Light Dark

Selain Suspension Bridge Sukabumi, Ini 5 Wisata Jembatan Gantung di Indonesia

Travel | 05 Dec 2021, 07:00 WIB
Pemandangan jembatan gantung atau Suspension Bridge di Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/Oksa Bachtiar Camsyah

SUKABUMIUPDATE.com - Berwisata tidak hanya seputar jalan-jalan biasa atau mengunjungi tempat-tempat tertentu. Bagi para pelancong yang mungkin menyukai wisata sekaligus ingin memacu adrenalin, cukup banyak tempat yang bisa dicoba oleh mereka. Salah satunya melintasi jembatan gantung. Termasuk di Sukabumi, Suspension Bridge Situ Gunung.

Seperti yang kita ketahui jembatan gantung adalah jembatan yang menggunakan tumpuan ketegangan kabel dari pada tumpuan samping. Selain memacu adrenalin, menaiki jembatan gantung juga dapat menikmati pemandangan yang begitu memanjakan mata seperti pemandangan jejeran pohon ataupun perpaduan alam dengan sungai atau danau dengan menampilakan pemandangan yang asri.

photoTangkapan layar Ifan Seventeen live performance di jembatan gantung atau Suspension Bridge Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi. - (YouTube/Ifan Seventeen TV)

Indonesia juga kaya akan spot-spot alam yang masih cukup asri oleh karena itu bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus memacu ardenalin ke jembatan gantung, tidak perlu khawatir. Karena di beberapa daerah Indonesia juga memiliki wisata jembatan gantung.

1. jembatan gantung Situ Gunung

Jembatan gantung Situ Gunung atau Suspension Bridge berada di Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan yang satu ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Dilansir dari laman kemenkeu.go.id, diketahui panjang dari jembatan gantung Situ Gunung adalah sepanjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter di atas sungai dengan pemandangan yang memanjakan mata dan suasana yang masih asri.

2. jembatan gantung Jetis Selopamiono

Jembatan yang kedua ini berada di antara dua desa yaitu Selopamioro dan Sriharjo, Imogiri, Bantul. Yogyakarta. Meskipun terletak di antara dua, namun jembatan gantung yang satu ini lebih dikenal dengan jembatan Selopamioro. Selain itu, memiliki panjang 70 meter dan telah dibangun sejak 2004.

3. jembatan gantung Orchid Forest Bandung

Orchid Forest adalah tempat yang terkenal dengan keindahannya, hal tersebut karena terdapat anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas duabelas hektar selain itu banyak destinasi dan spot-spot foto yang instagramable salah satunya yaitu jembatan gantung yang ada di Orchid Forest. Jembatan tersebut memiliki panjang 150 meter dan akan terlihat lebih indah lagi saat malam hari karena dihiasi dengan lampu-lampu.

4. Jembatan Slawe Pacet

Jembatan yang satu ini berada di Mojokerto, Jawa Timur. Tidak hanya itu, jembatan ini adalah jembatan gantung pertama yang ada di Jawa Timur dan memiliki panjang sekitar 50 meter.

5. jembatan gantung Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji merupakan tempat wisata hutan pinus yang terbaik. Namun tidak hanya menyuguhkan spot pohin pinus. Suaka Elang Loji juga menyajikan spot yang jukup terkenal lainnya yaitu jembatan gantung.

6. Canopy Bridge Bangkirai

Jembatan gantung Canopy Bridge di Bangkirai, Kalimantan Timur. Wisata ini bertipe hutan hujan tropis dengan Canopy Bridge atau jembatan gantung akar antar pohon dengan panjang 64 meter dan tinggi 30 meter yang ditopang pohon kayu Bangkirai.

SUMBER: TEMPO/ASMA AMIRAH

Koleksi Video Lainnya:

Cerita Toleransi Dibalik Gereja Tua Kota Sukabumi

5 Berita Terpopuler Pekan Ini

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur