Sering Terjadi! Ini 6 Penyebab Mesin Diesel Sulit Menyala

Minggu 26 Desember 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mesin diesel dikenal memiliki torsi yang besar dan irit bahan bakar. Maka dari itu, produsen otomotif kerap menghadirkan produk kendaraan dengan mesin tersebut karena besarnya minat konsumen.

Mesin diesel memiliki karakter yang berbeda dengan jenis mesin bensin, sehingga permasalahan yang dihadapi pun menjadi berbeda.

Untuk masalah yang kerap dialami bermesin diesel yaitu mesin yang sulit hidup. Hal itu karena mesin jenis ini memiliki efisiensi termal yang tinggi dibandingkan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar lain.

Jika kamu memiliki masalah serupa, berikut beberapa penyebab mesin diesel sulit dihidupkan yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga :

1. Tekanan Kompresi Rendah

photo(Ilustrasi) Mengukur tekanan kompresi - (via bigblockmopar.nl)</span

Mesin diesel adalah jenis mesin pembakaran dalam atau terbakar dengan sendirinya tanpa harus memunculkan percikan api (Self Combustion Burning).

Hal itu karena solar memiliki titik nyala yang kecil, dan tekanan kompresi akan menghasilkan suhu udara yang lebih tinggi dari titik nyala solar sehingga bahan bakar akan otomatis terbakar oleh panasnya suhu di dalam ruang bakar.

Bila tekanan kompresi menurun akan menyebabkan suhu saat pemadatan ikut menurun, Hal ini akan menjadikan bahan bakar solar sulit terbakar sehingga mesin menjadi susah dihidupkan.

Tekanan kompresi menurun disebabkan karena adanya kebocoran pada mesin sehingga masa udara di dalam ruang bakar menjadi berkurang saat langkah kompresi.

Kebocoran tersebut bisa disebabkan karena dinding silinder yang mengalami aus, ring kompresi yang aus, adanya kerusakan pada seal injector atau klep yang tidak tertutup rapat.

2. Masalah pada Turbocharger

photo(Ilustrasi) Turbocharger - (Pixabay.com Janbarkmann)</span

Mesin diesel sekarang telah banyak yang menggunakan teknologi turbo dengan pengaturan khusus (VCDI, VGT, VNT), teknologi turbo ini biasa ditemukan di mobil SUV bermesin diesel.

Fungsi dari teknologi ini yaitu untuk mengontrol pasokan udara supaya tidak mengalami underboost ataupun overboost di tiap kondisi mesin.

Jika turbo ini bermasalah, maka akan mengganggu kinerja mesin. Biasanya masalah yang sering timbul yakni underboost atau suplai udara yang kurang akibat turbo vane yang bekerja sebagai pengatur boost pressure turbo tidak terbuka.

3. Masalah pada Busi Pijar

photo(Ilustrasi) Busi pijar pada mesin diesel - (via dorkingservice.co.uk)</span

Busi pijar atau biasa disebut glow plug berfungsi untuk meningkatkan suhu di dalam ruang bakar agar melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran.

Jika terjadi masalah pada komponen ini, akan menyebabkan suhu akhir solar yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar tidak mencapai titik bakar dan menyebabkan gagalnya proses pembakaran.

Busi pijar ini sangat diperlukan ketika mesin dalam keadaan dingin seperti saat pagi hari. Namun, jika suhu mesin normal masalah busi pijar ini tidak akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Untuk mengetahui busi pijar bermasalah, kamu harus memeriksa arus yang yang menuju ke busi pijar. Jika ternyata arus tidak ada maka kamu harus melepas komponen itu satu persatu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. 'Masuk Angin'

photo(Ilustrasi) Saluran bahan bakar mesin diesel - (via wuling.id)</span

Masuk angin pada mesin diesel adalah kondisi ketika terdapat udara pada saluran bahan bakar yang menghambat aliran solar ke ruang bakar.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena penggantian filter solar atau kendaraan pernah mengalami kehabisan bahan bakar sehingga menyebabkan udara masuk ke dalam saluran bahan bakar.

Jika mengalami kondisi ini, hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu memastikan saluran bahan bakar tidak mengalami kebocoran dan tangki bahan bakar terisi solar.

Kemudian, kendorkan baut nepel angin pada tabung sedimenter, lalu pompa solar secara manual hingga solar keluar bersama udara. Lakukan hal ini hingga tidak ada lagi buih yang keluar bersama solar. Setelah itu kencangkan kembali baut nepel angin.

Namun, jika kamu merasa kurang yakin melakukannya, kamu lebih baik membawanya ke bengkel agar ditangani oleh tenaga ahli.

5. Tekanan Bahan Bakar yang Kurang

photo(Ilustrasi) Bagian silinder mesin diesel - (via en.wikipedia.org)</span

Mesin diesel konvensional maupun commonrail sama-sama memerlukan tekanan bahan bakar agar solar dapat keluar dari injector. Tekanan bahan bakar solar ini mencapai 2000 kg/cm2, maka tak heran pada mesin diesel kita sering melihat selang bahan bakar berbahan besi.

Prinsip kerja bahan bakar diesel ini yaitu membuka nozzle yang ada di injektor saat langkah usaha sehingga solar bertekanan tinggi keluar dalam bentuk kabut tipis.

Jika tekanan bahan bakar kurang maka akan menyebabkan bahan bakar tidak mampu melawan tekanan kompresi yang tinggi sehingga bahan bakar tidak keluar, jika berhasil keluar pun tidak dalam bentuk kabut tipis.

Tekanan bahan bakar yang menurun bisa disebabkan kerusakan pompa injeksi. Pompa ini biasanya berada sebelum injector dan terletak di blok mesin atau dibelakang kepala silinder.

Selain itu, injektor yang jebol juga bisa menjadi pemicu tekanan bahan bakar menurun. Injektor jebol ini dapat disebabkan karena tidak kuat menahan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi.

Perlu diketahui, jika injektor pada mesin diesel commonrail dan diesel konvensional itu berbeda baik dari komponen maupun cara kerjanya, sehingga penanganan masalahnya pun tentu akan berbeda.

Jika terjadi masalah pada komponen ini, lebih baik kamu langsung menyerahkannya pada mekanik yang berpengalaman supaya tidak memperparah kerusakan.

6. Baterai Lemah

photo(Ilustrasi) Baterai - (YouTube eybel adnan)</span

Sistem starter pada mobil bermesin diesel juga menggunakan aki sebagai sumber daya untuk menggerakan dinamo starter. Jika voltase aki lemah tentu saja akan menyebabkan dinamo starter tidak mampu memutar mesin karena suplai tenaga dari aki yang kurang.

Untuk itu, sangat penting juga merawat aki mobil kamu agar tetap prima dan tidak menimbulkan masalah pada kendaraan kamu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)