MMA: Profil 5 Petarung Indonesia yang akan Tampil di ONE Championship 2022

Rabu 15 Desember 2021, 17:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lima petarung Seni Bela Diri Campuran (MMA) dari Indonesia dijadwalkan akan berlaga pada ajang MMA internasional ONE Championship 2022 meski lokasi dan waktu pertarungan belum ditetapkan oleh pihak penyelenggara kejuaraan.

Berdasarkan keterangan resmi dari ONE Championship, Rabu (15/12/2021), lima petarung Indonesia yang diharapkan bisa meraih hasil terbaik adalah Eko Roni Saputra (Flyweight), Stefer Rahardian (Strawweight), Adrian Mattheis (Strawweight), Priscilla Hertati Lumban Gaol (Atomweight), dan Elipitua Siregar (Flyweight).

Baca Juga :

MMA: 5 Fakta Menarik Kemenangan Oliveira Atas Poirier di UFC 269

Dilansir dari Tempo, berikut kami ulas profil singkat lima petarung MMA terbaik dari Indonesia tersebut:

1. Eko Roni Saputra (MMA: 5-1)

photo Eko Roni Saputra. - (Dok. ONE Championship)</span

Pria berjuluk “Dynamite” ini merupakan juara gulat nasional Indonesia yang telah mempelajari ilmu bela diri sejak berusia 5 tahun. Eko Roni Saputra, yang dibesarkan di Samarinda di pulau Kalimantan, belajar tinju dari ayahnya yang merupakan mantan pelatih tinju.

Seiring waktu, Eko kemudian beralih ke gulat setelah mendapat saran dari orang tuanya dan ia pun mendedikasikan hidupnya dalam disiplin ‘grappling’ ini.

Meski awalnya ragu untuk berganti fokus karena kecintaannya pada tinju, Eko tampil luar biasa dalam gulat dan memenangi berbagai kejuaraan nasional.

Setelah sukses berlaga di atas matras, Eko memutuskan beralih ke MMA, dengan pindah ke Singapura untuk mengikuti turnamen bergengsi Evolve MMA.

Eko melakukan debutnya di Circle ONE Championship pada tahun 2019, dan sejak itu ia telah mencetak rekor kemenangan 5-1 yang membuat dirinya diakui sebagai salah satu petarung MMA kelas flyweight terbaik dalam divisi tersebut.

Eko juga bisa dibilang sebagai bintang MMA terpopuler di Indonesia saat ini namun, pada usia 30 tahun waktu terus berjalan dan Eko harus segera masuk ke dalam daftar jajaran atas divisi flyweight.

Peluang itu bisa datang dengan bertarung melawan bintang Thailand yang sedang naik daun yaitu Yodkaikaew Fairtex yang menawarkan Eko rasio risk-to-reward yang fantastis.

Yodkaikaew telah memenangkan tiga dari empat pertandingan terakhirnya, dengan kemenangan mengesankan atas John Shink, Alex Schild, dan petarung Jepang yang sangat dihormati yaitu Tatsumitsu Wada.

Jika Eko Roni Saputra dapat mengalahkan Yodkaikaew yang merupakan seorang striker berbahaya, itu menandakan kesiapannya untuk menghadapi nama-nama besar di divisi tersebut.

"Saya mau bertarung kembali awal tahun 2022 dan saya akan menjaga momentum kemenangan saya. Walaupun saya di dalam momen kemenangan terus namun itu tidak saya anggap menjadi beban. Saya hanya tinggal terus melanjutkan saja kemenangan demi kemenangan,” kata Eko sebelumnya.

2. Stefer ‘The Lion’ Rahardian (MMA: 9-4)

photoStefer Rahardian. - (tapology.com)</span

Pria berjuluk ‘The Lion’ ini membuat kejutan besar dalam debutnya di panggung global ONE Championship pada tahun 2016.

Stefer memenangkan dua pertarungan sekaligus dalam satu malam untuk merebut gelar ONE Indonesia Flyweight Tournament Championship.

Seorang spesialis Jiu-jitsu Brasil elit yang berlatih di bawah keturunan langsung atlet legendaris Carlson Gracie, Stefer memulai latihannya pada tahun 2008 setelah menghadiri undangan temannya untuk mengikuti sebuah kelas.

