Bikin Merinding! Kenali 6 Teknik Penipuan Social Engineering

Rabu 22 Desember 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Social Engineering merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melakukan penipuan pada pengguna internet. Social Engineering mengandalkan faktor psikologis pengguna internet, jika peretas bisa memberikan petunjuk yang meyakinkan maka pengguna internet siap-siap merugi.

Social Engineering sejatinya bukanlah trik kejahatan digital yang menakutkan, namun jika tidak disikapi dengan baik bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi salah satu korbannya.

Teknik ini tidak dapat berdiri sendiri, melainkan mengandalkan beberapa teknik kejahatan digital lain seperti Phising.

Apa saja teknik yang digunakan pada Social Engineering? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak artikel berikut.

1. Phising

photoPhising - (blog.malwarebytes.com)

Salah satu trik kejahatan digital yang sering digunakan pada Social Engineering adalah Phising. Pertama-tama peretas akan mengarahkan pengguna internet ke sebuah link yang nantinya akan menjadi jebakan.

Link yang digunakan untuk menjebak pengguna internet biasanya disebar melalui pesan singkat di aplikasi chat maupun di media social.

Peretas akan menggunakan tulisan yang dapat mempengaruhi psikologis pengguna. Disinilah Social Engineering bekerja. Trik yang paling sering digunakan adalah sebuah link yang disertai dengan gambar seorang wanita cantik. Trik ini biasanya sering menjebak laki-laki.

Bila mengklik link yang disebar tersebut, pengguna akan masuk ke dalam suatu halaman web. Bisa jadi halaman web tersebut terlihat tidak mencurigakan, namun data-data anda pada saat itu sedang terancam.

Selain itu, komputer atau smartphone yang digunakan pun akan disusupi malware yang bisa merusak sistem komputer dan mengambil alih akun yang tersimpan.

Baca Juga :

2. Pretexting

photoPretexting - (osgusa.com)

Pretexting merupakan teknik Social Engineering yang digunakan peretas dengan cara berbicara meyakinkan layaknya seorang ahli.

Melalui teknik ini, peretas akan berbicara dengan lancar dan rapi seperti seorang customer service atau telemarketing.

Teknik Social Engineering sejatinya mirip seperti voice phising, peretas akan menggunakan gaya bicara yang dapat meyakinkan korbannya. Jika korban terbujuk oleh arahan peretas, maka siap-siaplah mengalami kerugian.

Contoh dari pretexting adalah telepon dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan rumah sakit. Peretas akan berperan seolah-olah seorang admin atau dokter dan memberi kabar bahwa anggota keluarganya kecelakaan dan memerlukan tindakan operasi. Lalu si Pelaku akan meminta sejumlah uang kepada korbannya.

3. Baiting

photo(Ilustrasi) Baiting - (segurilatam.com)

Baiting adalah teknik Social Engineering yang mirip dengan Phising. Bedanya, Baiting biasanya memberikan sebuah link beserta sebuah tulisan yang menarik.

Contoh dari baiting adalah sebuah email berisi link dan kabar bahwa korban mendapatkan hadiah lotre sebesar 100 ribu dolar. Kemudian email tersebut akan meyakinkan korbannya untuk melakukan konfirmasi penerimaan hadiah melalui link yang telah disediakan.

Contoh lain dari teknik Social Engineering ini adalah pesan chat yang berisi link untuk mendapatkan kuota 100 GB secara gratis. Pastinya kita menginginkan hal tersebut, namun link tersebut hanyalah tipuan belaka.

Setelah membuka link tersebut biasanya korban akan diminta email dan password yang akan digunakan untuk mengambil alih akun.

4. Quid Pro Quo

photo(Ilustrasi) Quid Pro Quo - (datto.com)

Quid Pro Quo teknik Social Engineering biasanya ditargetkan untuk sebuah perusahaan. Pelaku Social Engineering akan berpura-pura menjadi petugas layanan IT yang bekerja sama dengan perusahaan.

Pelaku tidak bekerja sendiri, mereka akan membentuk kelompok dan melakukan spamming call ke berbagai perusahaan lain.

Para pelaku akan menggunakan gaya bicara yang meyakinkan. Selain itu, pelaku juga akan menawarkan bantuan kepada korban seperti perbaikan atau upgrade sistem IT.

Bisa dikatakan bahwa pelaku yang menggunakan teknik Social Engineering ini memiliki keterampilan IT yang setara bahkan lebih hebat dibanding petugas IT asli.

5. Tailgating

photoTailgating - (losspreventionmedia.com)

Tailgating merupakan teknik Social Engineering dengan cara memata-matai atau membuntuti seseorang yang memiliki otentikasi. 

Contohnya adalah karyawan perusahaan yang masuk ke dalam ruangan khusus dan tidak sembarang orang boleh masuk.

Pelaku akan berpura-pura menjadi petugas ekspedisi pengiriman barang atau berpura-pura menjadi petugas kebersihan perusahaan.

Saat melihat karyawan yang memiliki izin akses masuk ke dalam ruang rahasia tersebut, pelaku akan ikut menyelinap masuk dan bersembunyi di dalamnya. Setelah itu pelaku akan mencuri data-data penting perusahaan.

6. Whaling Attack

photo(Ilustrasi) Whaling Attack - (heimdalsecurity.com)

Whaling Attack adalah teknik Social Engineering dengan mengincar korban yang memiliki jabatan tinggi atau memiliki peran penting di Perusahaan.

Sejatinya, teknik ini mirip seperti Phising namun memiliki target yang berbeda. Korban akan dikirimi email menyerupai email bisnis atau kerjasama antar perusahaan dengan otoritas resmi.

Karena target terbilang spesial, maka pelaku Social Engineering ini membutuhkan lebih banyak penelitian dan perencanaan untuk menjebak targetnya. Pelaku juga harus mengetahui lebih banyak tentang perusahaan yang diincar.

Tips Terhindar dari Social Engineering

Ada beberapa tips agar kamu terhindar dari teknik penipuan Social Engineering, diantaranya:

  • Tidak memberi tahu email, password dan PIN ATM kepada siapapun. Bilamana ada email, SMS dan telepon yang meminta, jangan diberikan.
  • Tidak menyebarkan data pribadi serta foto yang berkaitan dengan data pribadi di internet. Misalnya jika kamu memfoto selfie di depan rumah, pastikan nomor rumahmu disensor.
  • Memiliki beberapa email berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Misal email pekerjaan dan pribadi dibedakan untuk mencegah Phising dan Whaling Attack.
  • Jangan menggunakan wifi publik. Wifi Publik berpotensi disusupi Malware atau mungkin berasal dari peretas yang sengaja mengumpan pengguna internet.
  • Jangan mengangkat telepon dari nomor mencurigakan. Bilamana yang menelpon tidak terdaftar di daftar kontak, lebih baik abaikan, biarkan pihak menelpon mengirimkan pesan singkat terlebih dahulu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12