Light Dark

5 Tips Foto dengan Smartphone untuk Abadikan Momen Tahun Baru

Gadget | 31 Dec 2021, 12:15 WIB
(Ilustrasi) Tips foto tahun baru. | Getty Images

SUKABUMIUPDATE.com - Foto digunakan untuk mengabadikan momen tertentu, salah satunya malam Tahun Baru. Tahun Baru menjadi salah satu momen indah yang terjadi sekali setiap tahunnya.  Agar terlihat maksimal, terdapat beberapa Tips Foto yang bisa dicoba.

Tidak perlu menggunakan kamera mahal, kamu bisa mengabadikan momen indah tersebut berbekal smartphone. Dengan tips yang akan diulas dibawah, hasil jepretan kamera smartphone akan terlihat keren.


Advertisement
photo(Ilustrasi) Kembang api tahun baru. - (Wikipedia)

Apa saja Tips Foto di momen malam tahun baru? untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini.


Advertisement

Baca Juga :

1. Gunakan Tripod

Tripod merupakan perangkat tambahan yang dibutuhkan untuk fotografi, khususnya pada Smartphone. Alat ini berfungsi untuk menyangga smartphone agar stabil dan tidak goyah.

Momen Tahun Baru biasanya disertai dengan kembang api yang menghiasi langit malam. Momen tersebut merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh penikmat malam tahun baru.

Dengan menggunakan tripod, kamu bisa memotret kembang api di langit pada malam Tahun Baru tanpa khawatir blur, karena jepretan pada smartphone memerlukan jeda sepersekian detik.

2. Pilih Mode Landscape

Smartphone saat ini memiliki beberapa fitur fotografi yang bisa membantu kamu untuk menangkap gambar. Salah satu fitur yang dapat digunakan pada momen Tahun Baru adalah mode landscape.

Mode landscape pada smartphone dapat membuat hasil bidikan terlihat luas. mode landscape juga dapat memudahkan kamu untuk menentukan titik fokus pada objek.

3. Gunakan Lensa Ultrawide dan Mode Panoramic

Agar momen Tahun Baru disekitar bisa tertangkap lebih luas, kamu juga bisa menggunakan lensa ultrawide yang tersedia pada beberapa smartphone berlensa lebih dari satu. biasanya lensa ini bisa membidik gambar hingga cakupan 120 derajat.

Untuk kamu yang miliki smartphone berlensa tunggal tidak perlu khawatir, karena bisa menggunakan mode panoramic. mode ini ada yang tersedia secara default ataupun harus memanfaatkan aplikasi tambahan.

Baik lensa ultrawide dan mode panoramic hanyalah pilihan opsional, namun patut dicoba jika ingin mendapatkan foto dengan bidikan yang luas.

4. Jangan Gunakan Flash

Penggunaan flash pada malam hari sejatinya disarankan untuk penerangan. Namun pada momen pergantian tahun baru, sebaiknya tidak perlu menggunakan flash. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi polusi cahaya yang bisa mengurangi kenaturalan malam tahun baru.

Selain itu, flash juga kurang disarankan jika objek yang akan dibidik berjarak jauh. Apalagi kamu ingin memotret kembang api di langit. Jika cahaya kembang api beradu dengan flash pun, hasil foto justru menjadi gelap.

5. Pilih ISO Rendah

Pengaturan ISO yang baik adalah menyesuaikan dengan kondisi objek yang akan dipotret. ISO tinggi meningkatkan sensitivitas kamera sehingga detail objek terlihat jelas meski dalam kondisi gelap.

Jika kamu ingin memotret kembang api, sebaiknya turunkan ISO. Hal ini dikarenakan cahaya kembang api cukup cerah.

ISO rendah juga berguna untuk menghindari paparan cahaya berlebih dan mengurangi noise. Disarankan gunakan ISO 100 atau lebih rendah dari itu.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri