5 Aplikasi Fitness yang Wajib Kamu Coba untuk Olahraga

Selasa 07 Desember 2021, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aplikasi Fitness adalah perangkat lunak pada Smartphone (Android) yang berisi petunjuk dan catatan latihan kebugaran dan olahraga.

Aplikasi Fitness bisa menjadi kebutuhan tambahan untuk kebugaran, karena didalamnya terdapat fitur-fitur yang mendukung kegiatan berolahraga.

Beberapa Aplikasi Fitness bahkan memberikan petunjuk latihan kebugaran yang bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan tambahan.

Selain itu, mayoritas latihan kebugaran yang ada di dalamnya bisa diikuti oleh semua usia. Aplikasi Fitness dapat digunakan pengguna kapanpun ketika memiliki waktu luang.

Maka dari itu, kamu wajib mencoba beberapa Aplikasi Fitness untuk kegiatan berolahraga. Kamu bisa mendapatkan beberapa petunjuk latihan kebugaran yang tepat.

1. Strava

photoStrava memiliki fitur menarik berupa tabel peringkat kebugaran. - (apkmos.com)

Strava merupakan salah satu Aplikasi Fitness yang memiliki rating tinggi di Google Play Store, yakni 4.5. Strava memiliki beberapa fitur unggulan seperti pelacakan rute lari, pemetaan rute bersepeda, dan analisis latihan yang cocok untuk pengguna. Untuk memaksimalkan fiturnya, Strava memanfaatkan sinyal GPS.

Selain fitur unggulan sebelumnya, Strava memiliki sebuah fitur menarik yakni tabel peringkat kebugaran. Catatan kebugaran pengguna akan diperingkatkan dengan catatan pengguna lainnya, mirip seperti tabel High Score pada Game.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran Marathon dan Triathlon, namun pengguna harus melakukan pembelian. Meski begitu, Strava bisa diunduh secara gratis tanpa adanya iklan.

2. Google Fit

photoGoogle Fit mencatat aktivitas pengguna dengan sensor gerak pada Smartphone. - (gsmarena.com)

Google Fit adalah aplikasi pencatat kebugaran yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menggunakan sensor gerak melalui Smartphone untuk mencatat aktivitas pengguna.

Ketika kamu berjalan kaki atau berlari, Google Fit akan mengukur kecepatan, rute dan ketinggian lintasan. Dengan aplikasi ini pengguna dapat menetapkan tujuan lari atau jalan kaki, waktu tempuh, jarak tempuh hingga kalori yang ingin dibakar.

Aplikasi ini sangat cocok untuk latihan kebugaran di rumah. Tidak lupa, aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan Smartband atau Smartwatch. Google Fit dapat menyinkronkan dan mengimpor data catatan kebugaran dari aplikasi fitness lainnya.

Google Fit adalah aplikasi kebugaran yang sangat cocok untuk kamu. Bisa dibilang Google Fit merupakan salah satu Aplikasi Fitness terbaik. Google Fit dapat diunduh secara gratis dan bebas dari iklan.

3. Runtastic

photoRuntastic dapat digunakan pada olahraga yang menggunakan treadmill. - (wareable.com)

Runtastic merupakan Aplikasi Android yang berfungsi sebagai fitness tracker atau pengukur kebugaran. Aplikasi ini memanfaatkan GPS untuk melacak rute lari, jalan kaki dan bersepeda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membantu olahraga yang menggunakan alat seperti treadmill.

Runtastic menggunakan informasi hasil pengukuran untuk membuat grafik dan tabel terperinci tentang kebugaran pengguna aplikasi.

Aplikasi ini memiliki fitur petunjuk latihan kebugaran dengan suara serta terdapat catatan target harian. Selain itu, Runtastic bisa terhubung dengan wearable device seperti Smartwatch atau Smartband yang kompatibel. Catatan kebugaran pada Runtastic dapat dibagikan langsung ke Media Sosial.

Runtastic dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store. Namun untuk menghilangkan iklan yang ada pada aplikasi dan mendapatkan fitur tambahan, pengguna harus melakukan pembayaran.

Baca Juga :

4. Home Workout: No Equipment

photoHome Workout: No Equipment membantu melatih kebugaran tanpa alat di rumah. - (apkmody.io)

Home Workout: No Equipment adalah aplikasi kebugaran yang cocok untuk dilakukan di rumah. Sesuai namanya, Aplikasi ini menyediakan daftar latihan kebugaran tanpa tambahan peralatan seperti Push Up, Sit Up, Cobra Stretch dan Leg Raises.

Daftar latihan kebugaran pada aplikasi ini berjumlah 100 yang dibagi sesuai posisi otot tubuh seperti perut, dada, kaki dan lengan.

Tidak lupa, aplikasi ini menyediakan video petunjuk dan animasi menarik pada setiap latihan kebugaran. Home Workout: No Equipment memiliki catatan BMI (Body Mass Index), kalori yang terbakar setelah latihan dan rutinitas latihan dalam bentuk grafik.

5. Sworkit Fitness

photoSworkit Fitness memungkinkan penggunanya untuk menonton dan mengunduh video latihan kebugaran. - (appadvice.com)

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Sworkit Fitness merupakan aplikasi yang memberikan petunjuk latihan kebugaran tanpa peralatan tambahan.

Dikutip dari fossbytes.com, Sworkit Fitness merupakan aplikasi kebugaran terbaik pada tahun 2019. Aplikasi ini memiliki User Interface yang menarik secara visual serta koleksi latihan kebugaran untuk menurunkan berat badan.

Sworkit Fitness memungkinkan penggunanya untuk menonton dan mengunduh video latihan kebugaran. Kamu juga bisa mendapatkan panduan rencana latihan kebugaran, panduan latihan eksklusif, serta catatan interval latihan.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis namun terdapat iklan di dalamnya. Untuk menghilangkan iklan tersebut, pengguna bisa melakukan pembayaran.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life18 April 2024, 11:00 WIB

7 Hal yang Tidak Bisa Dibeli dan Ditukar dengan Uang dalam Hidup, Apa Saja?

Dalam hidup di dunia ini, ada beberapa hal yang sejatinya tidak bisa dibeli maupun ditukar dengan uang. Sebab, hal tersebut sangat esensial dalam hidup.
Ilustrasi. Hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Sumber Foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi18 April 2024, 10:55 WIB

Darurat di Pinggir Jalan, Wanita Tegalbuleud Sukabumi Melahirkan di Ambulans

Nina melahirkan di mobil ambulans karena sudah tidak kuat ketika dalam perjalanan.
Ambulans tempat Nina (30 tahun) melahirkan di wilayah kebun kelapa, Kampung Puncak Sobong, Desa Calingcing, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:30 WIB

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Bahaya memanjakan anak sangat buruk bagi perkembangan mental dan karakternya. Itu sebabnya kebiasaan tersebut perlu dihindari.
Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi18 April 2024, 10:26 WIB

Jadi Musuh Petani, Ketika Babi Hutan Diserang Anjing Pemburu di Puncak Buluh Sukabumi

Pasukan anjing berburu diturunkan hingga ke dalam hutan Leuweung Kiarajegang.
Tangkapan layar saat pasukan anjing pemburu menyerang babi hutan di Puncak Buluh, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)