Light Dark

Tak Hanya Payung, Ini Daftar Benda yang Wajib Dibawa saat Musim Hujan

Gaya Hidup | 05 Dec 2021, 16:00 WIB
Pengendara motor menghindari cipratan air hujan. Tak hanya payung, ada beberapa barang yang mesti dibawa saat musim hujan. | Andri Somantri

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika ditanya benda apa yang harus dipersiapkan di musim hujan, jawabannya pasti payung. Yups benar sekali, tapi ternyata bukan hanya itu saja. Sebab ada benda lain yang harus kamu bawa sebelum bepergian di musim hujan.

Hujan merupakan fenomena alam yang biasa. Apabila sudah musimnya, maka bisa turun kapan saja entah itu pagi, siang atau malam. Keadaan tersebut tentunya bisa menghambat aktivitasmu.

Kamu bisa saja tertahan di kantor karena saat bersiap akan pulang, tiba-tiba hujan turun padahal kamu sudah ingin berada di rumah untuk istirahat. Atau di tengah perjalanan untuk berangkat beraktivitas, kamu harus meneduh dulu karena tiba-tiba hujan deras turun.

Selain menghambat aktivitas, hujan kerap kali berdampak pada kesehatan dan munculnya penyakit diantaranya flu, batuk, diare dan demam berdarah.

Dengan demikian bukan hanya payung yang harus kamu bawa, ada benda-benda lain yang juga penting dan berikut ini adalah daftarnya.

1. Plastik

Meski telah menggunakan payung, tak jarang tubuh tetap terkena percikan air termasuk tas yang kamu bawa. Bayangkan bila tas yang digunakan ternyata tidak tahan air? Mungkin saja benda-benda yang di dalamnya akan ikut kebasahan.

Oleh karena itu persiapkanlah plastik untuk melindungi benda yang ada di dalam tasmu.

Membawa kantong plastik sangat bermanfaat untuk melindungi benda berharga, khususnya barang yang tidak tahan air seperti handphone, buku dan dompet. Deretan barang tersebut dapat kamu lindungi dengan membungkusnya menggunakan plastik.

Kalau ingin perlindungan yang ekstra dari air, kamu bisa memilih cover bag. Sehingga dapat melindungi tas beserta isinya dari air. Cover bag umumnya terbuat dari bahan parasut yang tahan terhadap air dan bisa dilipat kecil sehingga tak makan tempat.

2. Cover Sepatu

Payung atau jas hujan yang dipakai biasanya hanya melindungi tubuh bagian atas saja. Sedangkan bagian bawah, terutama kaki dan alasnya tetap basah kena air.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi tak ada salahnya kita membawa cover sepatu. Barang ini dibuat dari bahan anti air yang sama dengan jas hujan tetapi memiliki desain yang mengikuti bentuk sepatu atau alas kaki.

Dengan demikian, benda ini dapat membungkus kaki dan sepatu dengan pas. Dibanding dengan membawa sandal dan sepatu cadangan, cover sepatu jelas lebih bisa diandalkan.

Cover sepatu memiliki bobot yang lebih ringan dan dapat dilipat tak repot untuk dibawa.

Dengan memakai cover sepatu, kaki akan tetap kering dan aktivitas pun akan berjalan lancar.

Kamu bisa membeli cover sepatu diantaranya melalui marketplace. Soal harga bermacam-macam demikian juga dengan mereknya beragam.

3. Tisu

Air akan menciprat kemana-mana sehingga bisa membasahi barang-barang yang kamu bawa. Dalam keadaan seperti itu, cukup keluarkan tisu kemudian lap benda yang terkena air.

Tisu yang memiliki sifat menyerap air ini bisa dibeli di warung hingga minimarket. Harganya begitu terjangkau tapi kegunaanya banyak.

4. Minyak Angin dan Obat 

Awas, Musim Hujan bisa membuat orang mudah sakit lho. Salah satu penyebabnya karena kamu kehujanan bersamaan dengan daya tahan tubuh yang turun. Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya kamu membawa vitamin dan berbagai macam obat diantaranya obat anti mual, obat flu, obat diare dan obat alergi.

Tentunya obat yang kamu bawa harus disesuaikan dengan penyakit yang menyerangmu atau rawan terjadi

Jangan lupa bawa juga minyak angin yang dapat digunakan ketika kamu merasa pusing dan mual karena pengaruh turunnya suhu atau akibat kehujanan.

Oleskan minyak angin pada bagian perut, kepala dan leher secukupnya. Kamu bisa membeli obat, minyak angin dan vitamin itu di warung hingga minimarket dengan harga yang terjangkau.

Selain barang-barang itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan rumah dan tempat kerja untuk menghindari munculnya penyakit. Jangan lupa juga konsumsi makanan dan minuman sehat serta buah.

Itulah beberapa benda yang dapat dipersiapkan saat Musim Hujan tiba. Sudahkah kamu memiliki benda-benda tersebut? Bila belum yuk segera lengkapi.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur