Light Dark

Sebelum Membina, 64 Tutor di Sukabumi Digembleng KMD Pramuka

Sukabumi | 14 Dec 2021, 19:23 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin membuka kegiatan KMD Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin membuka kegiatan Kursus Mahir Dasar atau KMD Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini bertempat di SDN Ciburial Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Selasa, 14 Desember 2021.

Menurut Solihin, ini merupakan inisiatif dari Forum Komunikasi Kelompok Belajar Masyarakat Sukabumi dengan peserta 64 orang dari tutor PKBM se-Kabupaten Sukabumi. "PKBM ini merupakan sekolah non formal, di dalamnya mengelola kesetaraan paket A, paket B, dan paket C," kata dia.


Advertisement
photoKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin membuka kegiatan KMD Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Solihin menyebut, di Kabupaten Sukabumi sudah ada empat PKBM yang sudah memiliki gugus depan. "60 lagi sedang proses," ungkapnya. "KMD merupakan jenjang kursus tingkat pertama, kalau mereka ingin jadi pembina Pramuka. Intinya peserta harus memiliki pendidikan atau kualitifikasi untuk membina."

Ketua panitia pelaksana KMD Dedi Firman Setiawan mengatakan kegiatan ini berlangsung mulai 14 hingga 19 Desember 2021. Peserta merupakan pembina Penegak Pramuka di masing-masing PKBM se-Kabupaten Sukabumi.


Advertisement

"Ini bagian terpenting dan menjadi persyaratan. Setelah kursus, mereka akan menjadi pembina di masing-masing Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM," katanya. "Kegiatan akan diisi dengan materi-materi dari pelatih, juga nantinya ada praktik lapangan."

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur