BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Tanpa Gelar Usai Marcus/Kevin Kalah

Minggu 05 Desember 2021, 17:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia mengakhiri BWF World Tour Finals 2021 tanpa gelar satu pun. Itu setelah ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Marcus/Kevin) takluk dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dalam laga final di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Minggu (5/12/2021).

Marcus/Kevin, yang menjadi unggulan pertama turnamen bulu tangkis ini, tampil di bawah tekanan saat menghadapi pasangan Jepang yang menempati peringkat keenam dunia. Keduanya berjuang selama 60 menit sebelum takluk dengan skor 16-21, 21-13, 17-21.

Pada game pertama, kedua pasangan bertarung ketat di awal laga. Kedudukan imbang 1-1, 2-2, 3-3, 4-4 sempat tercipta. Setelah itu, Marcus/Kevin memimpin. Tapi, keduanya dikejar dan disamakan lawan pada kedudukan 15-15. Hoki/Kobayashi lantas memimpin dan menutup game itu dengan 16-21.

Pada game kedua, setelah pertarungan ketat di awal, hingga posisi 6-6, Marcus/Kevin mampu terus memimpin. Pasangan berjulukan Minions itu kemudian merebut game itu dengan skor 21-13.

Pada game ketiga, Marcus/Kevin tampil tertekan di awal pertarungan. Mereka terus tertinggal 0-6, 1-7, 2-8, 4-9. Tapi, pelan-pelan keduanya mulai menekan: 5-9, 6-10, 9-12, 14-14.

Setelah Minions menyamakan kedudukan, pertarungan menjadi sangat ketat. Dua kedudukan imbang tercipta: 15-15, 16-16. Hoki/Kobayashi lantas memimpin: 16-17, 17-19, 17-20, dan akhirnya mereka mengalahkan Marcus/Kevin dengan skor 17-21.

Indonesia meloloskan empat wakil ke BWF World Tour Finals 2021, turnamen akhir tahun yang hanya menyertakan 8 pemain terbaik dunia. Greysia/Apriyani kandas di babak semifinal. Sedangkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yacob Rambitan tersingkir di babak penyisihan grup.

Kutukan Marcus/Kevin di BWF World Tour Finals

photoGanda putra Indonesia Marcus/Kevin. - (PBSI)</span

Kekalahan dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi ini membuat Marcus/Kevin praktis belum pernah merasakan kemenangan di ajang paling bergengsi di dunia itu.

Sejak pertama kali turnamen BWF World Tour Finals digelar pada 2018, Marcus/Kevin sebenarnya selalu menjadi unggulan pertama di nomor ganda putra. Sayangnya mereka selalu apes dengan tak pernah meraih gelar juara.

Pada 2018, langkah mereka bahkan terhenti sejak babak penyisihan. Marcus/Kevin mundur pada partai terakhir menghadapi wakil Cina Han Cengkai/Zhou Haodong karena cedera.

Setahun berselang, langkah Marcus/Kevin hanya menempati peringkat kedua pada babak penyisihan Grup A. Mereka sempat dikalahkan oleh ganda putra Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Mereka kembali bertemu dengan ganda jepang itu pada partai semifinal. Marcus/Kevin kembali kalah dalam laga yang berlangsung tiga game.

Pada ajang BWF World Tour Finals 2020 awal tahun ini, pasangan terbaik dunia itu harus mundur sejak sebelum turnamen dimulai. Pasalnya Kevin saat itu divonis positif Covid-19.

Pada pergelaran BWF World Tour Finals 2021, Marcus/Kevin sebenarnya mampu melangkah dengan mulus. Mereka menjadi juara Grup A dengan menyapu bersih kemenangan pada babak penyisihan.

Mereka pun menyingkirkan pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin yang merupakan juara bertahan di partai semifinal. Sayangnya langkah Kevin/Marcus terhenti di partai final. Mereka dikalahkan Takuro Hoki / Yugo Kobayashi pada partai puncak dalam pertarungan tiga gim dengan skor 16-21, 21-13 dan 17-21.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)