Light Dark

Pentingnya Value dalam Produk, Kata Burhan Solihin Soal Digital Marketing

Inspirasi | 04 Dec 2021, 19:04 WIB
Direktur Eksekutif Tempo.co Burhan Solihin berbicara soal digital marketing. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 telah memukul hampir seluruh sektor kehidupan umat manusia, tak terkecuali ekonomi. Situasi ini pun mempercepat lahirnya era baru dalam menjalankan aktivitas perdagangan yakni melalui platform digital. Salah satu yang penting diperhatikan adalah seputar digital marketing.

Direktur Eksekutif Tempo.co Burhan Solihin mengatakan, digital marketing ibarat menjadikan manusia hidup tanpa atap. Dengan kata lain, kegiatan usaha yang dulu terbatas ruang, kini terbuka luas dengan adanya digital marketing. Seseorang saat ini bisa memasarkan produknya ke tempat yang jauh dengan mudah.


Advertisement

"Meski tinggal di Sukabumi, pasarnya bisa ke mana saja. Karena itulah mengapa kita perlu digital marketing," kata Burhan dalam webinar Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Digital yang digelar sukabumiupdate.com, Sabtu, 4 Desember 2021.

photoDirektur Eksekutif Tempo.co Burhan Solihin saat webinar Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Digital yang digelar sukabumiupdate.com, Sabtu, 4 Desember 2021. - (Dok. Sukabumiupdate.com)

Burhan yang juga menggeluti bisnis kuliner mengungkapkan, salah satu kunci dalam digital marketing adalah bagaimana pelaku usaha membangun trust atau kepercayaan di masyarakat terhadap produk yang dipasarkan. Kepercayaan tersebut, kata dia, akan lahir dari kualitas atau value dari produk itu sendiri. 

"Jadi jangan hanya menjual fitur dan benefit, namun juga value. Orang membeli barang kita karena punya value," ujarnya dalam webinar yang disponsori Perumda BPR Sukabumi, Agro Sukabumi Mandiri, Sukabumi Network, dan Dedigo.


Advertisement

Pentingnya value dalam sebuah produk dicontohkan Burhan lewat sebuah penelitian yang menyatakan, 92 persen masyarakat membeli produk dengan alasan word of mouth atau WOM. Ini adalah kegiatan yang dilakukan secara sederhana untuk memberikan informasi pada orang yang sudah dikenal. Biasanya, kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran dengan metode merekomendasikan suatu produk.

Pada dasarnya WOM adalah salah satu strategi marketing yang sifatnya gratis untuk suatu brand yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh para pelanggan tetapnya. Ini lahir ketika seseorang sudah memiliki trust terhadap produk yang dia rekomendasikan.

Selepas membangun value dalam produk, Burhan menyebut, langkah berikutnya dalam digital marketing adalah memperhatikan marketing mix: product, promotion, price, place, people, process, and physical evidence. Tak hanya fokus terhadap product, Burhan menyebut komponen marketing mix lainnya pun penting dalam digital marketing, salah satunya place.

"Dengan memperhatikan place, kita akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan pemanfaatan platform media sosial," ucapnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur