Light Dark

Jarang Diketahui! 4 Fitur Tersembunyi Microsoft Excel Ini Wajib Dicoba

Komputer | 28 Dec 2021, 06:00 WIB
(Ilustrasi) Microsoft Excel memiliki beberapa fitur yang bermanfaat namun jarang diketahui. | wallpapercave.com

SUKABUMIUPDATE.com - Microsoft Excel, Aplikasi ini memiliki Fitur yang digunakan untuk mempermudah perhitungan dan pengolahan data angka dan numerik.

Microsoft Excel menghadirkan berbagai Fitur yang menarik dan bermanfaat. Salah satu fitur Microsoft Excel yang cukup terkenal adalah Formulas dan Functions atau yang biasa kita kenal sebagai rumus excel.

Fitur tersebutlah yang banyak membantu pengguna dalam pengolahan data dan perhitungan dengan cepat dan otomatis.


Advertisement

Meski begitu, rupanya terdapat beberapa Fitur lain yang jarang pengguna ketahui namun memiliki Fitur yang tidak unik dan bermanfaat dibandingkan Formulas dan Functions. Fitur apa sajakah itu? Berikut fitur Microsoft Excel yang jarang diketahui:

1. Duplicate Delete

photoDuplicate Delete. - (educba.com)


Advertisement

Di dalam Microsoft Excel, akan muncul garis berwarna apabila telah mengcopy atau menduplikat data. Garis tersebut muncul pada data yang telah di copy.

Garis yang muncul pada data tersebut sering kali dianggap mengganggu sebagian masyarakat. Untuk menangani masalah tersebut, Microsoft Excel rupanya sudah menyediakan Fitur untuk menghapus garis tersebut.

Fitur tersembunyi untuk pertama kali muncul pada Microsoft Excel 2007. Untuk menghapus duplikat, pilih data yang bergaris warna. Di bawah data, pilih tombol hapus duplikat.

Baca Juga :

2. Slicers

photoSlicers. - (excel-easy.com)

Slicers merupakan Fitur tersembunyi Microsoft Excel yang berfungsi sebagai filter visual. Dengan Fitur ini, pengguna dapat memvisualisasikan sub kumpulan data sebagai bagan yang terhubung atau sebagai data mentah.

Contohnya jika kamu ingin menunjukkan tren penjualan berbagai produk, kamu dapat membuat grafik tren penjualan interaktif menggunakan Fitur ini.

3. Flash Fill

photoFlash Fill. - (educba.com)

Flash Fill merupakan Fitur tersembunyi Microsoft Excel yang dapat secara otomatis mengisi kolom/baris dengan cara mendeteksi pola yang diikuti di excel.

Fitur ini pertama kali muncul pada Microsoft Excel 2013. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu mengetikkan data satu per satu pada setiap kolom, karena dengan Fitur ini pengguna dapat mengisi kolom dengan cepat dan otomatis.

4. Sparklines

photoSparklines. - (educba.com)

Fitur tersembunyi Microsoft Excel yang terakhir adalah sparklines. Sparklines ini berguna untuk merepresentasikan visualisasi untuk tren di seluruh data secara berturut-turut. Dengan Fitur ini, pengguna dapat menghemat ruang pada lembar kerja.

Sumber: suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri