10 Tahun Berkarya, The Beatles Bertahan Dalam Perkembangan Musik

Sabtu 25 Desember 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musik karya The Beatles hingga saat ini selalu menjadi inspirasi bagi para musisi dunia dalam berkarya di dunia permusikan. 

Tak diragukan lagi, Band asal Liverpool ini melahirkan karya-karya musik brillian yang tak habis dimakan oleh waktu.

Baca Juga :

Tak sedikit,  para musisi dunia saat membuat karya lagu, mereka terinspirasi dari lagu-lagu The Beatles, bahkan ada yang terdengar sama persis.

Sejarah Awal The Beatles dan Kesuksesan

Grup band asal Liverpool, Inggris ini lahir tahun 1960 dengan formasi awal yang terdiri dari lima personil, yaitu: John Lennon (vokal gitar), Paul McCartney (vocal), George Harrison (gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (drum).

The Quarrymen nama pertama band ini, saat John masih usia 16 tahun lalu masuklah keempat temannya.

Mulai dari The Beatles, The Beatles, Johnny and the Moondogs, Long John and The Beatles dan The Silver Beatles, akhirnya mereka memutuskan dengan nama The Beatles.

Beberapa kali manggung di Liverpool, Allan Williams manajer pertama The Beatles mempersiapkan band ini untuk manggu di cafe-cafe yang ada Hamburg, Jerman.

Tahun 1962 The Beatles akhirnya konsisten dengan empat personilnya. Ringo Starr masuk menggantikan Pete Best yang kurang mahir menurut produser rekaman mereka yaitu George Martin, dalam memukul drum dan Sutcliffe meninggal dunia akibat pendarahan otak. 

Brian Epstein yang kemudian menjadi manajer band ini, melakukan penawaran ke label-label di Britania Raya.

Beberapa kali ditolak, akhirnya berhasil menandatangani kontrak bersama label Parlophone EMI, Inggris dan rekaman di Studio Abbey Road.

Sukses di Inggris setelah memuncaki tangga lagu nomor satu. The Beatles melakukan debut panggungnya di Amerika Serikat, yang sebelumnya tertunda selama hampir satu tahun.

4000 penggemarnya berkumpul melambaikan tangan saat pesawat yang membawa grup band tersebut lepas landas.

Sebelum mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy New York City, The Beatles sudah ditunggu 3000 orang untuk menyambut kedatangan idolanya.

Tidak hanya panggung off air seperti di Washington Coliseum dan Carnegie Hall, band asal Inggris ini manggung di acara televisi The Ed Sullivan Show.

Popularitas yang sangat cepat dapatkan, mengantarkan mereka ke beberapa negara seperti Denmark, Belanda, Hongkong, Australia dan Selandia baru untuk datang dan menghibur para penggemarnya.

Berikut ini Daftar Album The Beatles selama 10 tahun berkarya:

1. Please Please Me

photoPlease Please Me - (Pinterest)

Album pertama ini dirilis pada 22 Maret 1963.Berisikan 14 materi dengan kesuksesan dua single lagu mereka yaitu Love Me Do dan Please Please Me.

Album ini membawa The Beatles populer dengan cepat di Inggris dan menduduki puncak tangga lagu Record Retailer selama 30 minggu.

2. With The Beatles

photoWith the Beatles - (Pinterest)

Rilis delapan bulan setelah album pertama, With The Beatles menduduki tangga album selama 21 minggu menggantikan Please Please Me.

Dari sampul album ini, banyak band yang menirunya hingga sekarang.  Sedikit masalah muncul, karena di Australia sampul dari With The Beatles berbeda, hingga John Lennon cs merasa keberatan.

3. A Hard Day’s Night

photoA Hard Days Night - (Pinterest)

Album ketiga The Beatles ini diluncurkan pada 10 Juli 1964, dan menjadi soundtrack dari film mereka.

Judul album ini merupakan ciptaan Ringo Starr yang tidak disengaja. Berawal dari komentar spontan dari Ringo untuk John.

