Dart, Bahasa Pemrograman Canggih Buatan Google

Minggu 12 Desember 2021, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dart merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google selain Go Language (GoLang). bahasa pemrograman ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2011.

Google mengembangkan Dart karena ingin menciptakan suatu bahasa pemrograman dengan code-base yang sama namun dapat dipakai pada beberapa platform sekaligus (Android, iOS dan Web).

Saat ini, Dart memiliki popularitas yang masih sedikit, tetapi banyak Software Development mulai melirik bahasa pemrograman buatan Google ini.

Dart bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin terjun ke dunia pengembangan aplikasi Android. Sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu mengetahui tentang Dart.

Sejarah Dart

photoDart dikembangkan oleh Google. - (thestar.com)

Dart merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google dan pertama kali muncul pada 10 Oktober 2011. Meski begitu, Dart baru diresmikan pada 10 – 12 Oktober 2012, saat konferensi GOTO di Aarhus, Denmark.

Proyek Dart pada awalnya diprakarsai oleh Lars Bak, seorang Programmer asal Denmark. Ia dikenal karena karyanya dalam pembuatan Virtual Machine dan kontribusi dalam pembuatan Google Chrome. Tidak sendirian, ia memulai Proyek Dart bersama seorang Software Engineer Google bernama Kasper Lund.

Baca Juga :

Fitur yang ada di dalam Dart

photoDart menawarkan sejumlah fitur menarik seperti kesederhanaan sintaks. - (medium.com)

Dart menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mulai dikenal saat ini. Hal tersebut tidak lepas dari fitur yang ditawarkan bahasa pemrograman ini. Dikutip dari answerjet.com, Dart memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat menarik minat pengembang perangkat lunak, diantaranya:

1. Cross Platform

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa Dart merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan Google untuk menciptakan perangkat lunak multi-platform. Selain itu, Bahasa Pemrograman ini juga dapat dijalankan dari berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Mac dan Linux.

2. General Purpose

Dart merupakan bahasa pemrograman yang multiguna, artinya bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk kebutuhan pengembangan berbagai program perangkat lunak.

3. Multi Paradigma

Dart termasuk ke dalam bahasa pemrograman multi paradigma. Paradigma pada pemrograman sendiri adalah sudut pandang untuk menyelesaikan suatu masalah. Paradigma sangat penting bagi seorang programmer karena bisa digunakan untuk mengidentifikasi suatu masalah dan memberikan solusi melalui program komputer.

Maka dari itu, Dart memiliki kerangka kerja yang beragam, suatu masalah yang ada di dalamnya dapat diselesaikan dengan berbagai macam solusi, tentunya melalui program komputer.

4. Object Oriented Programming (OOP)

Dart merupakan bahasa pemrograman yang menganut Paradigma OOP. Bagi kamu yang sudah berkecimpung di dunia programming pasti mengenal istilah satu ini.

Object Oriented Programming atau OOP adalah suatu bentuk programming yang berorientasi kepada objek, artinya model dari suatu pemrograman mengikuti objek pada kehidupan sehari-hari, sehingga mempermudah pengembangan program.

Misalnya, Smartphone adalah sebuah objek. Di dalam Smartphone terdapat sebuah komponen atau objek kecil lainnya yang saling berinteraksi untuk menghasil output. Seperti itulah analogi dari bahasa pemrograman yang menganut OOP.

5. Sintaks yang Sederhana

Fitur unggulan Dart selanjutnya adalah sintaks yang sederhana. Sintaks Dart mengikuti gaya penulisan pada bahasa pemrograman C dalam bentuk yang lebih sederhana. Sehingga, bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan untuk pemula. Berikut contoh kode ‘Hello World’ pada Dart:

void main() {

                    print(‘Hello World’);

}

6. Bahasa Pemrograman Compiler

Dart merupakan bahasa pemrograman compiler. Maksudnya kode yang ada pada bahasa pemrograman ini akan dikonversi secara langsung (metode compile) menjadi bahasa mesin melalui program compiler.

Dikutip dari aderoni.com, metode compiler dapat membuat eksekusi program menjadi lebih singkat. Selain itu, hasil kompilasi dari source code juga akan berjalan lebih cepat dibanding metode interpreter.

7. Open Source

Dart adalah salah satu bahasa pemrograman dengan lisensi terbuka atau open source. Untuk kamu yang ingin mempelajari Dart, bisa menggunakan bahasa pemrograman ini secara gratis. Kamu juga bisa mencoba bahasa pemrograman ini melalui IDE (Integrated Development Environment) onlinenya.

Kenapa Harus Memilih Dart ?

photoSejumlah software developer mulai menggunakan Dart. - (dart.dev)

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memilih Dart sebagai bahasa pemrograman untuk dipelajari. Diantaranya:

1. Kemudahan Sintaks

Mungkin saat ini, Python masih menjadi bahasa pemrograman dengan sintak paling sederhana. Meskipun sedikit berbeda, Dart juga menawarkan sintaks yang tidak terlalu rumit. Dibandingkan Java dan Javascript, tentunya Dart lebih mudah untuk dipelajari.

2. Kemudahan Penggunaan

Alasan kenapa kamu harus memilih Dart karena bahasa pemrograman ini bisa digunakan pada Sistem Operasi apapun. Selain itu, kamu juga menulis kode Dart secara online. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

3. One Code for All Platform

Inilah yang menjadi alasan utama, kenapa harus kamu memilih bahasa pemrograman ini ? Kamu cukup menuliskan satu program saja, maka kamu bisa menciptakan beberapa program sekaligus untuk Android, iOS dan Web. Kamu tidak perlu membuat program menggunakan Java atau Kotlin dan Swift satu per satu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)