Setelah itu, ia menekuni seni bela diri ini dan membuktikan diri sebagai seorang murid berbakat yang bertanding dalam berbagai turnamen Jiu-jitsu Brasildi kawasan Asia Tenggara, dimana ia beberapa kali meraih emas.

Ia kemudian mengubah fokusnya untuk menguji kemampuannya melawan para atlet bela diri terbaik dunia, serta menggunakan kemampuan grappling yang ia memiliki untuk meraih sukses bersama ONE Championship.

Di dalam Circle, ‘The Lion’ adalah salah satu grappler paling berbahaya di divisi ini.

Dengan rekor lima kemenangan submission dari total sembilan kemenangan atas namanya, Stefer Rahardian adalah petarung yang harus diperhitungkan oleh lawannya di ONE Championship.

Kini, setelah absen selama lebih dari dua tahun karena beberapa kali cedera dan masalah kesehatan, serta pembatasan COVID-19 yang menghambat masa latihannya. Stefer dikabarkan semakin dekat untuk kembali ke dalam Circle.

Sayangnya, bagi "The Lion" dia sedang berada dalam fase penurunan performa setelah menelan empat kekalahan dari lima pertandingan terakhirnya. Kekalahan beruntun itu dimulai dengan kekalahan melalui keputusan mutlak dari mantan penantang gelar dunia Rene Catalan.

Sebuah pertandingan ulang antara Stefer dan Catalan akan menjadi luar biasa. Rene Catalan membawa pengalamannya yang luar biasa, setelah menghadapi lima petarung teratas kelas Strawweight dalam tiga pertarungan terakhirnya. Seperti halnya Stefer, bagaimanapun dia juga sangat membutuhkan sebuah kemenangan.

3. Adrian ‘Papua Badboy’ Mattheis (MMA: 9-5)

photoAdrian Mattheis. - (Dok. ONE Championship)</span

Di bawah asuhan pelatih terkenal Indonesia Zuli ‘The Shark’ Silawanto, Adrian ‘Papua Badboy’ Mattheis adalah salah satu talenta di kelas strawweight dengan perkembangan tercepat di ONE Championship.

Petarung fenomenal berusia 28 tahun tersebut melakukan debutnya di ONE Championship pada tahun 2016, dengan kemenangan KO dua lawannya sekaligus pada malam yang sama untuk merebut gelar ONE Strawweight Indonesian Tournament Championship.

Memasuki puncak karirnya, Adrian Mattheis mengatakan bahwa dia siap untuk kembali pada 2022 dan dia merasa luar biasa baik secara fisik maupun mental.

Adrian yang sedang dalam performa terbaiknya saat ini memiliki rekor 9-5 (9 menang dan 5 kalah) dengan torehan empat kemenangan submission dan empat KO dijadwalkan pada tahun 2022 bakal menghadapi Jeremy “The Jaguar” Miado dari Filipina yang telah memenangkan tiga dari empat pertandingan terakhirnya, termasuk dua kemenangan KO atas Miao Li Tao dari China.

4. Priscilla Hertati ‘Thathie’ Lumban Gaol (MMA: 7-5)

photoPriscilla Hertati Lumban Gaol. - (Dok. ONE Championship)</span

Sebagai peraih medali Kejuaraan Dunia Wushu, Priscilla Hertati Lumban Gaol adalah salah satu talenta atomweight terbaik ONE Championship.

Dengan mudah menembus jajaran 10 Besar di divisi tersebut, Priscilla dinilai sangat terampil dan cakap.

Gaya memukul dan bergulatnya terbukti menjadi ancaman bagi sebagian besar lawan yang dihadapinya di dalam Circle.

Priscilla terakhir kali beraksi pada Oktober 2020, dan telah memenangkan empat dari enam pertandingan terakhirnya.

Namun, wanita berusia 33 tahun itu telah menghabiskan waktu jeda yang cukup lama dari kompetisi profesional MMA karena harus fokus menjadi seorang ibu setelah melahirkan putri pertamanya, Bianca Denaya pada awal tahun ini.

Priscilla dituntut harus berlatih keras sebelum kembali ke Circle. Karena pada Tahun 2022, ia dijadwalkan bakal menghadapi petarung asal China, Lin Heqin.

