Light Dark

Leher Hitam: 8 Bahan Alami Ini Dapat Mengusirnya!

Gaya Hidup | 04 Dec 2021, 12:30 WIB
Ilustrasi Leher Hitam | via: trangthudo.com

SUKABUMIUPDATE.com - Leher Hitam merupakan kondisi yang pasti tidak diinginkan oleh perempuan maupun laki-laki karena dapat mengganggu penampilan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Leher Hitam diantaranya terkena paparan sinar matahari, polusi lingkungan, infeksi jamur, obesitas, bahan kimia, bahkan bisa terjadi karena diabetes.

Penyebab tersebut tentu saja perlu dihindari agar kamu terhindar dari kulit leher yang hitam.

Namun jika kulit leher terlanjur hitam, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa bahan alami yang dapat mencerahkannya.

Dibawah ini daftar delapan bahan alami yang dapat mengusir Leher Hitam.

Baca Juga :

1. Gel Lidah Buaya

photoIlustrasi Gel Lidah Buaya - (wallpaperaccess.com)

Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini juga dapat memutihkan kulit Leher Hitam. 

Tanaman yang memiliki duri di sisi kiri dan kanannya ini diketahui mengandung antioksidan yang khasiatnya tidak hanya melembabkan tapi juga dapat memutihkan.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk memutihkan leher  sangat mudah, kamu cukup menggunakan gel tersebut sebagai masker untuk leher. 

Agar hasil maksimal, kamu dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan madu atau minyak zaitun.

Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga kulit leher kamu putih.

2. Lemon

photoIlustrasi Lemon - (Pexels.com)

Sama dengan manfaat lidah buaya, lemon juga mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kulit kusam sehingga kulit leher kamu menjadi putih.

Caramengaplikasikannya pun mudah, cukup peras lemon dan oleskan airnya pada leher kamu menggunakan kapas. Setelah kering, cuci bersih bagian leher menggunakan air hangat. 

3. Kentang

photoIlustrasi Kentang - (Pexels.com)

Kentang diketahui mengandung enzim catecholase dan vitamin C yang dapat mencerahkan dan melembabkan kulit leher kamu yang hitam.

Caranya cukup mudah, parut kentang atau blender hingga halus. Lalu, oleskan parutan kentang tersebut pada leher kamu. Tambahkan minyak zaitun untuk mencapai hasil yang maksimal.

Diamkan sampai mengering, kemudian cuci leher kamu menggunakan air hangat hingga bersih.

4. Cuka Apel

photoIlustrasi Cuka Apel - (Pexels.com)

Cuka sari apel diketahui mengandung asam asetat yang dapat mengurangi pigmentasi pada kulit.

Kamu dapat mencampur cuka sari apel dan air matang dengan takaran yang sama. Kemudian, oleskan pada bagian leher kamu yang hitam.

Diamkan 2-3 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari, agar memperoleh hasil yang maksimal.

5. Kunyit

photoIlustrasi Kunyit - (Pexels.com)

Bahan dapur yang satu ini diketahui dapat memutihkan dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya butuh mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit dengan 1-2 sendok makan yogurt. Kemudian aduk hingga merata.

Oleskan masker kunyit tersebut pada permukaan leher, diamkan hingga 15 menit. Setelah kering, bilas leher dengan air hangat.

6. Susu

photoIlustrasi Susu - (Pexels.com)

Susu sudah teruji mengandung asam laktat yang dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit Leher Hitam kamu.

Cara menggunakannya cukup mudah, Kamu hanya perlu merendam kapas ke dalam susu kemudian oleskan ke seluruh bagian leher. Diamkan hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Selain untuk mencerahkan kulit yang gelap, cara ini juga efektif untuk menghidrasi kulit kamu.

7. Minyak Almond dan Tea Tree Oil

photoIlustrasi Minyak Almond - (Shutterstock)

Minyak Almond mengandung sclerosant yang dapat membantu memperbaiki warna kulit. Selain itu, minyak ini kaya akan Vitamin E sehingga dapat menghaluskan kulit kamu.

Penggunaan minyak almond untuk kulit Leher Hitam pun cukup mudah. Pertama-tama, kamu harus membersihkan leher dengan sabun hingga bersih.

Kemudian campurkan 3-4 tetes minyak almond dengan 1-2 tetes tea tree oil, lalu oleskan pada leher kamu.

Pijat 10-15 menit bagian leher dengan gerakan memutar, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat.

8. Oatmeal

photoIlustrasi Oatmeal - (Pexels.com)

Bahan selanjutnya untuk menghilangkan kulit Leher Hitam yaitu dengan menggunakan scrub oatmeal.

Scrub ini berfungsi untuk membersihkan juga melembabkan kulit secara bersamaan. Bahkan, dapat membantu menghilangkan kekeringan yang menyebabkan kulit Leher Hitam.

Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu menggiling oatmeal hingga menjadi bubuk halus. Lalu tambahkan dengan jus tomat serta air mawar. Kemudian, aduk sampai rata hingga menjadi pasta kental.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut kebagian leher yang hitam, diamkan hingga 20 menit. Basahi ujung jari kamu dan gosok-gosok leher dengan lembut, kemudian bersihkan dengan air dingin.

Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah