Mengenal Augmented Reality, Teknologi Pengubah Objek Digital Jadi Nyata

Jumat 10 Desember 2021, 20:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah animasi atau grafis 3D muncul pada ‘visual’ yang nyata.

Teknologi ini berbeda dengan Virtual Reality, karena Augmented Reality berfokus pada objek buatan yang masuk ke dunia nyata melalui perangkat cerdas seperti Smartphone. Oleh karenanya teknologi ini dapat berjalan dengan baik jika mendapatkan dukungan peralatan khusus.

Selain itu, teknologi ini juga sudah diterapkan pada beberapa media sosial seperti Instagram, bahkan digunakan untuk kepentingan bisnis dan medis.

Augmented Reality merupakan teknologi yang menarik dan futuristik. Untuk mengetahui lebih dalam tentang teknologi ini, kamu harus simak artikel ini!

Apa itu Augmented Reality?

photoAugmented Reality memerlukan dukungan perangkat pintar seperti Smartphone. - (technoup.co.il)

Augmented Reality atau disingkat AR merupakan teknologi yang menyatukan dua benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam dunia nyata.

Teknologi ini akan memproyeksikan benda maya (tidak nyata) tersebut secara nyata. Dengan kata lain AR adalah teknologi penggabungan digital konten yang dibuat komputer atau Smartphone dengan dunia nyata secara real time.

Augmented Reality dapat kita lihat melalui perangkat pintar seperti Smartphone, kamera, kacamata AR khusus dan lainnya. Perangkat pintar tersebut merupakan output device dari Augmented Reality. Mungkin kamu pernah melihat filter di Instagram yang memanfaatkan teknologi ini.

Dikutip dari dicoding.com, Augmented Reality memanfaatkan teknologi SLAM atau Simultaneous Localization And Mapping serta sensor tertentu. Keduanya digunakan untuk menentukan titik lokasi, menghitung jarak dan pengumpulan data lain.

Agar AR dapat berjalan baik, maka dibutuhkan komponen pendukung seperti kamera. Kamera digunakan pada teknologi ini untuk mengumpulkan data penggunanya serta lingkungan di sekitar pengguna.

Baca Juga :

Jenis-jenis Augmented Reality

photoGatebox memanfaatkan teknologi Augmented Reality. - (Youtube/Gatebox)

Dalam menjalankan prosesnya, Augmented Reality memiliki beberapa metode yang berbeda, berikut uraiannya:

a. Marker Based Augmented Reality

Metode Augmented Reality ini sering juga disebut Image Recognition. Penyebutan tersebut dikarenakan metode ini memerlukan objek visual khusus dan kamera untuk melakukan pemindaian.

Objek visual pada metode ini bisa berbentuk apa saja, bisa berupa gambar tertentu ataupun simbol khusus. Perangkat AR yang menggunakan metode ini akan menghitung posisi dan orientasi untuk memposisikan objek. Maka dari itu, akan muncul animasi digital yang dapat dilihat dari oleh pengguna dari objek visual yang disorot.

Contoh dari metode AR ini adalah objek digital yang muncul dari kartu bergambar setelah pengguna menyorotkan kamera Smartphone pada kode QR yang tertera pada kartu.

b. Markerless Augmented Reality

AR yang menggunakan metode ini tidak memerlukan objek visual khusus untuk memunculkan objek maya. Metode inilah yang menjadikan Teknologi AR dikenal banyak oleh orang-orang.

AR dengan metode ini menggunakan GPS, pengukur kecepatan, kompas digital serta sensor akselerometer pada perangkat yang digunakan. Keempat komponen ini difungsikan untuk mengumpulkan data pengguna perangkat.

c. Projection Based Augmented Reality

AR dengan metode ini menggunakan cahaya buatan yang dihasilkan oleh perangkat tertentu. Cahaya buatan tersebut akan dipantulkan ke benda atau permukaan yang nyata.

AR dengan metode ini juga tidak menutup kemungkinan objek visual maya yang dihasilkan dapat berinteraksi dengan penggunanya secara real. Augmented Reality dengan metode ini mirip seperti hologram pada film-film science fiction.

d. Superimposition Augmented Reality

Augmented Reality metode ini bekerja dengan cara mengganti tampilan asli dari sebuah benda nyata dengan objek digital. Contoh dari AR metode ini misalnya filter kamera yang merubah kepala seseorang menjadi bentuk animasi kartun.

Aplikasi Augmented Reality

photoAugmented Reality mulai diterapkan di sektor retail. - (arstudiopro.com)

a. Retail

Augmented Reality kini mulai digunakan oleh beberapa perusahaan retail. Alasan perusahaan retail menggunakan teknologi ini adalah untuk memudahkan pembeli dalam memilih barang serta menarik minat dan perhatian calon pembeli.

Calon pembeli cukup mengarahkan kamera smartphone ke ruangan yang dipilih. Misal kamu menggunakan aplikasi AR dari toko buah, kamu arahkan kamera Smartphone ke dapur, maka akan ada objek buah berupa buah-buahan.

b. Pendidikan

Selain untuk menawarkan produk, AR dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, terutama pada saat proses belajar mengajar.

Dengan hadirnya teknologi ini, siswa sekolah tidak akan merasa bosan. Siswa akan disuguhkan objek digital yang unik dan menarik.

AR akan menyebabkan peningkatan kualitas dalam penyampaian materi pelajaran kepada para siswa. Alhasil, siswa akan lebih memahami materi yang disampaikan.

AR juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan praktikum. Sejumlah sekolah di Indonesia utamanya masih belum memiliki fasilitas laboratorium yang memadai. Maka dari itu, AR bisa menjadi solusi yang tepat.

c. Kesehatan

AR dapat diimplementasikan pada bidang kesehatan. Animasi 3D AR dapat digunakan untuk sarana edukasi anatomi tubuh Manusia.

Dengan begitu, teknologi ini dapat membantu Dokter, Mahasiswa Kedokteran bahkan Perawat untuk mengetahui tindakan medis yang diperlukan.

Tidak sampai disitu, AR juga bisa digunakan untuk melakukan konsultasi kesehatan jarak jauh. Sehingga tindakan medis tahap pertama pun memungkinkan untuk dilakukan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)