A Hard Day’s Night menjadi nomor lima pada daftar 100 Greatest British Albums Ever versi majalah Q. Album ini berisi 13 lagu yang tulis oleh John dan Paul.

4. Beatles for Sale

photoBeatles for Sale - (Pinterest)

Pada empat Desember 1964, rilis album keempat The Beatles oleh band rock asal Inggris.

Di dalam buku Critics Choice karya Paul Gambaccini, Beatles for Sale menduduki peringkat album terbaik ke 71.

Album ini menandai perubahan nada yang selama ini menjadi ciri khas The Beatles. Para kritikus menggambarkan album ini seperti mengandung sinisme yang menggambarkan The Beatles sebagai produk yang akan dijual.

5. Help!

photoHelp! - (Pinterest)<

Album kelima milik grup band Britania Raya ini, berisi 14 lagu sekaligus menjadi soundtrack dari film dengan judul yang sama.

Dirilis enam Agustus 1965, album ini mempunyai karakteristik musik klasik. Yesterday menjadi lagu The Beatles dari album Help yang paling populer hingga saat ini dan sering di cover oleh musisi lain.

Help menduduki tangga lagu Australia, Jerman, Amerika Serikat dan Inggris sekaligus mendapat kritik yang positif.

6. Rubber Soul

photoRubber Soul - (Pinterest)

Diproduksi oleh George Martin, Rubber Soul rilis tiga Desember 1965 dan tercatat hanya dalam empat minggu untuk proses pembuatannya.

Mengusung genre folk rock dibalut unsur pop dan gaya musik soul album ini mencapai keberhasilan secara komersial.

Dalam sembilan hari peluncuran di Amerika Serikat, Rubber Soul terjual 1,2 juta copy.

7. Revolver

photoRevolver - (Pinterest)

Album berjudul Revolver ini mencapai peringkat satu di Inggris dan Amerika, setelah rilis pada lima Agustus 1966. 

Revolver sering dianggap sebagai salah satu album yang paling inovatif dari sisi penggunaan kemajuan teknologi. 

Berisis empat belas lagu, dua diantaranya Tomorrow Never Knows dan Yellow Submarine yang diciptakan oleh Paul untuk anak-anak dengan Ringo sebagai vokal. 

Revolver menjadikan perkembangan musik The Beatles dengan masuk genre psychedelic rock dan mengembangkan daya tarik dari para personilnya terhadap konsep filosofis timur.

8. Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band

photoSgt Peppers Lonely Hearts Club Band - (Pinterest)

Album kedelapan ini rilis pada 26 Mei 1967, dari Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. 

Yang paling ikonik dari album ini adalah cover albumnya yang memperlihatkan puluhan orang terkenal secara kolase dan menjadi salah satu cover album terbaik hingga kini.

Musik dalam album ini sangat eksperimental dari para personil The Beatles, seperti di lagu Lucy in the Sky with Diamonds.

9. Magical Mystery Tour

photoMagical Mystery Tour - (Pinterest)

Album mini pertama milik The Beatles, rilis pada lima Desember 1967. Setelah kematian manajer Brian Epstein akibat overdosis.

EP ini sebenarnya untuk mengisi soundtrack film yang judul sama, yang mereka sutradarai sendiri.

Awalnya album ini hanya berisi enam lagu.Kemudian, pihak Parlophone Records merilis ulang dengan sebelas lagu di tahun yang sama di Inggris. Strawberry Fields Forever dan Penny Lane sangat menonjol di album ini.

10. The White Album (The Beatles)

photoThe White Album - (Pinterest)

The White Album dirilis 22 November 1968, dengan cover yang sangat sederhana bernuansakan warna putih.

Album ini didedikasikan untuk mendiang manajer mereka Brian Epstein dan menjadi album pertama yang diluncurkan oleh label Apple Records.

Dalam proses rekaman album ini mengalami kendala seperti, Ringo kurang disiplin yang sering meninggalkan proses produksi dan John Lennon yang sibuk berpacaran dengan Yoko Ono.

Dalam beberapa lagu, Lennon mengkritik materi yang dianggap seperti musik tua. Album ini berisi tiga puluh lagu, di sisi pertama tujuh belas lagu dan tiga belas lagu di sisi kedua.

