjadi salah satu faktor penting yang mendorong keputusan konsumen untuk membeli.

Saat ini, keberadaan internet mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Banyak orang berbondong-bondong untuk turut memperbarui cara berbisnis, yang awalnya dari tradisional ke modern. 

Merek dagang menjadi hal pertama yang konsumen ketik di mesin pencari atau platform media sosial. Tentu saja, tujuannya agar konsumen dapat menemukan produk yang mereka inginkan. 

4. Penanda Identitas yang Unik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa merek dagang dapat berupa warna, huruf, simbol, dan lainnya. 

Konsumen tidak perlu membaca kata-kata untuk mencari tahu apa artinya. Satu pandangan seharusnya dapat memberitahu calon konsumen terhadap suatu produk. 

Misalnya, huruf ‘M’ berwarna kuning sebagai simbol salah satu restoran siap saji. Meski tanpa banyak kata-kata yang bisa dibaca, tetapi kebanyakan orang bakal mengetahui tentang merek itu.

5. Tanda Standar dan Kualitas

Merek dagang dapat menyampaikan standar dan kualitas produk tertentu yang dapat dengan mudah diidentifikasi oleh konsumen. 

Misalnya, ketika konsumen melihat logo Rolex ataupun Chanel, konsumen sudah dapat mengetahui bahwa keduanya merupakan produk mewah kelas atas dengan kualitas yang sangat baik. 

Walaupun suatu merek dagang memiliki logo yang mirip dan hampir sama, tetapi bila produknya tidak sesuai dengan yang calon konsumen inginkan, maka kualitas dari merek tersebut akan sedikit diragukan. 

Selain itu, merek dagang juga penting untuk melindungi kualitas yang diwakilkan dari produk. Tentunya, hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

6. Manfaat Finansial

Merek dagang dapat menambah nilai dan pengakuan bagi para pelaku bisnis. Pelaku bisnis dengan merek dagang yang memiliki reputasi baik dapat mendapatkan banyak keuntungan secara finansial dari bisnisnya.

Jika merek dagang sudah diketahui banyak orang, maka akan lebih mudah untuk membangun kerjasama bisnis dengan pihak eksternal. guna mengembangkan perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan.

7. Memudahkan Bisnis untuk berkembang

Merek dagang memiliki dampak yang sangat positif bagi sebuah perusahaan, hal tersebut akan memudahkan bisnis atau usaha kamu mendapatkan mitra dan kolaborator. 

Merek dagang bisa menjadi jalan untuk suatu bisnis berekspansi dari industri yang satu merambah ke industri lainnya. 

Misalnya, sebuah merek terkenal, handal dalam membuat produk olahraga. Suatu ketika, merek tersebut ingin mengembangkan bisnisnya dengan membuat produk di bidang lain.

Disisi lain, banyak orang atau konsumen setia akan tetap percaya serta menantikan berbagai inovasi yang dihadirkan oleh perusahaan tersebut. 

Merek dagang menawarkan berbagai manfaat bagi konsumen maupun produsen. Tidak mengherankan, banyak pemilik bisnis begitu menjaga dan melindungi merek dagang mereka dari kemungkinan tindakan penyalahgunaan bahkan kejahatan.

Untuk mendaftarkan merek dagang, dibutuhkan beberapa prosedur yang mesti dipenuhi, biaya yang beragam, juga tergantung beberapa aspek dalam bisnis tersebut seperti bentuk usaha, jangka waktu dan sebagainya.

Writer: Fanny Kartika

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life08 Mei 2024, 19:15 WIB

7 Langkah yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Menghindari Memanjakan Anak

Membesarkan anak yang tidak manja berarti kita menikmati kebersamaan dengan mereka dengan lebih sedikit konflik dan lebih banyak kesenangan.
Ilustrasi menghindari memanjakan anak (Sumber : pexels.com/ @PolesieToys)
Sehat08 Mei 2024, 19:00 WIB

Mengenal Apa Itu Penyakit Jantung: 5 Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.
Ilustrasi seseorang terkenan serangan jantung - Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.. (Sumber : Freepik/jcomp)
Jawa Barat08 Mei 2024, 18:45 WIB

Jamin PPDB Jabar 2024 Bersifat Terbuka dan Adil, Pj Gubernur: Tak Ada ‘Titip Titipan’

Pendaftaran PPDB Jabar 2024 tahap 1 dimulai tanggal 3 Juni 2024. Pemprov Jabar deklarasikan bersih, berkualitas, dan berintegritas.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berbincang dengan pelajar saat acara Kick Off Penerimaan PPDB 2024 (Sumber : Biro Adpim Pemprov Jabar)
Sukabumi08 Mei 2024, 18:23 WIB

Keluarga Akui Tidak Tahu Ibu Pembuang Bayi di Sukabumi Hamil Sepulang dari Dubai

Bayi laki-laki baru dilahirkan yang ditemukan warga telah resmi diserahkan kepada pihak keluarga dari ibu sang bayi oleh pihak Puskesmas dan Forkopimcam Gunungguruh Kabupaten Sukabumi
Penyerahan bayi ke pihak keluarga di Puskesmas Gunungguruh Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life08 Mei 2024, 18:15 WIB

Bunda Perlu Tahu, 7 Tips Mengajari Balita Tata Cara Makan yang Baik

Ingatkan balita bahwa tata krama makan yang baik, seperti tata krama pada umumnya, seperti bersikap hormat dan menunjukkan rasa terima kasih atas suatu makanan
Ilustrasi tata cara makan yang baik pada balita (Sumber : pexels.com/@AlexGreen)
Life08 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Selain doa, dalam sholat Tahajud, dianjurkan untuk membaca beberapa ayat Al-Quran, baik itu surat-surat pendek maupun ayat-ayat yang lebih panjang.
Ilustrasi - Doa setelah shalat tahajud. (Sumber : via muslimvillage)
Life08 Mei 2024, 17:45 WIB

8 Tata Krama Ketika Makan yang Dapat Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

Anak-anak perlu diajari tata cara makan di meja makan saat dirumah maupun di luar rumah, agar hal ini membuat mereka terbiasa dengan kebiasaan baik.
Ilustrasi cara mengajari tata krama makan kepada anak (Sumber : pexela.com/@AlexGreen)
Sukabumi08 Mei 2024, 17:35 WIB

Ada Alumni, 10 Remaja Jadi Tersangka Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi tetapkan 10 remaja jadi tersangka duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo saat menunjukan barang bukti dan para tersangka duel maut pelajar SMP. (Sumber : Istimewa)
Keuangan08 Mei 2024, 17:33 WIB

Kebanyakan Swasta, Jawaban Pemerintah Soal Gaji Dosen di Bawah Rp3 Juta

Menurut hasil penelitian SPK, meski memiliki tanggung jawab yang besar, mayoritas dosen masih berpenghasilan di bawah Rp 3 juta pada kuartal pertama 2023.
Ilustrasi dosen (Sumber: freepik)
Life08 Mei 2024, 17:30 WIB

Anak Jangan Sering Dimarahi Bund! Ini 7 Efek Psikologi yang Sangat Serius

Anak yang sering dimarahi akan berdampak pada psikologisnya.
Ilustrasi. Anak yang sering dimarahi akan berdampak pada psikologisnya. | Foto : pixabay.com/RudyandPetterSkitterians