5. Elipitua ‘The Magician’ Siregar (MMA: 4-1)

photo Elipitua Siregar. - (Dok. ONE Championship)</span

Terakhir tapi tidak kalah penting ialah bintang muda Indonesia yang sedang naik daun sebagai petarung MMA bernama Elipitua Siregar.

Pria berjuluk ‘The Magician’ tersebut kini telah siap untuk memasuki panggung ONE Championship

Pada tahun 2022, Elipitua Siregar mendapatkan jatah berlaga dan sesuai rencana bakal menghadapi petarung veteran asal Korea Selatan, Kim Kyu Sung.

Elipitua adalah mantan juara gulat Indonesia yang berasal dari keluarga sederhana. Seorang pemuda yang bermasalah, ia dikirim ke Jakarta oleh keluarganya untuk belajar disiplin dari pamannya dalam bentuk pelatihan gulat.

Tak lama kemudian, Elipitua mulai berkompetisi dan menang di turnamen gulat lokal untuk kemudian meraih penghargaan di tingkat nasional.

Setelah melakukan debut profesionalnya di ajang MMA pada tahun 2018, Elipitua telah menunjukkan empat penampilan impresif di dalam Circle dengan menghabisi semua lawannya. Ia hanya kalah satu kali, tetapi itu tidak mengurangi potensi bintangnya.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola14 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : baliutd.com/Gus Mank).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:29 WIB

Dugaan Sementara Motif Anak Bunuh Ibu Pakai Garpu Sawah di Kalibunder Sukabumi

Soal motif kasus Anak bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi, Polisi bantah isu soal pelaku minta dibelikan motor.
Kapolsek Kalibunder Iptu Taufick Hadian saat menunjukan barang bukti anak bunuh ibu pakai garpu sawah. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:15 WIB

Kandungan Purin Sedang, Pilihan 15 Ikan Laut yang Aman Dikonsumsi Tapi Secukupnya

Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya.
Ilustrasi - Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya. (Sumber : Freepik.com/@Timolina).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:06 WIB

Warga Keluhkan Jalan Ciangsana-Puncak Madura Cicantayan Rusak, Ini Kata PU Sukabumi

Jalan kabupaten ruas Ciangsana-Puncak Madura yang menjadi penghubung dua kecamatan, yakni Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi kondisinya memprihatinkan.
Ruas jalan Ciangsana - Puncak Madura Cicatayan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 18:00 WIB

Mau Rezeki Datang dari Segala Penjuru? Baca Doa Ini Insya Allah Mustajab

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi - Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Jawa Barat14 Mei 2024, 17:41 WIB

Film Vina Viral, Apa Kata Polisi Soal 3 Pelaku Pembunuhan yang Buron

publik ramai-ramai bertanya bagaimana kelanjutan proses pengejaran terhadap 3 pelaku yang masih buron, bahkan salah satunya adalah otak pembunuhan.
Poster film Vina: Sebelum 7 Hari (Sumber: Dee Company )
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 17:38 WIB

DPRD Sukabumi Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Jabar dan Disdik soal Study Tour

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf harap study tour sekolah harus memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Alasan Orang Tua Tidak Boleh Membentak Anak saat Mendidiknya, Ini Bahayanya

Membentak anak bukan cara mendidik yang baik dari orang tua. Tentu ada beberapa alasan kenapa sampai tidak boleh melakukan demikian
Alasan orang tua tidak boleh membentak anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockprojec)
Inspirasi14 Mei 2024, 17:24 WIB

Machiavelli: Perlakukan Rakyat dengan Benar, Maka Mereka Akan Menjadi Milik Anda

Filsuf Italia abad ke-16, Niccolo Machiavelli dikenal dengan pandangan-pandangan politiknya tentang bagaimana caranya seseorang mendapatkan kekuasaan, dan terus melanjutkan kekuasaannya secara efektif.
Niccolo Machiavelli , Filsuf Italia abad ke-16, Penulis buku The Prince (Sang Pangeran) | Foto : SU
Life14 Mei 2024, 17:15 WIB

6 Bahaya Buruk Sering Memukul Anak yang Harus Dihindari Orang Tua

Orang tua harus tahu bahwa kebiasaan sering memukul anak bisa mengundang bahaya buruk saat tumbuh dewasa nanti dan menjadikannya punya dendam kepada kalian
Bahaya buruk sering memukul anak selama mendidik (Sumber : Pexels.com/@MonsteraProduction)