11. Yellow Submarine

photoYellow Submarine - (Pinterest)

Dirilis awal tahun pada 13 Januari 1969 di Amerika Serikat dan 17 Januari di Inggris. Yellow Submarine menjadi soundtrack sebuah film animasi berjudul sama yang tayang perdana di tahun 1968. 

George Martin sang produser lagu, sangat berkontribusi dalam pembuatan album ini. Horrison mendapat pujian untuk komposisi lagu di album Yellow Submarine sebagai pencipta lagu yang berkualitas.

12. Abbey Road

photoAbbey Road - (Pinterest)

Album Studio ke sebelas ini dibuat pada April 1969, lalu rilis 26 September 1969 di Inggris dan di Amerika Serikat pada satu Oktober 1969.

Abbey Road menjadi titik ketegangan di antara personil The Beatles. Sukses secara komersial, karya terbesar sepanjang masa dan menjadi album terlaris.

Cover album ini sangat terkenal bahkan ditiru oleh musisi lain maupun para penggemarnya, karena menampilkan para personil yang berjalan di jalur zebra cross di lokasi EMI Studios, Abbey Road London.

13. Let it Be

photoLet It Be - (Pinterest)

Album terakhir dari The Beatles ini menjadi penutup dari karya-karya mereka yang sangat brilian dalam bermusik di sebuah grup musik.

Apple Record, sebagai label yang merilisnya pada tanggal delapan Mei 1970. Let it Be berisikan 12 lagu yang diciptakan oleh John Lennon dan Paul McCartney.

Tahun 2003 majalah Rolling Stone, meletakkan album ini di peringkat 86 dari 500 album terbesar sepanjang masa.

Akhir Perjalanan The Beatles

Tahun 1970 menjadi kabar buruk bagi para penggemar grup musik asal Liverpool, Inggris ini. Masalah yang cukup kompleks terjadi pada grup band ini dan pada akhirnya band ini bubar.

Dibalik cerita bubarnya The Beatles adalah karena sudah tidak harmonis hubungan satu sama lain di dalam band.

Kepergian sang manager menjadi titik pertama perselisihan, Paul mengambil alih kendali The beatles dari mulai pembuatan album dan proyeksi film.

Ketiga personil lainnya merasa posisi paul mendominasi. Peraturan yang dibuat pun dilanggar oleh para personil seperti John membawa Yoko ke studio rekaman.

Seiring berjalannya waktu, selera musik setiap personil mengalami perubahan yang sangat berbeda.

John Lennon beralih ke musik eksperimental, Horrison berubah menjadi musik india dan Paul masih bertahan pada musik yang sedang tren.

Ego masing-masing personel membuat susah untuk berkolaborasi dalam menciptakan lagu. Puncaknya, saat Paul dan Lennon saling mencela ciptaan lagu mereka.

Banyak spekulasi bahwa Yoko Ono yang hadir di kehidupan John Lennon, penyebab bubarnya The Beatles karena sering berkomentar dan memberi masukan saat di studio rekaman dan ini membuat personil lain merasa tidak nyaman.

Setelah bubar mereka melanjutkan karir bermusiknya masing-masing dan saling membantu juga.

Paul dengan musik popnya, John Lennon berbagai lagu rock dan balada yang berlirikkan anti perang dan kedamaian.

Harrison yang selalu memainkan musik india dengan lirik kebatinan dan Ringo dengan rock easy listening nya.

Hingga pada akhirnya, John lennon meninggal karena ditembak oleh fans fanatiknya di Amerika Serikat.

George Harrison meninggal setelah berperang dengan penyakit kankernya. Saat ini personil dari The Beatles yang tersisa adalah Paul McCartney dan Ringo Starr.

Karya-karya musik dari The Beatles ini banyak sekali prestasi dan penghargaan yang berlimpah.

Bahkan, hingga sekarang tidak absen mendapatkan penghargaan dan apresiasi dengan tanggapan positif. Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi para musisi muda untuk berkarya. 

Writer: Dwiki Ramadhan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer