Pengen Glow Up? Yuk Mulai dari Tahapan Paling Sederhana

Senin 20 Desember 2021, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa sih yang tidak ingin menjadi glow up di masa sekarang ini? Terutamanya kalangan kaum muda nih. Tapi sebelumnya apa sih glow up itu?

Mengutip dari Urban Dictionary, glow up adalah perubahan secara mental, fisik dan emosional menjadi lebih baik. Glow up juga diartikan sebagai transformasi yang luar biasa.

Selain memang dituntut berpenampilan baik dan bagus di depan publik. Biasanya impian glow up ini timbul karena rasa ingin mencuri perhatian gebetan atau pacar, wah benar tidak ya?

Nah untuk itu, berikut adalah rutinitas serta tahapan skincare sederhana bagi pemula yang bisa diterapkan dari sekarang untuk perjalanan glow up-mu!

Baca Juga :

photoIlustrasi Basic Skincare | Sumber: Shutterstock</span

Rutinitas Harian

Pada Pagi Hari

1. Membersihkan Wajah

photoIlustrasi Membersihkan Wajah | Sumber: Pexels.com</span

Pertama-tama, rutinitas harian yang dapat kalian lakukan adalah membersihkan wajah atau cleansing. Ini adalah tahapan paling dasar dalam skincare, gunanya untuk membersihkan debu, kotoran, ataupun sisa-sisa make up yang masih menempel di kulit. Dengan begitu pengaplikasian produk skincare lainnya akan maksimal.

Pada tahap cleansing ini, kalian dapat membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka (facial wash), cleansing oil, ataupun micellar water. Usahakan cari produk yang sesuai dengan jenis kulitmu ya.

2. Memakai Moisturizer

Setelah cleansing, ada pengaplikasian moisturizer atau pelembab. Tahapan ini berguna untuk menjaga kelembaban serta menghaluskan kulit wajah.

Biasanya, untuk jenis kulit kering, normal, atau kombinasi dianjurkan pelembab yang bertekstur krim. Sementara untuk jenis kulit yang berminyak dianjurkan menggunakan pelembab yang bertekstur gel atau cair.

3. Menggunakan Sunscreen (tabir surya)

photoIlustrasi Sunscreen | Sumber: Pexels.com</span

Tahapan ini sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sebab paparan sinar yang mengenai kulit secara langsung dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penuaan dini pada kulit.

Pada Malam Hari

1. Melakukan Double Cleansing

photoIlustrasi Double Cleansing | Sumber: Pexels.com</span

Tahapan ini hampir sama seperti tahapan membersihkan wajah di pagi/siang hari. Bedanya kali ini menggunakan dua produk dengan bahan yang berbeda.

Pertama, membersihkan wajah dengan cleansing oil/cleansing milk, yaitu pembersih wajah yang berbahan dasar minyak atau susu.

Tahapan pertama double cleansing ini bertujuan untuk mengangkat makeup up dan kotoran pada wajah.

Kemudian, tahap kedua double cleansing adalah dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash/sabun cuci muka, yang bertujuan untuk mengikis sel-sel kulit mati pada lapisan paling luar kulit serta mengangkat kotoran, debu, atau make up yang belum terangkat pada tahap pertama.

2. Mengaplikasikan Serum

photoIlustrasi mengaplikasikan Serum | Sumber: Pexels.com</span

Penggunaan serum pada wajah juga tidak kalah penting, serum sendiri merupakan cairan yang diperkaya dengan bahan aktif seperti antioksidan.

Kegunaan dari pemakaian serum ini adalah memelihara serta meremajakan kulit, menghilangkan kerutan bahkan noda hitam pada wajah.

Adapun cara yang efektif dalam memakai serum, yaitu olesi pada wajah setengah basah/lembab, lalu tepuk-tepuk secara ringan agar serum meresap.

3. Night Cream

photoIlustrasi Mengunakan Night Cream | Sumbrt: Pexels.com</span

Night cream atau moisturizer dapat kita aplikasikan pada malam hari sebelum tidur, gunanya untuk mengunci kelembaban kulit selama tidur. Dengan begitu, keesokan harinya kulit tidak akan terasa kering.

Rutinitas Mingguan

Selain melakukan rutinitas harian, ada pula rutinitas skincare yang dianjurkan untuk dilakukan setiap 1-2 kali seminggu saja.

1. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi ini merupakan tahapan skincare yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan melakukan eksfoliasi, tekstur kulit akan terasa lebih halus.

Selain itu, pemakaian konsisten dan rutin eksfoliasi ini dapat merangsang adanya sel-sel baru untuk tumbuh, produk skincare lainnya akan mudah terserap kedalam kulit apabila eksfoliasi rutin dan konsisten dilakukan.

2. Pemakaian Masker Wajah

Adapun rutinitas mingguan satu ini dapat dilakukan dengan berbagai jenis produk masker, seperti misalnya Clay Mask yaitu masker bubuk, Sheet Mask yaitu masker dengan serum yang dapat ditempel langsung ke wajah, Peel of mask yaitu masker gel yang diolesi ke wajah. Vitamin yang terdapat pada masker dapat meremajakan kulit.

Kebiasaan yang Membantu Proses Glow Up

Selain Skincare Routine di atas, ada juga beberapa kebiasaan yang dapat membantu dirimu glow up lho, antara lain :

1. Biasakan Mencuci Brush Make-up

Mencuci brush make up sangat penting untuk kebersihan wajah, karena setiap kali pemakaian, ada sel-sel kulit mati serta keringat yang berkemungkinan besar dapat menimbulkan jerawat, untuk itu pastikan agar selalu bersih dan kering ya!

2. Cuci Handuk dan Sarung Bantal

Menjaga kebersihan handuk dan sarung bantal juga tidak kalah penting, untuk menghindari jerawat atau rasa gatal, sebab biasanya ada helaian rambut rontok atau sel-sel kulit mati.

3. Biasakan Cuci Tangan

Dari semua kebiasaan, mencuci tangan adalah hal yang paling penting dilakukan, sebab tangan kita mengandung banyak bakteri setelah beraktivitas. Untuk itu, sebelum memegang wajah, atau melakukan tahapan skincare, kita harus memastikan bahwa tangan kita bersih.

Nah, sekian teman-teman rutinitas dan tahapan skincare untuk kamu yang ingin memulai perjalanan glow up, semoga sukses ya!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).