Light Dark

BMKG Bantah Kabar Hoaks Indonesia Bisa Diguncang Gempa 9.5 SR

Cek Fakta | 16 Dec 2021, 20:35 WIB
(Foto Ilustrasi) BMKG membantah kabar hoaks soal akan ada gempa 9.5 SR di Indonesia. | Getty Images

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyebut, beredar informasi keliru lewat aplikasi WhatsApp soal akan adanya gempa bumi maha dahsyat di Indonesia. Informasi ini tersebar melalui tangkapan layar.

Kabar salah tersebut bernarasi bahwa peneliti asing memprediksi Indonesia bisa dilanda gempa maha dahsyat dengan kekuatan mencapai 9.5 Skala Richter. BMKG pun telah membantah informasi ini lewat Facebook resminya pada Kamis, 16 Desember 2021.

"Adakah di antara Sobat yang mendapat pesan melalui grup aplikasi whatsapp seperti di atas? Mimin sampaikan bahwa pesan tersebut hoax atau tidak benar ya," tulis akun Facebook BMKG diiringi unggahan tangkapan layar kabar hoaks tersebut.


Advertisement

photoTangkapan layar kabar hoaks soal akan ada gempa 9.5 SR di Indonesia. - (BMKG)

Baca Juga :

BMKG menyatakan tidak pernah mengeluarkan ataupun menyebarkan informasi itu. "Yuk jadi netizen cerdas dan berakhlak dengan menyaring dan menelaah setiap pesan yang diterima. Hindari menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."


Advertisement

BMKG hanya menyebarkan informasi di kanal-kanal resmi yang telah terverifikasi di antaranya Instagram/Twitter/Facebook/Tiktok: @infoBMKG, website di http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id atau http://web.meteo.bmkg.go.id/, serta melalui aplikasi ponsel iOS dan Android wrs-bmkg atau infobmkg.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur