Artificial Intelligence (AI), Teknologi Mutakhir yang Bisa Saingi Manusia

Jumat 10 Desember 2021, 15:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Artificial Intelligence atau AI merupakan sebuah teknologi yang kini ramai dikembangkan oleh sejumlah Ilmuwan dengan tujuan membantu Manusia.

AI dianggap menjadi solusi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di berbagai bidang pekerjaan. 

Namun dibalik semua itu, AI juga bisa menjadi pesaing bagi Manusia. Karena kecanggihannya, beberapa pekerjaan Manusia bisa diambil alih oleh AI.

Tidak hanya itu, di beberapa Negara maju, AI dijadikan sebagai asisten pribadi yang dapat mengerjakan berbagai tugas. Oleh karena itu, teknologi ini sangat mungkin untuk menyaingi bahkan mengambil alih peran Manusia dalam beberapa sektor.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang teknologi canggih pesaing Manusia ini.

Apa itu Artificial Intelligence?

photoAI mampu mengerjakan tugas yang biasa Manusia lakukan. - (Pinterest)

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang ditampilkan mesin untuk mensimulasikan perilaku atau pemikiran manusia dan dapat dilatih untuk memecahkan masalah tertentu.

Artificial Intelligence tidak berdiri sendiri, teknologi ini memanfaatkan Machine Learning dan Deep Learning untuk ‘belajar’, serta Big Data sebagai penyedia data dan informasi.

Artificial Intelligence adalah kemampuan komputer atau robot untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia.

Meskipun belum ada Artificial Intelligence yang sempurna atau menyerupai sifat serta kinerja manusia, sejumlah AI mulai melampaui kemampuan manusia dalam tugas-tugas tertentu.

Contohnya yakni Deep Blue, sebuah Artificial Intelligence buatan IBM yang mampu mengalahkan Garry Kasparov dalam permainan catur. Garry Kasparov adalah seorang Grandmaster Catur Dunia.

Artificial Intelligence dibagi ke dalam dua jenis berdasarkan kekuatan atau kemampuannya, yaitu:

a. Weak AI

AI jenis ini hanya memiliki kemampuan operasi pada konteks dan tugas yang terbatas. Deep Blue adalah salah satu contoh dari Weak AI.

Selain itu, ada beberapa contoh lain dari Weak AI diantaranya adalah Smart Car milik Google yang hanya bisa melakukan Self Driving saja.

b. General / Strong AI

Strong AI adalah Artificial Intelligence yang menggabungkan beberapa teknologi sehingga memungkinkan mesin memiliki kemampuan merasakan, bertindak dan berpikir layaknya Manusia.

Strong AI mampu mengerjakan tugas yang kompleks dengan konteks tidak terbatas. Strong AI masih bersifat teoritis, karena sampai saat ini kemampuan Artificial Intelligence masih terbatas pada satu tugas saja.

Meski begitu, ilmuwan terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi ini, sehingga tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun ke depan kita bisa menyaksikan kehadiran Strong AI yang beroperasi layaknya seorang manusia.

Contoh dari Strong AI dapat kita saksikan pada film fiksi ilmiah seperti ‘I, Robot’ dan ‘Terminator’, dan game ‘Detroit: Become Human’.

Baca Juga :

Cabang Ilmu Artificial Intelligence

1. Neural Network

photoNeural Network memiliki konsep yang sama dengan sel neuron pada otak Manusia. - (wallpapercave.com)

Neural Network atau Jaringan Syaraf Tiruan merupakan salah satu dari bagian Artificial Intelligence. Neural Network merupakan inti dari algoritma Kecerdasan Buatan. 

Nama Neural Network sendiri terinspirasi dari sel neuron yang ada di dalam otak Manusia. Maka dari itu, jika Neural Network terus dilatih, maka kemampuan AI akan semakin baik.

Neural Network digunakan dalam ilmu komputer untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan data dengan kecepatan tinggi.

2. Machine Learning

photoMachine Learning berfungsi untuk mempelajari suatu hal seperti Manusia. - (wallpapercave.com)

Machine Learning adalah cabang dari AI yang berfokus pada penggunaan data dan algoritma untuk meniru cara Manusia belajar secara bertahap.

Machine Learning adalah komponen penting dari bidang ilmu data yang sedang berkembang. Melalui penggunaan metode statistik, algoritma dilatih untuk membuat klasifikasi atau prediksi dalam melakukan penggalian atau penambangan data.

3. Natural Language Processing

photoNatural Language Processing bertugas untuk mengenali teks atau suara dari Manusia. - (wallpapercave.com)

Natural Language Processing atau NLP mengacu pada cabang Artificial Intelligence yang berkaitan dengan memberi komputer kemampuan untuk memahami teks dan kata-kata yang diucapkan dengan cara yang sama seperti yang dapat dilakukan Manusia.

Dilansir dari ibm.com, Natural Language Processing memiliki tugas untuk memecah teks Manusia dan data suara sehingga komputer dapat memahami apa yang dicernanya.

Tugas dari Natural Language Processing diantaranya mengubah suara menjadi teks (speech recognition), analisis disambiguasi kata, identifikasi sebuah nama entitas dan analisis sentimen pada artikulasi-intonasi pengucapan.

4. Fuzzy Logic

photoFuzzy Logic bertujuan melakukan penalaran terhadap informasi yang diberikan Manusia. - (wallpapercave.com)

Fuzzy Logic adalah cabang Artificial Intelligence yang bertujuan untuk melakukan penalaran terhadap suatu informasi layaknya penalaran yang dilakukan Manusia.

Fuzzy Logic memiliki pendekatan dengan cara meniru pengambilan keputusan pada Manusia yang melibatkan semua kemungkinan antara antara nilai-nilai digital “YA” dan “TIDAK”.

Logical Block Konvensional dapat memahami input dan output yang tepat sebagai “TRUE” atau “FALSE” yang setara dengan “YA” atau “TIDAK” pada Manusia.

Fuzzy Logic (FL) merupakan metode penalaran yang menyerupai penalaran manusia. Pendekatan FL meniru cara pengambilan keputusan pada manusia yang melibatkan semua kemungkinan antara antara nilai-nilai digital “YA” dan “TIDAK”.

Fuzzy Logic digunakan dalam sistem dengan berbagai ukuran dan kemampuan mulai dari mikrokontroler kecil hingga besar serta jaringan dan sistem kontrol berbasis workstation.

Fuzzy Logic dapat diimplementasikan dalam perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi keduanya.

5. Expert System

photoExpert System pertama kali digunakan untuk menganalisis senyawa kimia. - (wallpapercave.com)

Expert System merupakan cabang dari Artificial Intelligence yang berfungsi untuk memecahkan masalah dalam bidang khusus yang biasanya memerlukan keahlian Manusia.

Expert System atau Sistem Pakar pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 bersamaan dengan berkembangnya Artificial Intelligence itu sendiri.

Cabang AI ini pertama kali digunakan untuk menganalisis senyawa kimia. Namun saat ini, cabang AI tersebut diaplikasikan pada berbagai bidang komersial, kesehatan, pertambangan dan investasi keuangan.

Expert System telah menggunakan metode Heuristic yang biasa digunakan oleh Ahli Pakar (Manusia). Keberadaan Expert System tentunya bukan bermaksud untuk menggantikan Ahli Pakar, melainkan hanya sekadar membantu saja.

6. Robotic

photoRobot dilengkapi alat indera seperti Manusia. - (wallpapercave.com)

Robotic adalah cabang Artificial Intelligence yang memiliki wujud seperti Manusia atau hewan.

Robot dilengkapi dengan alat indera seperti Manusia yang setara seperti penglihatan, sentuhan dan kemampuan untuk merasakan suhu. Beberapa Robot bahkan mampu membuat keputusan sederhana.

Robotic saat ini terus dikembangkan dan diarahkan untuk memiliki tingkat kemandirian yang memungkinkan mobilitas dan pengambilan keputusan dalam lingkungan yang tidak terstruktur.

Robot di dunia industri kebanyakan masih tidak berwujud seperti Manusia. Namun di beberapa sektor pelayanan, Robot mulai diciptakan dengan wujud Manusia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)