Light Dark

Bingung Pilih Laptop? 5 Tips ini Wajib Kamu Tahu!

Komputer | 12 Dec 2021, 12:15 WIB
Sebelum membeli Laptop, terdapat beberapa tips yang perlu diketahui. | gamespace.com

SUKABUMIUPDATE.com - Laptop menjadi salah gadget yang banyak dibutuhkan saat ini. Maka dari itu, sebelum membelinya, calon pembeli perlu mengetahui beberapa tips.

Laptop memiliki beberapa komponen penting serta fitur dan spesifikasi yang beragam. Semakin tinggi harga jual Laptop maka semakin canggih pula fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Calon pembeli bisa memeriksa spesifikasi Laptop incaran di Internet ataupun langsung bertanya kepada pihak penjual.

Karena harga Laptop pun beragam, calon pembeli perlu mengetahui kebutuhan utama agar bisa disesuaikan dengan fitur dan spesifikasi pada Laptop. Berikut ini lima Tips membeli Laptop yang perlu kamu ketahui.


Advertisement

1. Memilih Sistem Operasi yang Tepat

photoSistem Operasi berperan dalam proses komputasi pada Laptop. - (howtogeek.com)

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang tertanam secara default pada Laptop. Sistem Operasi berperan dalam proses komputasi di dalam perangkat Komputer Portabel ini.


Advertisement

Saat ini, Laptop memiliki beragam Sistem Operasi seperti Windows, Mac dan Chrome. Bagi kamu yang masih awam, Windows menjadi salah satu Sistem Operasi yang paling dikenal. Selain itu, biasanya orang-orang tidak mau ambil pusing dalam memilih Windows sebagai sistem operasi.

Namun perlu diingat, pemilihan Sistem Operasi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Jika kamu memiliki budget tinggi dan ingin memiliki tingkat keamanan yang tinggi, Mac bisa menjadi pilihan tepat.

Sedangkan, buat kamu yang ingin merasakan berbagai kemudahan dan tidak ingin repot, Laptop dengan Sistem Operasi Windows adalah pilihan yang baik.

Untuk Chrome, Sistem Operasi ini memang terbilang baru di dunia Laptop. Dibandingkan kedua Sistem Operasi sebelumnya, Chrome memiliki sedikit perbedaan dalam fungsionalitasnya. Maka dari itu, Laptop dengan Chrome direkomendasikan untuk pelajar.

2. Pertimbangkan Prosesor dan RAM sesuai kebutuhan

photoProsesor berperan dalam kecepatan menjalankan software. - (firstpost.com)

Komponen kedua dari Laptop yang perlu diperhatikan adalah Prosesor dan RAM. Prosesor berperan dalam kecepatan menjalankan software. Sedangkan, RAM berperan dalam jumlah aplikasi yang dapat dibuka.

Prosesor pada Laptop mayoritas menggunakan chipset Intel, namun ada beberapa yang menggunakan AMD.

Jika kamu hanya menggunakan Laptop untuk pekerjaan standar seperti Office dan Internet saja. Prosesor Intel Celeron atau Core i3 bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, jika kamu menggunakan Laptop untuk pekerjaan berat seperti Gaming dan Video Editing, akan lebih baik jika memilih Prosesor Intel Core i5 ke atas.

Beralih ke sisi RAM, semakin besar RAM maka Laptop bisa membuka banyak aplikasi dengan lancar. Jika pemakaian mu standar, Laptop dengan RAM 2 – 4 GB sudah cukup. 

Apabila kamu menggunakan Laptop untuk aktivitas yang berat, sebaiknya pilih Laptop dengan RAM minimal 8 GB.

Baca Juga :

3. Memilih Media Penyimpanan yang Tepat

photoLaptop memiliki beberapa media jenis penyimpanan. - (diskpart.com)

Laptop saat ini memiliki dua jenis media penyimpanan. Yang pertama adalah HDD atau biasa dikenal Hard Disk. Sedangkan yang kedua adalah SSD (Solid State Drive).Kedua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika memilih Laptop dengan penyimpanan HDD, maka kamu akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan, Jika kamu memilih Laptop yang ditanam SSD berkapasitas sama seperti HDD, maka kamu mendapatkan harga yang tinggi.

Meskipun memiliki harga tinggi, Laptop yang ditanam SSD memiliki kecepatan read dan write data yang cepat. Sebaliknya, HDD memiliki kecepatan read dan write data yang lebih lambat.

Oleh karenanya, jika kamu memiliki budget lebih dan menginginkan kecepatan pilihlah Laptop yang menggunakan SSD.

Jika budget kamu terbatas dan tidak peduli dengan kecepatan, maka Laptop dengan HDD tepat untuk dibeli. Bilamana merasa kecepatan akses data lambat, kamu bisa mengganti HDD di Laptop mu dengan SSD di kemudian waktu.

4. Cek Spesifikasi Bagian Layar

photoLaptop dengan fitur layar sentuh memiliki harga yang tinggi. - (maketecheasier.com)

Layar merupakan komponen penting pada Laptop, karena pada bagian inilah salah satu output dihasilkan.

Saat ini, beberapa Laptop dengan hadir fitur layar sentuh. Tentunya, keberadaan fitur ini akan memudahkan navigasi ketika mengerjakan pekerjaan. Namun, Laptop dengan fitur layar sentuh memiliki harga yang tinggi.

Jika kamu merasa lebih nyaman mengoperasikan Laptop menggunakan mouse, maka pilihlah Laptop non touchscreen yang memiliki harga lebih rendah.

Selain itu, harga Laptop juga dipengaruhi oleh kualitas layar. Semakin tinggi resolusi dan kerapatan piksel, maka harga jualnya semakin tinggi. Tidak hanya itu, panel yang digunakan pada layar Laptop juga mempengaruhi harga jual.

Jika kamu sangat mementingkan tampilan visual, maka kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Namun, jika kamu merasa spesifikasi pada bagian layar tidak terlalu penting. Kamu bisa mendapatkan Laptop dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Cek Bagian Baterai dan Body

photoSemakin besar kekuatan baterai yang ada, maka Laptop bisa digunakan lebih lama. - (HP)

Komponen terakhir yang perlu pertimbangkan dalam memilih Laptop adalah baterai dan body. Kedua bagian ini menjadi aspek pendukung dalam penggunaan Laptop.

Baterai berfungsi untuk memberikan daya kepada Laptop. Semakin besar kekuatan baterai yang ada, maka Laptop bisa digunakan lebih lama.

Baterai menjadi amat vital, terlebih jika kamu menggunakan Laptop untuk pekerjaan berat dalam jangka waktu yang cukup lama.  

Untuk bagian body, ada dua bagian penting yang perlu diperhatikan yakni keyboard dan lubang socket.

Keyboard memiliki peran pada saat proses pengetikan. Biasanya ada beberapa Laptop memiliki tombol yang lebih besar atau kecil. Selain itu, posisi tombol dan touchpad juga menjadi bahan pertimbangan.

Beberapa Laptop memiliki jenis socket yang berbeda. Laptop berharga terjangkau masih menggunakan port charging besar dan membulat untuk mengisi daya. Sedangkan, Laptop yang memiliki harga tinggi sudah menggunakan port USB type C.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri