Light Dark

Cyber Security, Langkah Aman Menikmati Dunia Digital

Aplikasi | 16 Dec 2021, 08:45 WIB
Cyber Security sangat diperlukan untuk menikmati dunia digital. | wallpapercave.com

SUKABUMIUPDATE.com - Cyber Security menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika berhubungan langsung dengan dunia digital. Saat ini internet dapat dengan mudah di akses, namun kemudahan tersebut memberikan potensi serangan siber dengan jumlah yang lebih banyak.

Kemudahan internet tersebut menjadikan beberapa sektor seperti perbankan, kesehatan, pendidikan dan industri mulai menerapkan  digitalisasi.


Advertisement

Demi menunjang keamanan data, maka Cyber Security sangat penting dan perlu untuk diperhatikan. Bisa dibayangkan berapa besar kerugian jika suatu data dapat diretas oleh penjahat siber.

Maka dari itu, masyarakat perlu mengetahui pentingnya Cyber Security untuk keamanan menikmati dunia digital. Untuk mengetahui Cyber Security lebih lanjut, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Cyber Security

photoIlustrasi Cyber Security - (IST)


Advertisement

Cyber Security atau Keamanan Siber adalah praktik melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan dan data dari serangan siber.

Cyber Security merupakan cara yang dilakukan Individu atau Organisasi untuk mengurangi resiko serangan siber.

Tujuan dari Cyber Security adalah melindungi perangkat elektronik yang terhubung dengan internet dari pencurian data atau akses data pribadi secara ilegal dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pentingkah Cyber Security?

photoCyber Security sangat penting di era digitalisasi saat ini. - (IST)

Kita mungkin pernah mengalami pengalaman ketika flashdisk terinfeksi virus (malware). Apa yang terjadi setelah virus menginfeksi? Menjengkelkan bukan?

Hadirnya malware menyebabkan kita kesulitan membuka file yang dibutuhkan, komputer yang terhubung dengan flashdisk pun ikut-ikutan error. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Cyber Security hadir.

Jadi, apakah Cyber Security itu penting? Sangat penting, apalagi saat ini kita sedang berada di era digitalisasi yang rentan akan serangan siber.

Cyber Security sangatlah penting karena Individu, Organisasi, Perusahaan, maupun Pemerintahan melakukan berbagai aktivitas digital seperti mengumpulkan, memproses dan menyimpan sejumlah data yang sebagian merupakan data sensitive berupa kekayaan intelektual, data keuangan dan informasi pribadi .

Apakah OS Windows bajakan yang tersebar di beberapa situs web merupakan hasil serangan siber?

Kemungkinan besar, Ya. Software-software yang tersebar di internet dan bukan berasal dari situs resmi merupakan software bajakan alias hasil pencurian. Jika kamu coba-coba menggunakan software bajakan, gadget mu berpotensi besar disusupi malware.

Maka dari itu, Cyber Security sangat penting untuk diterapkan di berbagai lini kehidupan untuk mencegah pelanggaran privasi dan pencurian data penting.

Baca Juga :

Ancaman Cyber Security

photoCyber Security dapat mencegah ancaman siber. - (Pinterest)

Cyber Security merupakan suatu cara agar penikmat Dunia Digital bisa merasakan keamanan dan terhindar dari berbagai serangan siber. Ada beberapa jenis ancaman Cyber Security, di antaranya sebagai berikut:

1. Phising

Phising adalah praktik pengiriman email penipuan yang menyerupai email dari sumber yang terlihat memiliki reputasi baik. Selain email, biasanya Phising juga menggunakan link mencurigakan yang disebar di internet terutama media social.

Tujuannya adalah untuk mencuri data sensitif seperti nomor kartu kredit dan informasi untuk login pada mobile banking.

Phising merupakan jenis Cyber Attack yang paling umum terjadi. Namun, biasanya sebuah email yang diduga kurang kredibel akan disaring secara otomatis dan masuk ke dalam kotak Spam.

Akan tetapi jika link mencurigakan tersebut disebar di media social, maka tidak ada filter otomatis. Alhasil pengguna media sosial harus lebih berhati-hati.

Untuk mengantisipasi terjadinya Phising, kita tidak boleh asal mengklik tautan yang ada di email atau di media social manapun.

2. Malware

Malware merupakan perangkat lunak perusak. Malware dirancang untuk mendapatkan akses tidak sah atau menyebabkan kerusakan sistem pada komputer.

Beberapa jenis Malware diantaranya:

Virus

Worm

Trojan

Ransomware

3. Social Engineering

Social Engineering adalah taktik yang digunakan peretas untuk menipu Individu atau Organisasi agar mengungkapkan informasi sensitif.

Peretas dapat meminta pembayaran uang atau mendapatkan akses ke data rahasia individu atau organisasi.

Social Engineering dapat digabungkan dengan salah satu ancaman seperti Malware, Ransomware dan Phising.

Ancaman siber ini sejatinya adalah menggiring suatu Individu atau Organisasi untuk mengklik tautan, biasanya pelaku Social Engineering akan membuat sebuah halaman website yang terkesan aman. Kemudian pengguna internet akan diperintahkan mengunduh suatu aplikasi yang terlihat aman namun ternyata mengandung malware.

Manfaat Cyber Security

photoCyber Security dapat mengamankan data pribadi maupun perusahaan. - (IST)

Di zaman yang serba terhubung dengan internet, tentu kita perlu waspada akan serangan siber. Maka dari itu, kita memerlukan Cyber Security. Ada beberapa Manfaat yang didapat dari Cyber Security di antaranya:

1. Melindungi Privasi dan Data Personal

Jika kita menerapkan praktik Cyber Security dengan baik, maka risiko privasi dan data personal kita bocor juga rendah.

Cyber Security yang baik akan mencegah serangan-serangan siber menyerang kita. Sehingga data personal kita tidak akan mudah bocor.

Untuk menciptakan Cyber Security baik di level personal, kita harus melakukan beberapa tindakan diantaranya:

Memasang Antivirus terpercaya pada Smartphone dan Laptop atau Komputer.

Tidak asal menginstal aplikasi, lebih baik instal aplikasi yang berasal dari toko aplikasi resmi yang tersedia.

Tidak asal mengklik tautan yang disebar melalui email, social media dan broadcast chat.

Tidak menggunakan aplikasi bajakan.

Tidak asal memberikan data atau informasi pribadi kepada pihak yang belum kita kenal dengan baik atau tidak terpercaya.

Tidak asal menggunakan jaringan wifi publik.

Memperbanyak pengetahuan terkini tentang Cyber Security.

2. Melindungi Operasional Perusahaan

Manfaat dari Cyber Security selanjutya adalah memberikan perlindungan terhadap suatu bisnis yang dijalankan sebuah perusahaan.

Dengan adanya Cyber Security, maka proses transfer data antar Karyawan akan berlangsung cepat dan aman tanpa khawatir akan adanya gangguan.

Terlebih pada saat ini banyak perusahaan mulai menerapkan konsep ‘Internet of Things’ yang rawan akan serangan siber.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri